Home Tech 3 Cara Mengatasi Kode MMI Bermasalah dengan Mudah

3 Cara Mengatasi Kode MMI Bermasalah dengan Mudah

4
0
3 Cara Mengatasi Kode MMI Bermasalah dengan Mudah

3 Cara Mengatasi Kode MMI Bermasalah dengan Mudah – Kode MMI biasanya digunakan ponsel untuk melakukan pengecekan seperti pulsa, masa aktif simcard, data internet, dan lainnya. Terkadang, masalah kerap timbul ketika kode MMI tidak bisa mendeteksi segala sistem yang ingin diketahui. Pada umumnya, penyebabnya bisa dilihat dari beberapa faktor berikut ini.

  • Sistem jaringan yang bermasalah
  • Operator yang sedang mengalami gangguan
  • Sinyal yang tidak stabil

3 Cara Mengatasi Kode MMI Bermasalah dengan Mudah

Berdasarkan masalah tersebut, terdapat 4 cara mudah untuk mengatasi kode MMI yang tidak terdeteksi tersebut dengan mudah.

Restart Ponsel atau Smartphone Anda

Dengan melakukan restart, Anda memperkecil kemungkinan kesalahan yang sama karena ponsel sudah dihidupkan dalam kondisi normal. Setelahnya, Anda bisa memastikan kembali jaringan dan sinyal sudah mencukupi untuk melakukan dial code MMI. Jika masih belum berhasil, Anda bisa mencoba cara selanjutnya.

Menghapus Cache pada Aplikasi Panggilan Telepon

Cara mengatasi kode MMI bermasalah yang kedua yakni dengan menghapus cache pada aplikasi telepon. Tujuan penghapusan ini yakni untuk menghilangkan eror yang mungkin ditimbulkan oleh aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar ponsel.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Masuk pada Setelan Ponsel
    2. Buka menu Aplikasi Terinstal
    3. Bukalah menu Pengaturan Telepon
    4. Ketuk tombol Hapus Cache dan Data yang ada

Mengubah Pengaturan Jaringan

Bagi masyarakat awam, tidak banyak yang memahami bahwa kondisi jaringan ponsel LTE sebenarnya tidak bisa digunakan untuk mengirim SMS ataupun menelepon. Hal ini menjadi salah satu faktor kode MMI tidak dapat terbaca atau terdeteksi. Jika perkara jaringan yang menjadi masalah, maka Anda bisa mencoba mengubah setting jaringan pada mode 3G atau 4G.

  1. Masuk aplikasi Setelan pada ponsel
    2. Bukalah pengaturan pada Jaringan Seluler
    3. Ubah jaringan pada mode 3G/4G kemudian simpan pengaturan baru tersebut
    4. Letak lokasi setting bisa berbeda pada tiap tipe ponsel, sesuaikan saja dengan tipe smartphone yang Anda gunakan.

Ketiga cara mengatasi kode MMI bermasalah di atas bisa langsung Anda praktikkan. Pada dasarnya semua metode tersebut merupakan teknik paling mudah, sehingga Anda akan segera bisa mengakses kode MMI bila jaringan dan sinyal Anda sudah dalam kondisi stabil.

Referensi: https://androidgaul.id/cara-mengatasi-kode-mmi-tidak-valid/