Home news Cara Membuat Keripik Singkong Rasa Coklat yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Keripik Singkong Rasa Coklat yang Enak dan Gurih

125
0
cara membuat keripik singkong rasa coklat

Cara Membuat Keripik Singkong Rasa Coklat   Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang menawarkan banyak manfaat. Singkong tidak hanya digunakan sebagai sumber energi karena kandungan karbohidratnya, tetapi juga merupakan bahan yang dapat digunakan untuk menyiapkan berbagai hidangan.

Sebagian besar merupakan makanan tradisional, namun hingga saat ini singkong telah beralih peran menjadi makanan yang cukup modern dalam pengolahannya.

cara membuat keripik singkong rasa coklat

Singkong adalah ubi jalar yang tumbuh dengan menanam pohon singkong, yang kemudian menjalar akarnya dan membentuk rumpun yang menjadi daging singkong. Hal ini sungguh menarik mengingat rasa yang diberikan singkong atau singkong cukup unik dan enak untuk disantap.

Ada banyak jenis singkong, ada singkong yang sebenarnya bisa digunakan untuk memasak dan tidak berbahaya, ada juga singkong yang tidak bisa dimakan atau hanya bisa dimakan setelah singkong didetoksifikasi.

Singkong dapat digunakan untuk mengolah berbagai jenis makanan dan tidak hanya sebagian orang yang dapat menggunakannya sebagai pengganti nasi, tetapi juga sering digunakan untuk membuat keripik. Sebenarnya keripik singkong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan cemilan saat santai atau di waktu lain karena rasanya yang enak. Keripik singkong ini sangat enak, renyah dan nikmat.

Cara Membuat Keripik Singkong Rasa COklat

Singkong ini dapat diubah menjadi berbagai jenis keripik singkong. Anda bisa memilih dari banyak variasi untuk membuat keripik singkong yang enak dan lezat. Tentunya hal ini dikarenakan banyak orang yang bereksperimen dengan bahan tambahan yang berbeda saat membuat keripik singkong. makanan enak memiliki harga jual yang tinggi.

Singkong, umbi yang sebenarnya tidak memiliki nilai jual tinggi, disulap menjadi makanan atau kentang yang memiliki nilai jual cukup tinggi untuk membantu para petani singkong di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu jenis keripik singkong Indonesia saat ini adalah keripik singkong rasa coklat. Keripik singkong rasa coklat ini memang dibuat sama seperti keripik singkong lainnya, hanya saja keripik singkong ini mengandung bahan tambahan seperti coklat yang membuat rasanya seperti coklat.

Anda pasti pernah bertanya-tanya bagaimana cara pembuatan choco chip singkong? Selanjutnya dibawah ini akan kita lihat cara membuat Keripik Singkong Rasa Coklat yang enak berikut ulasannya :

Bahan:

  • 750 gram singkong yang sudah di iris tipis-tipis
  • 1 sendok teh air kapur sirih.
  • 1 sendok teh garam.
  • 500 ml air es.
  • minyak untuk menggoreng.
  • 200 gram gula pasir.
  • 200 ml air.
  • 2 sendok teh cokelat bubuk.
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk.
  • 1/4 sendok teh garam.

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah dengan mengupas terlebih dahulu kulit singkongnya.
  2. Lalu cuci bersih singkong yang sudah dikupas.
  3. Setelah itu, campurkan air ikan kod putih yang telah disiapkan sebelumnya, garam dan air es.
  4. Setelah itu, rendam singkong yang telah dikupas dan dibersihkan sebelumnya dan tunggu hingga 30 menit.
  5. Setelah 30 menit berlalu, tiriskan singkong yang telah direndam tadi dan lap hingga singkong kering.
  6. Lalu potong sesuai ukuran yang diinginkan.
  7. Kemudian goreng singkong yang sudah direndam dan diiris dalam minyak panas hingga keripik singkongnya garing.
  8. Setelah itu siapkan bahan pelapisnya, campurkan gula pasir, air, coklat bubuk, garam secukupnya dan kayu manis bubuk, lalu aduk rata.
  9. Masak hingga mengembang, lalu masukkan singkong dan aduk hingga merata.
  10. Matikan api dan aduk hingga kering.

Tentunya untuk membuat keripik Anda perlu memotong singkong terlebih dahulu agar hasil yang berbentuk tipis, mudah untuk digoreng dan menghasilkan keripik yang renyah. Untuk itu Anda perlu menggunakan mesin keripik singkong agar mempermudah memotong singkong yang berbentuk tipis dan dapat menghasilkan keripik yang renyah. Adapun jika anda memerlukan mesin-mesin lainnya, anda bisa mengunjungi Rumah Mesin yang bisa Anda pesan seseuai keinginan Anda.