Home news Desain Ruko Fungsional Ini Bisa Menjadi Pilihan Tepat, Simak Tipsnya!

Desain Ruko Fungsional Ini Bisa Menjadi Pilihan Tepat, Simak Tipsnya!

143
0

Pada zaman dan era yang semakin modern ini membuat orang lebih senang hidup praktis. Praktis dalam membangun usaha serta beristirahat setelah meakukan usaha. Maka dari itu banyak yang memilih ruko sebagai jalan keluar. Ada beberapa tips yang wajib kamu perhatikan agar desain ruko menjadi fungsional.

Tips Desain Ruko Yang Fungsional

Memilih serta menentukan desain ruko memang bukan perkara yang mudah. Jika salah bukan untung tetapi malah buntung yang kamu dapat. Nah, berikut tips mendesain ruko yang fungsional.

  1. Lakukan Analisis Ruko Dan Lingkungan Sekitarnya

Karena nantinya ruko akan dijadikan sebagai tempat usaha maka lokasi turut menentukan kesuksesan toko. Pilih lokasi yang sesuai dengan target pasar usahamu. Misalnya jika kamu ingin menjual baju atau kuliner yang kekinian, maka dekat kampus adalah yang terbaik.

  1. Bangunan Ruko Hendaknya Lebih Dari Satu Lantai

Kebanyakan bangunan ruko memang di bangun 2, 3 lantai atau bahkan lebih. Hal ini supaya area lantai bawah bisa dijadikan sebagai tempat usaha. Sedangkan area di atasnya untuk tempat tinggal agar privasi pengunjung dan pemilik rumah tidak terganggu.

  1. Pencahayaan Dalam Ruko Haruslah Optimal

Umumnya penunjung akan mengurungkan niat jika ruko yang kamu miliki terlihat sesak, kusam dan minim pencahayaan. Maka dari itu kamu harus mengoptimalkan pencahayaan dan barang di dalam ruko. Display barang secukupnya, beri ruang gerak yang nyaman untuk pengunjung saat akan membeli.

  1. Aplikasikan Desain Yang Minimalis Dan Multifungsi

Ruko di perkotaan kebanyakan memilih desain yang minimalis karena nantinya ruko memang mengandung unsur bisnis dan komersil. Tujuan dari hal ini adalah agar ruangan yang ada lebih optimal. Usahakan juga setiap sudut ruangan ruko multifungsi, seperti penggunaan ruang keluarga yang sekalgus sebagai ruang makan.

 

 

  1. Bangun Ruangan Sesuai Kebutuhan

Karena nantinya tempat tinggal dan tempat usaha akan menjadi satu atap maka haruslah pandai dalam menentukan jumlah ruang yang dibutuhkan. Dengan desain ruko ini, ruko terlihat rapi dan tidak berlebihan. Pembangunan ruang yang sesuai kebutuhan juga akan menghemat biaya tentunya.

Pemilihan rumah tinggal dan tempat usaha menjadi satu lokasi memang lebih praktis. Bayangkan saja jika tempat usaha dan rumahmu terpisah jarak yang lumayan jauh. Berapa banyak waktu, tenaga, dan biaya yang harus kamu keluarkan. Jadi bagaimana sudah memutuskan belum akan membuat desain ruko yang seperti apa? Sekian dulu ya artikel ini semoga bisa membantu.