Home news Cara Membuat Tepung Gandum Dengan Mudah

Cara Membuat Tepung Gandum Dengan Mudah

126
0
cara membuat tepung gandum

Cara Membuat Tepung Gandum-Siapa yang tidak mengenal tepung terigu? Bahan baku ini selalu bisa kita temukan di hampir setiap supermarket, toko. Tepung terigu ini memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan kita sehari-hari, salah satunya untuk memasak.

Tepung terigu dibuat dari hasil biji gandum yang dibersihkan selama proses penggilingan.Makanan yang terbuat dari gandum atau tepung terigu ini telah menjadi sumber pangan utama di banyak negara, salah satunya Indonesia.

Pasokan pasar dunia yang melimpah, pengolahan yang sangat sederhana dan praktis serta kandungan protein yang tinggi membuat makanan tepung terigu ini cepat bermigrasi ke berbagai negara.

Apa saja negara pengekspor gandum? Negara yang selalu mengekspor gandum adalah Amerika Serikat, Kanada, Australia, China dan Rusia.

Gandum yang masuk biasanya masih berupa bahan baku biji gandum. Biji gandum kemudian diproses dengan cara dicuci, dikuliti, digiling dan direbus. Tepung jadi putih dan dibagi halus.

Asal Mula Tepung Terigu

Tepung terigu adalah tepung yang dibuat dari biji gandum yang digiling dengan cara digiling. Tepung terigu sendiri seperti yang kita ketahui sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan kue, roti, mie dan pasta.

Selain itu tepung terigu juga dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga, bahan baku industri dan penelitian ilmiah lainnya.
Kata Indonesia “gandum” berasal dari kata Portugis “trigo” yang berarti gandum. Dalam sejarah, gandum sendiri pertama kali ditemukan di Timur Tengah sebelum tahun 9600 SM.

Dan merupakan salah satu biji-bijian pertama yang ditanam dalam skala besar oleh manusia. Seiring berjalannya waktu, dengan pertumbuhan dan penyebaran penduduk dunia, gandum sebagai makanan pokok dengan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Sejak saat itu muncullah berbagai jenis gandum.
Makanan yang terbuat dari tepung terigu dengan cepat menjadi makanan pokok di berbagai negara, khususnya di Indonesia, dimana Anda bisa menemukan berbagai macam makanan yang terbuat dari tepung terigu.

Tepung terigu banyak mengandung pati yang merupakan karbohidrat kompleks dan tidak larut dalam air. Kandungan protein tepung terigu juga membentuk gluten, yang berperan dalam menentukan kekenyalan makanan berbahan dasar gandum.

Jika Anda perhatikan, hampir semua makanan menggunakan tepung terigu sebagai bahan bakunya. Hal ini membuktikan bahwa tepung terigu juga berperan penting dalam menentukan kualitas tepung terigu yang dihasilkan.

Tepung terigu juga kini banyak dikonsumsi karena dapat menggantikan karbohidrat.Tepung terigu yang diperoleh dari biji gandum bisa dikatakan sangat istimewa karena mengandung gluten.

Cara Membuat Tepung Gandum

cara membuat tepung gandum

1. Pemilihan Gandum
Pada tahap awal dilakukan pemilihan gandum yang sesuai, dimana harus dilakukan seleksi yang bertujuan untuk memilih gandum yang berkualitas tinggi, agar hasilnya juga berkualitas tinggi. Pada titik ini, Anda harus dapat mengelompokkan gandum ke dalam varietas yang sama setelah panen untuk mempermudah prosesnya.

2. Pembersihan
Proses kedua yaitu pembersihan dilakukan setelah gandum dipilih, karena gandum yang baru dipanen secara alami masih kotor dan masih bercampur dengan benda asing seperti debu, batu, dll. Selama proses ini, gandum juga harus dicairkan agar dedak gandum mudah diolah.

3. Penggilingan
Proses ketiga adalah penggilingan, yaitu mencampur gandum dengan gluten atau jenis gandum lainnya dalam jumlah tertentu. Tujuan pada tahap ini adalah untuk mendapatkan kandungan tepung yang diinginkan. Misalnya, untuk mendapatkan tepung terigu dengan kandungan protein tinggi, gluten yang tinggi protein juga harus ditambahkan.

4. Penggilingan
Langkah keempat adalah penggilingan atau penggilingan. Dalam hal ini, Anda akan mempelajari dua langkah. Yang pertama adalah gandum dimasukkan ke dalam mesin penggulung untuk memisahkan kulit ari dari bagian dalam yang putih, kemudian Anda mendapatkan biji gandumnya, tetapi menyaring kulit arinya sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya. terlebih dahulu agar tidak masuk ke proses selanjutnya. Adapun langkah kedua yaitu mengubah butiran gandum menjadi bubuk putih yang akhirnya menjadi tepung terigu.

5. Pengemasan
Setelah gandum digiling dan diubah menjadi tepung, proses selanjutnya adalah pengemasan sesuai jenis tepung. Ada jenis tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein rendah dan lain-lain yang banyak dikenal masyarakat, sehingga harus dikemas dengan baik dan benar.

nah itulah sedikit penjelasan tentang cara membuat tepung gandum. kamu juga bisa menggunakan mesin penepung diskmill serbaguna untuk menggilingnya agar lebih cepat,lebih detailnya kamu bisa kunjungi rumahmesin.com