Home news ALASAN KENAPA HARUS MENGABADIKAN MOMEN PERNIKAHAN

ALASAN KENAPA HARUS MENGABADIKAN MOMEN PERNIKAHAN

67
0
cinematic wedding

Di dalam acara pernikahan wajib adanya dokumentasi, dokumentasi bisa dengan cinematic wedding, Acara Pernikahan merupakan salahsatu momen yang bahagia bagi semua orang yang ingin menikah atau yang berpartisipasi di dalamnya.

Pasalnya momen ini hanya bisa dirasakan sekali dalam seumur hidup, sehingga banyak orang yang ingin mengabadikan momemn tersebut dalam berbagai bentuk mulai dari membuat  foto hingga video.

Seiring waktu, proses mengabadikan momen dalam video akan berkembang, terutama untuk prosesi pernikahan, seperti video pernikahan sinematik.

Harus dikatakan bahwa film pernikahan memiliki perbedaan yang cukup penting dari dokumentasi yang dibuat dengan video biasa. Untuk pembahasan lebih detail, mari kita lihat dulu penjelasan tentang pernikahan sinematik.

Apa Itu Cinematic Wedding? 

Sebagian dari Anda mungkin masih bertanya-tanya apa itu cinematic wedding video, apa kelebihan dan perbedaannya.

Film wedding adalah video yang dibuat khusus untuk mengabadikan momen-momen penting sebuah pernikahan, mulai dari awal hingga akhir prosesi pernikahan.

Mirip dengan arti kata “sinematik”, footage dalam video ini dibuat eksklusif dan seistimewa mungkin, seperti di film-film. Ini karena membutuhkan peralatan yang sempurna dan kualitasnya sempurna.

Baca Juga: jasa dokumentasi video jogja

Perbedaan Video Dokumentasi dan Video Cinematic wedding

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seiring dengan perkembangan teknologi, menciptakan proses dan kondisi baru untuk proses videografi. Perbedaan video dokumenter dengan video atau video pernikahan sinematik antara lain panjang video, tujuan pembuatan, pembuatan dan pembuatan film, alat yang digunakan, proses editing dan hasil dari video itu sendiri.

Video pernikahan sinematik berdurasi lebih pendek dibandingkan dengan video dokumenter standar, dengan film dokumenter biasanya berdurasi lebih dari 30 menit, sementara pernikahan sinematik hanya berdurasi 3-7 menit.

Hal ini disebabkan adanya perbedaan tujuan, di mana dokumentasi video mengutamakan kenangan sebagai acuan utama untuk menunjukkan esensi dari setiap momen yang terjadi, sementara pernikahan sinematik fokus pada penyampaian yang indah. Dalam hal ini estetika menjadi penting karena bertujuan untuk mempermainkan emosi masyarakat. Oleh karena itu, menonton pernikahan sinematik jangka pendek lebih berkesan dan bernostalgia.

Istilah-istilah dalam fotografi

1. Full Documentation

Dokumentasi lengkap berarti pengeditan foto mengabadikan setiap momen yang terjadi selama acara berlangsung. Seorang videografer tidak mengarahkan kamera ke wajah Anda sepanjang hari. Hasilnya seperti video liputan biasa (film dokumenter) dengan sedikit atau tanpa aksi.

2. Cinematic wedding Video

Berbeda dengan dokumentasi lengkap, hasil video sinematik lebih artistik. Ini karena prosesnya berbeda, misalnya menggunakan kamera DSLR diedit dengan menambahkan background audio atau track selama video berlangsung agar lebih “sensitif” dan lebih mirip trailer atau klip teaser. Tak heran jika paket fotografi pernikahan yang menyertakan pembuatan video biasanya lebih mahal dari sekadar dokumentasi.

3. Trailer Video

Anda mungkin familiar dengan istilah ini. Cuplikan adalah video singkat yang diambil dari dokumentasi lengkap video tersebut. Biasanya termasuk menyoroti momen-momen penting selama upacara pernikahan. Durasinya pun tidak lama, sekitar 2-3 menit.

4. Photo Booths

Fotografer pernikahan mungkin memiliki stan foto sendiri, tetapi mereka mungkin dapat merekomendasikan vendor stan foto yang akan hadir di resepsi Anda. Gerai foto adalah hiburan yang luar biasa dan menyediakan banyak foto menyenangkan dari tamu Anda. Anda dapat membangun booth foto Anda sendiri atau menyewanya.

Baca Juga: cara mengedit foto aestetic

Keunggulan Cinematic Wedding 

Sementara dokumentasi video biasanya hanya menggunakan kamera biasa, untuk cinema wedding dibutuhkan setidaknya 3 kamera dengan perlengkapan yang berbeda untuk masing-masing kamera. Selain itu diperlukan juga alat pendukung lainnya seperti ring light, tripod, sliding camera, untuk silinder.

Juga jika kamera yang digunakan memiliki kualitas terbaik mulai dari HD, Full HD hingga 4K. Jadi tidak perlu ragu apakah pernikahan Anda akan menjadi klip yang indah nantinya, dengan konten yang menggambarkan semua makna dan kesan kebahagiaan di hari pernikahan Anda, sehingga menjadi kenangan indah yang dapat Anda teruskan sepanjang hidup Anda.

Namun, tidak semua orang bisa melakukannya karena ada berbagai hal yang perlu didapatkan, antara lain pengalaman, desain, komposisi, lensa dan kemampuan editing, termasuk berbagai alat pendukung yang bisa digunakan.

Nah itulah beberapa alasan kenapa kamu harus mengabadikan momen pernikahanmu dengan wedding film, walaupun berbeda harga, namun hasil akhir dan kualitasnya pasti tidak akan membuatmu menyesal. Jadi apakah Anda siap?