Home news Cara Membuat Celengan Batok Kelapa Sangat Mudah

Cara Membuat Celengan Batok Kelapa Sangat Mudah

165
0
Cara Membuat Celengan Batok Kelapa Sangat Mudah

Cara membuat celengan batok kelapa – Kita tidak tahu bahwa batok kelapa bisa dijadikan kerajinan tangan yang indah dan terjangkau.Untuk membuat kerajinan dari batok kelapa mungkin tidak akan terlalu sulit jika anda langsung mempraktekannya, karena membuat kerajinan dari batok kelapa sendiri cukup mudah dan sederhana.

Apa Itu Batok Kelapa?

Batok kelapa merupakan bahan limbah dari buah kelapa yang telah dibuang dagingnya, pada umumnya batok kelapa sering digunakan sebagai bahan bakar. Contoh pembakaran material antara lain membakar ikan, membakar batu bata dan masih banyak lainnya.

Selain itu, bekas batok kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan unik dan menarik, seperti contoh kali ini yang akan kita cermati.

Apa Saja Manfaat dari Batok Kelapa?

Seperti yang kita ketahui tempurung kelapa memiliki banyak manfaat khusus sebagai berikut :

  1. Dapat dijadikan sebagai bahan pengawet untuk makanan
  2. Dapat mengobati keracunan
  3. Dapat menurunkan kolesterol
  4. Dapat dijadikan sebagai anti racun hewan
  5. Dapat membantu menyembuhkan luka
  6. Dapat dijadikan sebagai bahan pupuk organik
  7. Dapat dijadikan sebagai bahan baku arang
  8. Dapat dijadikan sebagai bahan untuk berbagai kerajinan

Tips Dalam Memilih Batok Kelapa Yang baik

Sebelum membuat kerajinan dengan batok kelapa, sebaiknya perhatikan kualitas batok kelapa jenis ini sebagai bahan utamanya.

Kualitas bahan baku utama tempurung kelapa sangat berpengaruh terhadap produk kerajinan yang dihasilkan. Pilih batok kelapa yang sudah tua dan teksturnya keras.

Jika sulit membedakan batok kelapa keras dan lunak, Anda bisa mengamati warnanya. Sebagian besar batok kelapa hitam jika dipotong melintang akan memiliki tekstur yang keras.

1. Persiapankan Perlengkapan

Agar proses crafting berjalan lancar, persiapkan semua perlengkapan terlebih dahulu :

  1. Gergaji besi
  2. Pisau
  3. Amplas
  4. Lem kayu
  5. Cat pernis
  6. Bahan tambahan lainnya

2. Langkah-Langkah Pembuatan

Jika sudah siapkan bahan dasarnya yaitu peralatan dan batok kelapa yang berkualitas. Langkah selanjutnya adalah membuat kerajinan ini.

  • Bersihkan Batok Kelapa

Langkah pertama, anda kupas kelapa terlebih dahulu. Pastikan batok kelapa benar-benar bersih dari serabut dan kotoran. Anda bisa menggunakan amplas kasar untuk membersihkan batok kelapa.

3. Haluskan Batok Kelapa

Setelah batok kelapa bersih, Anda perlu menghaluskan permukaan batok kelapa. Untuk menghaluskan, gunakan amplas halus. Selain itu, menggosok daun pisang kering juga tak kalah pentingnya. Daun pisang kering berguna untuk memoles permukaan batok kelapa.

4. Potong Batok Kelapa

Pada tahap ini, potong batok kelapa dengan gergaji besi atau gergaji khusus. Anda dapat memotong ke pola atau konsep yang telah Anda buat.

5. Bentuk Batok Kelapa

Setelah Anda memotong tempurung kelapa menjadi berbagai bentuk yang Anda inginkan. Terakhir, proses perakitan dan perakitan balok-balok tersebut menjadi produk-produk unik seperti bunga, gantungan kunci, gelas, dll.

Cara Membuat Celengan dan Lampu Hias dari Batok Kelapa

Cara Membuat Celengan Batok Kelapa Sangat Mudah

Sebelum dibuat kerajianan kelapa harus di kupas dulu menggunakan mesin pengupas batok kelapa.

1. Kerajinan Celengan Dari Batok Kelapa

Kerajinan batok kelapa yang mudah dibuat yang bisa kamu buat adalah celengan. Pada umumnya celengan terbuat dari plastik, besi, tanah liat atau bahan lainnya. Nah kali ini kamu bisa membuat celengan dari batok kelapa.

Celengan ini pasti unik dan menarik. Celengan ini juga bisa dijual lho dan tentunya menciptakan nilai ekonomis. Tidak hanya itu, celengan ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk teman, sahabat dan saudara.

Cara membuat :

  1. Sediakan sepasang batok kelapa tapi sudah dibelah
  2. Bersihkan bagian dalam batok kelapa
  3. Setelah bagian dalamnya bersih, sekarang bersihkan bagian luarnya dengan amplas. Dan lakukan hal yang sama dengan sisa batok kelapa.
  4. Bersihkan di dalam dan bersihkan juga di luar. Lalu rekatkan kedua bagian tersebut namun jangan lupa beri lubang kecil agar bisa memasukkan uangnya
  5. Kemudian cat cangkangnya. Biarkan kering.
  6. Setelah kering. Tempelkan stiker agar celengan cantik dan menarik.

2. Kerajinan Lampu Hias Dari Batok Kelapa

Lampu hias merupakan salah satu barang yang sering diletakkan di dalam ruangan. Lampu ini akan mengatur cahaya di dalam ruangan menjadi lebih indah dan menciptakan rasa nyaman untuk tidur.

Jika lampu hias biasa terbuat dari benang atau bahan lainnya, disini anda bisa membuat lampu hias dari batok kelapa.

Jenis lampu batok kelapa yang disebutkan di atas tidak kalah dengan lampu bambu buatan tangan. Dengan menggunakan batok kelapa kamu bisa membuat lampu hias yang cantik dan unik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan kreativitasmu untuk membuat lampu hias cantik dengan berbagai tekstur.

Lampu hias ini bisa kamu simpan di rumah atau bahkan dijual lho. Apalagi jika bisa membuat lampu hias yang indah, maka akan menghasilkan lampu hias yang bernilai ekonomi tinggi.

Itulah cara membuat celengan dan lampu hias dari batok kelapa, semoga bermanfaat.