Home bisnis Jual Suara Walet dan Serba-Serbi Bisnis Si Liur Emas

Jual Suara Walet dan Serba-Serbi Bisnis Si Liur Emas

287
0
Jual Suara Walet dan Serba-Serbi Bisnis Si Liur Emas
Jual Suara Walet dan Serba-Serbi Bisnis Si Liur Emas

Jual suara walet sangat penting untuk mendukung bisnis si liur emas ini. Hal ini karena burung ini memiliki manfaat yang luar biasa dengan harga yang menakjubkan pula. Dari burung ini, hampir semuanya bisa dibisniskan. Baik itu burungnya, bibit telurnya bahkan sarangnya.

Sejarah Bisnis Sarang Walet

Awal mula sarang walet ini dibudidayakan yaitu pada tahun 1980 oleh seseorang di kampung sedayu, Gresik, kemudian semakin meluas ke beberapa orang terdekat. Kemudian pada tahun 1980, para ilmuan melakukan penelitian mengenai burung ini, manfaat  dan teknik merumahkannya.

Sejak saat itu, mengetahui manfaatnya yang begitu banyak, banyak orang yang tertarik dengan sarang burung walet, sehingga bisnis ini pun semakin meluas. Bahkan dari Indonesia sendiri sudah melakukan ekspor sarang burung walet ke berbagai negara tetangga beberapa tahun setelahnya.

Bisnis ini sangat menjanjikan. Karena dalam satu kali panen bisa menghasilkan berton-ton sarang burung walet, dan untuk setiap gramnya bisa bernilai ratusan bahkan jutaan rupiah. Itulah sebabnya burung ini memiliki nama lain “Liur emas”, dari liurnya sendiri lah sarangnya dibuat, dan memiliki harga yang sangat mahal.

Cara Memulai Bisnis Suara Walet

Untuk memulai bisnis suara walet, pastikan Anda memiliki kesiapan yang matang. Karena bisnis ini membutuhkan modal yang lumayan dan beberapa kesiapan lainnya yang harus benar-benar diperhitungkan. Jika tidak, maka Anda tidak akan menemukan walet di sarang atau gedung untuk walet yang sudah disiapkan.

Gedung atau Tempat untuk Walet

Gedung atau tempat untuk walet ini berfungsi sebagai tempat bernaung walet sehingga bisa membuat sarang yang kemudian akan Anda ambil keuntungan. Dalam membuat tempat untuk walet Anda harus memperhatikan beberapa hal, termasuk lokasi dan kontruksi gedung tersebut.

Lokasi Gedung

Untuk lokasinya, pastikan berada di dataran rendah, sekitar aliran sungai dan hutan. Beberapa spesifikasi lainnya yaitu :

  1. Suhu, berkisar 26-29 derajat. Ini tentunya cocok dengan iklim yang ada di Indonesia yaitu sekitar 25-31 derajat.
  2. Kelembapan udara. Burung walet dapat bertahan dalam tempat yang memiliki kelembapan udara 80%-90%
  3. Jarak dari jalan dan sungai. Burung walet ini menyukai tempat yang berada jauh dari jalanan, karena sangat sensitif dengan suara bising. Jadi pastikan tempat tersebut >100 meter dari jalanan. Selain itu pastikan dengan dengan aliran sungai, kurang lebih 500 meter.
  4. Ketinggian. Terdapat suatu penelitian yang menjelaskan bahwa burung ini menyukai tempat tinggal di bawah 1000 mdpl, hal ini menandakan burung walet menyukai dataran rendah.

Kontruksi Gedung

Selain itu dalam hal kontruksi ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, yaitu :

  1. Ukuran ruangan jangan terlalu sempit, bisa sekitar 4m x 4m atau bahkan 10m x 12m.
  2. Sediakan tempat yang dinamakan ruang putar yang luas, yaitu ruang dimana burung walet akan berputar-putar untuk melakukan adaptasi dengan lingkungannya sebelum membuat sarang.
  3. Sesuaikan ukuran dan banyaknya lubang keluar masuk dengan tempatnya. Lebih sedikit akan lebih baik, karena akan mempengaruhi banyak faktor kenyamanan burung walet. Lebih baik satu gedung satu lubang saja. Selain itu buatlah lubangnya di bagian atas gedung.
  4. Lebih baik jangan menghadapkan lubang keluar masuk ke arah timur. Karena pada pagi hari burung walet akan keluar dari sarangnya, sehingga tidak silau.
  5. Cat gedung bagian luar dengan warna hitam. Hal ini untuk meredam sinar yang masuk dari luar, sehingga ruangan bisa gelap dan lembab. Selain itu agar burung juga lebih mudah menemukan rumahnya dari kejauhan.

