Home Foods Cara Membuat Bola Ubi Kopong yang Renyah dan Praktis

Cara Membuat Bola Ubi Kopong yang Renyah dan Praktis

14
0
cara membuat bola ubi kopong

Halo sobat mimin semuanya, pada hari ini mimin pengen banget nih bahas mengenai cara membuat bola ubi kopong yang memiliki tekstur renyah dan metode pembuatannya sangat mudah praktis dan sederhana sob. Untuk membuatnya sobat tidak perlu bingung dan risau karena cara pembuatannya sangat mudah dan tidak terlalu njelimet ruwet.

Ya, sama seperti yang bang mimin katakan di atas hari ini mimin pengen banget bahas cara membuat bola ubi kopong yang mudah sederhana dan praktis nih. Tapi apakah sobat tahu bahwa bola ubi kopong ini merupakan makanan yang punya tekstur renyah dan sangat gurih bercampur manis ketika kita makan sajian yang nikmat ini sob.

Bagi yang suka jajanan tradisional (terutama umbi-umbian) wajib mencoba jajanan ini. Ubi kuning atau ungu ternyata bisa diolah menjadi penganan yang enak. Umbi merupakan salah satu bahan pangan di Indonesia yang kaya akan serat dan karbohidrat serta sering digunakan sebagai pengganti nasi dan makanan ringan.

Tapi mimin ingin mengingatkan semua orang bahwa sebelum mulai memasak, mereka harus membersihkan alat masak. Karena membersihkan peralatan masak adalah cara kita menjaga kebersihan makanan. Semakin kita menjaga kebersihan dengan benar maka semakin baik kualitas diri kita.

Cara Membuat Bola Ubi Kopong yang Renyah

Bola ubi kopong ini terbuat dari campuran ubi kukus, tepung tapioka dan gula halus. Untuk mengukus ubi dengan tingkat kematangan yang pas dan hasilnya sempurna sobat bisa menggunakan steamer makanan yang sangat cocok digunakan untuk mengukus makanan.
Kemudian aduk adonan hingga tercampur rata, lalu ratakan adonan. Pada awalnya, bola ubi adalah hal yang biasa. Namun seiring berkembangnya ilmu kuliner, banyak bola ubi jalar yang memiliki isian yang beragam, seperti gula merah, coklat hingga keju.

Bahan

  • setengah sendok teh garam
  • 400 gram ubi
  • minyak goteng untuk menggoreng secukupnya saja jangan terlalu banyak
  • 90 gram tepung tapioka
  • setengah sendok teh Baking powder
  • 40 gram tepung maizena
  • 120 gram gula halus

Langkah-Langkah Membuat Bola Ubi Kopong

Bola ubi kopong yang satu ini merupakan jajanan khas Bandung. Di Bandung, jajanan ini bisa kamu temukan di tempat-tempat ramai seperti Dago atau tempat-tempat lain yang penuh dengan gerobak mamang jual bola ubi kopong. Oleh karena itu sajian yang satu ini sangat merakyat dan cocok dijadikan lahan bisnis yang baik dengan berbagai variasi.
Perhatikan cara membuat bola ubi kopong yang enak berikut ini:
  1. Kukus ubi jalar dan haluskan (buang seratnya jika masih ada seratnya)
  2. Campur semua bahan hingga halus rata dan kalis
  3. Setelah dicampur merata menjadi adonan langsung bentuklah menjadi bulatan bulatan kecil, lalu goreng
  4. Jika ingin mendiamkan terlebih dahulu, diamkan adonan selama 30 menit lalu dibentuk lingkaran atau bulatan bulatan kecil. Untuk membuat bulatan dan membagi adonan dengan benar dan presisi sobat bisa menggunakan mesin pembagi adonan yang sangat powerful ketika digunakan.
  5. Panaskan minyak dengan api sedang-kecil, jangan terlalu panas, kemudian masukkan bulatan ubi pada minyak panas.
  6. Terus aduk agar panas merata di setiap permukaan bola ubi jalar. Setelah kulitnya kencang, anda bisa menaikkan api sedikit (kalau sudah panas tidak perlu lakukan ini), lalu tekan dari semua sisi (harus di semua sisi) Klik bola ubi untuk membuatnya berlubang.
  7. Jangan khawatir saat menekan bola ubi karena akan mengembang lagi setelahnya
  8. Jangan sampai terkena ujung spatula karena bisa merusak tampilannya,
  9. Jika sudah berwarna kuning keemasan hingga coklat angkatlah dari penggorengan
  10. Bola ubi kopong siap disajikan dengan nikmat dan lezat

Tentang Bola Ubi Kopong

Supaya mengembang hasilnya bola ubinya, minyak harus panas saat menggoreng dan adonan harus benar-benar terendam. Setelah menggoreng sebentar dan mengupas bola-bola ubi, aduk dan tekan sedikit untuk mengembangkan bola ubi.

Bola ubi sebaiknya disajikan ketika hangat karena jika ber jam jam dibiarkan maka teksturnya akan sedikit mengempis dan menjadi tidak bulat utuh atau sudah tidak mengembang lagi ketika kita memakannya. Oleh karena itu sebaiknya bola ubi ini digoreng dengan minyak panas yang semuanya terendam minyak dengan baik supaya hasilnya pun bisa mengembang dengan baik.

Sekian sobat, artikel Mimin sudah cukup sampai disini saja. Jika menurut anda ini bermanfaat untuk teman-teman, silahkan share artikel ini ke teman, keluarga, sahabat atau orang terdekat lainnya. Semoga bermanfaat untuk semua orang. Sampai jumpa di artikel mimin selanjutnya.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