Home news Gorengan Tepung Beras Resep Tradisional Yang Renyah

Gorengan Tepung Beras Resep Tradisional Yang Renyah

107
0
Gorengan Tepung Beras

Gorengan tepung beras gorengan tepung beras adalah salah satu camilan favorit di Indonesia yang tidak pernah kehilangan daya tariknya. Camilan ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, membuatnya cocok dinikmati sebagai teman minum kopi atau teh.

Selain itu, gorengan tepung beras juga sering ditemui di berbagai acara tradisional, seperti pernikahan, arisan, atau kenduri. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat gorengan ala rumah, berikut ini adalah resep tradisional yang dapat Anda ikuti.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

– 250 gram tepung beras
– 50 gram tepung terigu
– 1/2 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh merica bubuk (opsional, untuk rasa pedas)
– 250 ml air
– Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

1. Campurkan Tepung

Dalam sebuah wadah besar, campurkan tepung beras, tepung terigu, garam, dan merica bubuk (jika digunakan). Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

2. Tambahkan Air

Lanjutkan dengan menambahkan air secara perlahan sambil terus mengaduk. Pastikan untuk mencampurkan air secara merata sehingga tidak ada gumpalan yang terbentuk. Aduk hingga adonan menjadi kental dan licin.

3. Panaskan Minyak

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang hingga cukup panas untuk menggoreng. Anda dapat menguji kepanasan minyak dengan meneteskan sedikit adonan. Jika adonan langsung menggelembung dan naik ke permukaan, minyak sudah siap.

4. Goreng Adonan

Tuangkan adonan ke dalam minyak panas menggunakan sendok sayur atau sendok sayur pipih. Anda bisa membuat berbagai bentuk, seperti bulat atau panjang, sesuai selera. Goreng hingga warna adonan berubah menjadi kuning kecokelatan dan teksturnya renyah. Pastikan untuk membaliknya secara merata agar matang sempurna.

5. Tiriskan Dan Sajikan

Angkat gorengan tepung beras dari minyak panas dan tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

Variasi Rasa Dan Tampilan

Gorengan Tepung Beras

Gorengan tepung beras ini bisa diolah lebih menarik dengan variasi rasa dan tampilan. Anda dapat menambahkan bahan-bahan seperti wijen, potongan daun bawang, atau irisan cabe rawit untuk memberikan sentuhan pedas.

Selain itu, jika Anda ingin variasi tampilan yang menarik, coba buat bentuk-bentuk yang lucu seperti bunga atau hewan kecil.

Nikmati kelezatan sejati dalam setiap gigitan dengan olahan tepung beras sederhana kami. Rasakan rasa autentik yang menggugah selera dalam setiap hidangan yang kami sajikan. Dengan bahan-bahan berkualitas dan resep tradisional yang terjaga, kami hadir untuk memanjakan lidah Anda. Sederhana namun lezat, inilah olahan tepung beras yang tak boleh Anda lewatkan. Segera cicipi kelezatan kami dan buktikan bahwa keindahan rasa terletak pada kesederhanaan.

Tips Tambahan

– Pastikan minyak cukup panas sebelum menggoreng untuk memastikan gorengan menjadi renyah.
– Jangan terlalu banyak mengaduk adonan setelah menambahkan air, agar teksturnya tetap ringan dan tidak keras.
– Jika Anda ingin gorengan tepung beras yang lebih berwarna, tambahkan sedikit pewarna makanan alami ke dalam adonan.

Gorengan adalah camilan yang selalu dinikmati oleh berbagai kalangan di Indonesia. Dengan resep tradisional yang sederhana ini, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba, dan nikmati kelezatan gorengan tepung beras yang renyah!