Suara Walet

Selain lokasi dan kontruksi dari gedung tempat si liur emas akan bersarang, suara walet juga memiliki peranan yang penting untuk Anda yang ingin memulai bisnis ini. Karena tidak semua walet akan datang dengan sendirinya ke tempat yang sudah disediakan. Jadi daripada bangunan yang sudah Anda bangun sia-sia, lebih baik Anda menggunakan suara walet.

Suara walet ini digunakan untuk memancing burung walet dan betah di gedung atau tempat yang sudah Anda sediakan. Terdapat 3 jenis suara walet, yaitu suara walet panggil, suara walet inap, dan suara walet tarik. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing.

Suara walet ini bisa Anda temukan tersebar secara gratis di Internet. Namun untuk kualitasnya tentu kadang tidak terjamin. Selain itu Anda juga bisa menemukan jual suara walet berkualitas di internet, online market place, website, dan lain sebagainya. Bisnis jual suara burung walet ini pun bisa meraup banyak keuntungan meskipun tidak sebanyak bisnis sarang burungnya.

Pengetahuan Mengenai Burung Walet

Selain tempat dan suara burung walet, banyak pengetahuan mengenai si liur emas ini yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnisnya. Anda bisa melihatnya di berbagai buku dan beberapa website yang membahas tentang bisnis burung ini.

Beberapa pengetahuan tersebut diantaranya hal apa saja yang disukai atau dibenci burung walet, apa saja makanan burung walet, bagaimana cara memanen sarangnya, bagaimana agar bisa terus konsisten di bisnis tersebut, bahkan dimana tempat jual suara walet yang berkualitas.

Pengetahuan-pengetahuan tersebut akan membantu mematangkan kesiapan Anda sebelum memulai bisnis sarang walet, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian atau kegagalan ketika menjalaninya.

Jual Suara Walet

Jika Anda tertarik memulai bisnis burung walet, tentu Anda harus mengetahui tempat jual suara walet original. Karena tentunya Anda tidak ingin setengah-setengah dalam memulai suatu bisnis dan meraup keuntungan.

Bisnis jual suara walet biasanya dilakukan dengan menjual berbagai jenis suara walet dan memasukkannya kedalam flashdisk atau kartu memori yang kemudian dapat Anda gunakan pada tweeter yang sudah disiapkan. Beberapa jenisnya yaitu :

  1. Jual Suara Walet Panggil

Suara panggil digunakan untuk memanggil burung walet agar datang kepada sumber suara. Banyak yang jual suara panggil walet dalam berbagai jenis dan tipe. Anda bisa membelinya untuk mengawali kesuksesan di dunia bisnis sarang burung walet.

  1. Jual Suara Walet Tarik

Suara tarik digunakan untuk mengarahkan burung walet pada nesting room. Penjual suara walet juga menjual jenis suara ini dengan berbagai tipe dan jenis. Pastikan anda membeli dari website atau online marketplace yang terpercaya untuk mendapatkan jual suara walet top jenis tarik.

  1. Jual Suara Walet Inap

suara walet inap akan membuat burung walet betah atau mau menginap di dalamnya. Anda tentu harus membelinya juga agar banyak burung walet betah untuk tinggal di sarang atau tempat yang sudah disediakan.

Selain ketiga jenis suara walet tersebut, biasanya juga tersedia paket lengkap dari ketiga jenisnya. Untuk harganya bisa ratusan ribu bahkan satu juta untuk setiap suaranya. Ada juga yang sampai puluhan juta untuk satu paket lengkapnya. Pastikan Anda mengetahui dengan tepat tempat jual suara walet asli dan top, sehingga tidak akan gagal dalam memulai bisnis.