Home pendidikan Cara Menjadi Data Scientist Profesional: Perkembangan Data Science dan Berapa Gajinya?

Cara Menjadi Data Scientist Profesional: Perkembangan Data Science dan Berapa Gajinya?

49
0
Cara Menjadi Data Scientist
Cara Menjadi Data Scientist

Cara menjadi data scientist di awal tahun 2000-an tidak segampang sekarang. Kenapa Ketika dunia memasuki era big data, kebutuhan akan penyimpanannya pun semakin meningkat. Itu merupakan tantangan dan perhatian utama bagi banyak perusahaan di awal milenium baru.

Cara Menjadi Data Scientist
Cara Menjadi Data Scientist

Fokus utamanya waktu itu adalah bagaimana kita bisa membangun frameworks dan solusi untuk menyimpan datanya terlebih dahulu.

Untungnya, saat ini Hadoop dan frameworks lainnya telah berhasil memecahkan masalah penyimpanan. Nah, sekarang fokusnya beralih ke tahap pemrosesan data. Dari situlah hadir data science.

Apa itu data science dan data scientist?

Data science adalah primadona baru. Bagaimana tidak? Ia disebut-sebut sebagai masa depan Artificial Intelligence (AI).

Data science merupakan kombinasi dari berbagai algoritma, tools, dan prinsip-prinsip machine learning yang bertujuan untuk menemukan pola tersembunyi dari data mentahan.

Di sini, kerja data scientist biasanya menganalisis apa yang terjadi ketika memproses riwayat data (contohnya menggunakan tool Jupyter Notebook).

Di sisi lain, data scientist tidak hanya melakukan analisis eksplorasi untuk menemukan insight baru dari situ, tetapi juga menggunakan berbagai algoritma machine learning untuk memprediksi terjadinya peristiwa tertentu di masa depan.

Seorang data scientist akan melihat data dari banyak sudut, termasuk sudut yang tidak diketahui sebelumnya. Karena kompleksitasnya, tak heran kalau gajinya di kelas global pun terhitung fantastis.

Gaji data science

Sama halnya dengan pekerjaan lain, ada banyak faktor yang mempengaruhi besaran gaji para data scientist. Yuk, kita simak satu per satu!

Gaji data science secara umum

Ada beberapa sumber yang bisa jadi patokan untuk rentang gaji data scientist per tahun. Pertama dari Glassdoor yang merupakan salah satu website lowongan kerja paling populer.

Glassdoor mengatakan bahwa di 2021, data scientist adalah loker yang paling dicari di Amerika Serikat, dengan gaji rata-rata US$107 ribu. Selama lima tahun terakhir, ekspektasi gajinya cukup konsisten alias tidak banyak mengalami perubahan.

Untuk pembanding, ada juga situs Payscale yang menempatkan gaji di bidang data science rata-rata di nominal US$96 ribu dan US$104 ribu.

Akan tetapi kamu harus ingat: nominal yang bakal kamu peroleh tergantung pada berbagai faktor, termasuk pendidikan dan pengalaman, industri, dan lokasi pekerjaan.

Gaji data scientist berdasarkan pengalaman

Faktor terpenting yang menentukan gaji data scientist adalah tingkat pengalaman mereka.

Logikanya, gaji mencerminkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh peran tersebut. Namun, dalam bidang yang terspesialisasi seperti data science, level pengalaman sangatlah penting.

Gaji data science level pemula

Bahkan untuk level pemula, gaji data scientist sudah cukup oke.

Menurut Payscale, seorang data scientist tingkat pemula di Amerika dapat memperoleh penghasilan sekitar US$61 ribu per tahun.

Selagi masih meniti karier, tidak ada salahnya kamu menambah pengetahuan dan skills dengan mengikuti kursus maupun data science bootcamp.

Gaji data science level menengah

Masih dari Payscale, website lowker ini menunjukkan bahwa seorang data scientist level menengah di Amerika dapat memperoleh penghasilan mulai dari US$79 ribu hingga US$147 ribu, dengan gaji rata-rata sekitar US$109 ribu per tahun.

Untuk peran tingkat menengah, keterampilan yang mungkin perlu kamu kembangkan mencakup keamanan siber hingga pengembangan algoritma. Kamu juga mungkin perlu mengambil beberapa bahasa pemrograman yang lebih kompleks dari Phyton, misalnya C++.

Gaji data science level tinggi

Payscale menyebutkan bahwa para data scientist yang sudah punya pengalaman sekitar 10+ tahun dapat memperoleh rata-rata US$136 ribu hingga sekitar US$190 ribu per tahun.

Ingat, gaji ini belum termasuk bonus kinerja dan keahlian khusus lainnya. Banyak banget kan?

Siap menjadi data scientist?

Dengan mengikuti cara yang tepat, kamu pun bisa menjadi data scientist berpenghasilan besar.

Di artikel ini kamu sudah memperoleh gambaran tentang gaji rata-rata yang dapat diharapkan oleh para pekerja di bidang data science berdasarkan berbagai faktor.

Variasi rentang gaji di atas tergantung pada hal-hal seperti tingkat pengalaman, jabatan, industri, hingga lokasi. Namun jangan khawatir, bahkan untuk level pemula pun gajinya sudah terbilang tinggi!

Kalau mau menyeriusi data science, coba cek kelas Data Science dari Bitlabs! Di situ kamu bisa belajar tentang bidang ini mulai dari konsep hingga ke praktiknya. Selamat belajar!