Home news Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun Yang Perlu Anda Tahu

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun Yang Perlu Anda Tahu

72
0

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun Yang Perlu Anda Tahu- Fasilitas tersebut saat ini sangat diminati. apakah kamu salah satunya? Jika iya, yuk simak cara membuat kompos di majalah berikut ini. Kompos daun ini selain ekonomis dan mudah dibuat karena daun ada di sekitar kita, juga ramah lingkungan. Lalu mengapa? Karena pengomposan dapat membantu mengurangi sampah.

Apa Itu Kompos

cara membuat pupuk kompos dari daun

 

Kompos merupakan hasil penguraian campuran bahan organik. Proses penguraian ini cukup lama, namun ternyata kita bisa mempercepatnya secara artifisial yaitu dengan bantuan bakteri. Proses yang akan kita lakukan adalah membuat kompos atau mengurai bahan organik dengan cara biologis. Yaitu dengan mikroba yang menggunakan bahan organik sebagai sumber energinya.

Persiapan Pembuatan Kompos

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentunya menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya. Untuk memastikan Anda memiliki alat seperti sekop, cangkul. Ingatlah juga untuk menyiapkan wadah,ember atau kantong kompos plastik hitam.

Lalu ada zat EM4 yang penting untuk merangsang perkembangan bakteri. Selain itu, kita juga harus membersihkan media seperti dedak atau tanah sebagai sumber energi bakteri. Kemudian, tentunya sampah organik tersebut harus diolah. Kali ini kami menggunakan daun karena mudah ditangani dan diperoleh.

Cara Pembuatan Pupuk Kompos Dari Daun

1. Buat Kompos Dari Daun Kering

Pengomposan dapat dilakukan dengan beberapa cara tergantung pada jenis daunnya. Pilihan pertama adalah menggunakan daun kering. Pembuatan kompos dari daun kering merupakan proses yang sederhana dan mudah karena tidak membutuhkan tenaga yang terlalu banyak. Ayo, mari kita lihat semuanya.

  • Pertama, pilih daun kering yang berwarna coklat.
  • Siapkan lubang di tanah untuk persiapan kompos.
  • Masukkan daun kering ke dalam lubang lalu tutupi dengan tanah.
  • Siapkan ember yang cukup besar dan isi dasarnya dengan kompos yang menjadi perangsang bakteri.
  • Kemudian tambahkan bedengan dan tutup kembali dengan tanah. Biarkan daun terkena panas dan hujan. Biasanya dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk berubah menjadi kompos.
  • Selesai

2. Buat Kompos Dari Potongan Daun

Jika Anda tidak memiliki kompos, jangan khawatir, ada cara lain membuat kompos dari abon daun yang cepat dan mudah. Mari kita lihat langkah-langkah berikut:

  • Pertama, potong dedaunan hingga lebih kecil. Karena semakin lembut daunnya, semakin luas permukaan kerja mikroorganisme awal.
  • Anda juga bisa menambahkan bahan yang memberi energi pada bakteri, seperti gula, bekatul, atau tetes tebu. Lakukan bolak-balik pada tumpukan kompos ini secara rutin dan teratur untuk mempercepat prosesnya.
  • Tambahkan starter bakteri lain seperti pertanian EM4, Starbio atau mikroorganisme lokal.
  • Betapa mudahnya membuat kompos dari daun

3. Membuat Kompos Dari Daun

  • Potong daun menjadi ukuran yang lebih kecil, sekitar 2-3 cm.
  • Tempatkan daun parut di tempat sampah kompos
  • Isi shift. Pertama siram setiap lapisan dalam tangki dengan EM4 atau Mol.
  • Tutupi dan isi tempat tidur, tetapi jangan terlalu rapat. Proses ini biasanya memakan waktu 1-2 bulan.
  • Balik daun secara teratur setiap 3 hari sekali. Jika tidak diregangkan, bakteri tidak akan berfungsi maksimal.

Manfaat Kompos

1. Peningkatan Unsur Hara Tanah

Kompos adalah sumber nutrisi organik yang sangat baik untuk tanah. Unsur hara utama dalam kompos adalah nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K), yang dikenal sebagai makronutrien. Selain itu, kompos juga mengandung trace element yang penting bagi pertumbuhan tanaman, seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), belerang (S) dan lain-lain.

Keuntungan menggunakan kompos sebagai sumber makanan bagi tanaman adalah unsur hara yang terkandung dalam kompos tidak cepat lepas dari tanah seperti pupuk kimia. Unsur hara dalam pupuk kimia seringkali larut dan tersedia dalam waktu singkat, sehingga tanaman harus sering dipupuk. Pada saat yang sama, kompos mengalami proses penguraian alami oleh mikroorganisme, membuat unsur hara dalam kompos lebih tahan lama dan terlepas ke dalam tanah seiring waktu. Ini membantu menjaga keseimbangan nutrisi tanah dan mencegah kelebihan atau kekurangan nutrisi pada tanaman.

2. Perbaikan Struktur tanah

Manfaat kompos dapat memperbaiki struktur tanah. Tanah yang subur dan sehat memiliki struktur yang baik, yaitu. air dan udara yang longgar, berpori dan mudah diakses. Kompos dapat membantu memperbaiki struktur tanah yang buruk, seperti  terlalu padat atau tanah liat. Kompos dapat memperbaiki porositas tanah, memungkinkan air dan udara masuk ke dalam tanah dengan lebih mudah.

Selain itu, kompos juga dapat membantu meningkatkan kemampuan tanah menahan air. Tanah yang dikeringkan dengan baik mengurangi risiko kekeringan tanaman. Karena tanah organik yang cukup menyerap air dengan baik, air tinggal lebih lama di dalam tanah dan juga lebih lama tersedia bagi tanaman.

3. Meningkatkan Kualitas Tanaman

Menggunakan kompos sebagai pupuk organik dapat membantu meningkatkan kualitas tanaman. Tanaman yang tumbuh di tanah yang subur dan kaya nutrisi akan tumbuh lebih sehat dan kuat. Tanaman yang lebih sehat dan kuat lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Selain itu, tanaman yang ditanam di tanah yang subur dan kaya nutrisi menghasilkan buah atau sayuran yang lebih besar, lebih enak, dan lebih enak.

Demikian penjelasan tentang cara membuat pupuk kompos dari daun. Jangan lupa gunakan mesin pencacah kompos terbaik yang bisa anda dapatkan di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat, ya.