Home news Cara Mensterilkan Dot dan Botol Bayi dengan Benar

Cara Mensterilkan Dot dan Botol Bayi dengan Benar

46
0

Produk Bayi TerbaikKebersihan bayi baru lahir sangat penting, terutama karena bayi belum mengembangkan pertahanan kekebalan. Oleh karena itu, untuk mencegah mulut bayi bersentuhan dengan kuman dan bakteri, penting untuk mensterilkan dot, botol, dan mainan di bulan-bulan pertama kehidupannya.

Jadi mari kita lihat bersama bagaimana mensterilkan dot dan berbagai metode yang dapat digunakan untuk melakukannya.

Mensterilkan dot: apa artinya?

Sterilisasi adalah proses di mana semua zat bakteri atau patogen dihilangkan dari objek tertentu. Dulu proses ini dilakukan dengan air dan suhu tinggi, tetapi, dengan kemajuan teknologi, berbagai metode telah dipatenkan yang memungkinkan benda-benda disterilkan bahkan ketika dingin, melalui penggunaan bahan kimia khusus.

Pertama kita dapat membagi metode yang berbeda menjadi dua kelompok: panas dan dingin. Di dalam dua kategori makro ini juga terdapat metode sterilisasi yang berbeda: mari kita lihat bersama!

Mensterilkan dot: metodenya

Mensterilkan dot: metode yang berbeda

Metode Nenek: ini adalah cara paling klasik dan kuno untuk mensterilkan barang-barang bayi. Cukup didihkan sedikit air dalam panci. Pada titik ini, rendam dot dan biarkan meresap setidaknya selama 5 menit. Setelah itu, baru keringkan dengan kain bersih.

Metode panas: masukkan dot ke dalam sterilisator listrik, tunggu 10 menit dan keluarkan.

Metode dingin: perlu menggunakan alat khusus, sterilisasi dingin. Kemudian cukup untuk mengisi wadah dengan larutan khusus yang dapat dibeli di apotek dan merendam dot di dalamnya. Beberapa menit dan hanya itu. Satu peringatan: larutan spesifik mengandung bahan kimia, oleh karena itu, setelah dot dikeluarkan dari wadah, disarankan untuk membilasnya untuk menghilangkan residu.

Dalam microwave: prosesnya tidak rumit: cukup masukkan dot ke dalam wadah khusus dan sterilisasi berlangsung dalam beberapa menit.

Rekomendasi kami

Kami juga telah memutuskan untuk mengumpulkan untuk Anda serangkaian tips yang harus diketahui dan diikuti oleh setiap ibu untuk memilih dan menggunakan dot dengan cara terbaik.

 

Bahan terbaik untuk dot adalah silikon pada bulan-bulan pertama kehidupan dan karet selama 4 hingga 6 bulan.

Dot dapat memiliki tiga bentuk: icing (untuk yang kecil), teardrop atau anatomis (untuk yang lebih tua).

Dianjurkan untuk mulai menggunakan dot dari usia 4-6 minggu.

Pada anak yang lahir prematur, penggunaan dot dapat memfasilitasi perolehan kemampuan mengisap dan menelan sehingga dapat mengambil susu dari payudara dan botol ibu.

Menidurkan bayi dengan dot di dalam mulut membantu mencegah SIDS (Sudden Infant Death)

Disarankan untuk melepas dot dari anak sekitar usia 3 tahun, maksimal 4 tahun, untuk mencegah terjadinya maloklusi gigi atau masalah bicara dan menelan.

Sampai usia sekitar enam bulan, dot harus disterilkan setidaknya sekali sehari atau ketika jatuh ke lingkungan yang kotor.

Apakah Anda masih memiliki keraguan atau pertanyaan tentang hal itu? Jangan ragu untuk menghubungi kami: tim kedokteran gigi anak kami akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan Anda!