Home Tech Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

4
0
cara-memperbaiki-flashdisk-tidak-terbaca

Bagi sebagian orang, flash sudah merupakan persyaratan yang sangat penting. Ini karena flash disk digunakan sebagai area penyimpanan eksternal untuk data penting atau file cadangan. Sayangnya, flashdisk sering rusak. Hal-hal umum yang terjadi sering kali flash tidak terbaca. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi terkait perbaikan flash yang tidak terbaca.

Sebelum mengetahui cara memperbaikinya, Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebab Flashdisk yang tidak terbaca di Windows. Apa penyebabnya?

Penyebab umum flash disk tidak terbaca

Kerusakan pada port USB.

Seringkali, lepaskan flash drive dari perangkat komputer secara langsung tanpa mengeluarkannya terlebih dahulu.

Ada masalah dengan driver USB di komputer Anda.

Flash disk palsu / palsu.

Di atas adalah beberapa penyebab flash tidak dapat dideteksi sesering kita. Selanjutnya, mari kita lihat penjelasan tentang cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di bawah ini.

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Dapat Dibaca

1. Periksa port USB dan flash disk

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memverifikasi port USB dan kondisi fisik flash. Port USB mungkin sudah rusak sehingga Anda tidak dapat membaca flash disk Anda.

Jika masih terlihat dalam kondisi baik. Anda harus mencoba beberapa metode yang akan dijelaskan dalam poin-poin berikut.

2. Tes flash di komputer lain

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menguji flash di komputer lain. Tujuannya adalah untuk memverifikasi apakah blitz rusak atau jika sistem operasi tidak dapat mendeteksinya dengan benar.

Jika setelah mengujinya di komputer lain dan hasilnya mungkin, ada kemungkinan sistem operasi komputer Anda mengalami masalah. Lakukan penginstalan ulang segera di komputer Anda sehingga disk tersebut segera terdeteksi dengan benar.

3. Coba tambahkan pemberitahuan perangkat keras

Cara untuk memperbaiki flash yang tidak terdeteksi di bawah ini adalah dengan menambahkan pemberitahuan ke perangkat keras. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Sambungkan flash drive ke komputer atau laptop Anda.

Kemudian buka Control Panel.

Kemudian pilih opsi Tambahkan perangkat keras, maka kotak dialog akan muncul, cukup klik Berikutnya

Lalu, akan ada dua pilihan: “Ya, saya sudah menghubungkan perangkat keras” dan “Tidak, saya belum menambahkan perangkat keras”. Jika Anda menemukan dua opsi, pilih “Ya, saya sudah menghubungkan perangkat keras”.

Kemudian, sistem akan secara otomatis memverifikasi keberadaan flash disk Anda. Jika USB atau flash disk Anda terdeteksi, menu jalankan otomatis akan muncul dan pernyataan bahwa flash disk Anda mendukung koneksi yang lebih cepat.

Ini biasanya ditandai dengan munculnya ikon “Perangkat Keras yang Dapat Dilepas” melalui System Try dan driver baru juga akan muncul di My Computer atau Windows Explorer.

Jika sudah muncul, maka proses cara memperbaiki flash yang tidak terdeteksi tidak perlu dilanjutkan lagi. Cukup klik batal pada layar berikutnya.

4. Cara memperbaiki flash disk yang tidak dapat dibaca dengan memformat flash disk

Cara untuk mengatasi flash tidak terbaca berikutnya adalah dengan format flash. Beberapa virus atau malware juga dapat merusak flash, salah satu cara pintas yang bisa diambil adalah menghapus semua data.

Namun, jika Anda memilih menu format, itu akan secara otomatis menghapus semua data yang terdapat dalam flash drive dan Anda tidak dapat mengembalikan data jika sudah diformat. Maka Anda harus berpikir hati-hati. Jika Anda yakin dengan formatnya, ini adalah langkah-langkahnya.

Sambungkan flash drive ke komputer atau laptop Anda.

Ketik “msc” di program pencarian dan di kolom file.

Kemudian klik pada program compmgmt dan kotak dialog Administrasi Komputer akan muncul.

Kemudian klik Storage, lalu Disk Management dan tunggu unggahan selesai.

Setelah selesai, klik kanan dan format flash.

Selain metode keempat di atas, Anda dapat menggunakan metode berikut untuk memperbaiki flash yang tidak terbaca:

Masukkan flash disk ke komputer atau perangkat portabel.

Jika flash disk tidak dapat dibaca, coba lepaskan dan masukkan kembali beberapa kali.

Saat blitz ada di komputer atau laptop, coba goyangkan blitz dengan menekannya ke kanan atau kiri dan atas dan bawah. Port USB Anda mungkin sudah mulai hilang. Dan cara berikut ini juga cukup efektif dalam mengatasi masalah dengan flash yang tidak terbaca.

Oleh karena itu informasi yang dapat saya sampaikan tentang penyebab dan cara memperbaiki flash yang bukan versi yang dapat dibaca dari Nirvanaharapan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terima kasih