Home lifestyle Cara Menguji Keaslian Berlian yang Mudah dan Sederhana

Cara Menguji Keaslian Berlian yang Mudah dan Sederhana

68
0

Berlian merupakan salah satu perhiasan dengan harga yang sangat mahal. Dengan kata lain berlian adalah bunda dari seluruh perhiasan. Anda wajib mengetahui cara menguji keaslian berlian sebelum membelinya.

Dalam hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda memilih kualitas berlian terbaik. Anda tidak akan tertipu dengan penjual bodong yang tidak bertanggung jawab.

Ketahui Cara Menguji Keaslian Berlian

Inilah Cara Menguji Keaslian Berlian yang Mudah dan Sederhana

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menguji palsu atau tidaknya sebuah berlian. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda coba saat di toko perhiasan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Menguji dengan Panas

Cara yang bisa Anda lakukan adalah menguji berlian dengan panas. Maksudnya bagaimana? Ya, Anda bisa menguji berlian mudah dibakar atau tidak.

Pada dasarnya berlian asli tidak mudah terbakar karena memiliki struktur sangat padat. Untuk melakukan trik ini Anda bisa memanaskan berlian selama 30 detik dan merendamnya dalam air dingin. Berlian yang asli tidak akan berubah bentuk walaupun sudah dipanaskan sebentar.

Mengujinya Dengan Air

Cara menguji keaslian berlian bisa dengan segelas air. Anda hanya cukup menyiapkan air dalam gelas dan meletakkan berlian ke gelas tersebut. Berlian yang asli akan tenggelam karena sangat padat dan tidak berpotensi mengapung.

Ketika Anda sudah menghadapi ciri berlian tidak tenggelam maka harus lebih waspada. Pastikan bahwa Anda memilih toko berlian yang terpercaya. Sehingga Anda bisa mendapatkan berlian terbaik.

Menguji Dengan Kabut

Langkah yang harus Anda tempuh bisa dengan menguji berlian menggunakan kabut. Biasanya dalam hal ini uji uap atau kabut digunakan pada cincin. Cara termudah yang bisa Anda lakukan dengan meniup berlian lalu melihat embun atau tidak.

Jika berlian tidak berkabut atau berembun maka berlian tersebut bisa dikatakan palsu. Biasanya berlian asli memiliki panas yang menyebar seketika. Sehingga tidak terjadi pengembunan pada berlian yang asli.

Menggunakan Kaca Pembesar

Cara menguji keaslian berlian bisa dilakukan dengan kaca pembesar. Dalam hal ini berlian berasal dari bahan tambang dengan ketidaksempurnaan pada bentuknya. Rata-rata berlian tidak memiliki bentuk yang rapi karena merupakan bahan alami.

Berbeda dengan berlian palsu karena memiliki struktur yang lembut, halus, dan rapi. Untuk menguji berlian tersebut Anda bisa menggunakan kaca pembesar agar melihat struktur dari berlian tersebut. Perhatikan baik-baik struktur tersebut agar Anda bisa melihat keaslian dari berlian yang akan dibeli.

Berlian di toko-toko palsu biasanya memiliki bentuk yang terlihat. Anda harus bisa memahami perbedaan tersebut agar tidak tertipu dengan penjual tak bertanggung jawab. Secara perlahan Anda pasti memahami perbedaan tersebut dengan seksama.

Memahami cara menguji keaslian berlian ini memudahkan Anda mendapat produk terbaik dan unggulan. Berlian bisa menjadi tabungan masa depan Anda kelak. Dengan begitu, Anda memiliki simpanan untuk menyempurnakan finansial. Dapatkan berlian asli hanya diĀ Adellejewellery.com.