Home bisnis Karakteristik Kemasan Aluminium Foil

Karakteristik Kemasan Aluminium Foil

17
0
kemasan aluminium foil

Berdasarkan kekakuan dan elastisitas bahan, kemasan aluminium foil termasuk jenis kemasan fleksibel karena memiliki karakteristik yang mudah dibentuk dan dilenturkan sesuai keinginan. Sama halnya seperti bungkus berbahan plastik dan kertas.

Perlu diketahui bahwa aluminium foil telah diproduksi secara massal sejak tahun 1910 karena dianggap lebih ringan dan murah. Foil sendiri bisa diartikan sebagai bahan logam tipis yang digulung dan memiliki ketebalan <0,15 mm, sementara lebarnya 1,52 m – 4,06 m.

Karakteristik Kemasan Aluminium Foil

Secara umum foil tidak berbasis logam murni dan memiliki karakteristik bahan yang kuat, tahan panas, ringan, hampir kedap udara, serta tidak memiliki kandungan magnet. Hal ini membuat aluminium foil lebih mudah dalam proses daur ulang karena karakteristiknya berbeda dengan kaleng logam.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah karakteristik aluminum foil dalam kemasan yang perlu diketahui:

·         Kedap Udara

Dengan karakteristik yang yang kedap udara, aluminium foil sangat ideal sebagai bungkus produk ekspor. Jenis bahan ini biasanya digunakan sebagai lapisan kontainer bagian dalam untuk melindungi produk dari risiko kerusakan. Bahan ini juga umum untuk melapisi kotak jus.

·         Tahan Terhadap Panas

Aluminium foil lebih tahan terhadap panas dan sinar matahari sehingga mampu memberikan perlindungan lebih. Bahkan bahan aluminium foil tahan terhadap panas hingga suhu 550o celsius.

·         Ringan

Karakteristik aluminium foil selanjutnya adalah lebih ringan dari baja yang membuat jenis bahan ini lebih mudah untuk dibentuk. Selain itu, aluminium foil juga tidak berbau, bisa menahan masuknya gas, tidak beracun, serta bisa didaur ulang.

Selain memiliki karakteristik kedap udara, tahan panas dan ringan, aluminium foil dalam kemasan makanan juga bersifat fleksibel dan tidak tembus cahaya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengemas produk makanan berlemak seperti yoghurt dan margarin yang peka terhadap cahaya.

Aluminium foil tidak mudah terbakar, tidak menyerap zat atau bahan lain, serta tidak menunjukkan adanya perubahan ukuran. Jenis bahan ini juga memiliki daya tahan yang baik dan tidak mudah sobek.

Karakteristik aluminium foil membuat jenis bahan ini sangat cocok untuk kemasan berbagai macam produk. Kemasan ini mampu memberikan fungsi proteksi yang maksimal. Untuk mendapatkan kemasan aluminium foil dengan kualitas terbaik, silakan hubungi https://putramapack.com.