Home news Cara Membangun Personal Branding untuk Mencari Pekerjaan

Cara Membangun Personal Branding untuk Mencari Pekerjaan

11
0

Cara Membangun Personal Branding untuk Mencari Pekerjaan

Personal branding merupakan salah satu kunci agar dapat dilirik perusahaan ketika melamar kerja. Biasanya recruiter melihat bagaimana kandidat berekspresi, mulai dari perasaan hingga karakter diri melalui media sosial. Hal ini dilakukan guna menilai apakah kandidat sesuai dengan perusahaan.

Cara Membangun Personal Branding untuk Mencari Pekerjaan

Personal branding merupakan cara menunjukkan keahlian dan kepribadian kepada semua orang sehingga menjadi ciri khas. Membangun personal branding sangatlah penting karena menjadi salah satu tips mendapatkan pekerjaan. Cobalah lakukan cara ini untuk membangun personal branding.

  1. Tentukan Tujuan

Saat melakukan sesuatu, tentu ada tujuan yang dimiliki, begitu juga dengan personal branding. Cobalah untuk menentukan apa tujuan yang ingin dicapai di masa depan. Menentukan tujuan ini diperlukan karena setiap tujuan memiliki strateginya masing-masing.

Sebagai contoh, pekerjaan apa yang nantinya ingin dilakukan. Selanjutnya, untuk bekerja pada bidang tersebut, apa saja yang harus disiapkan dan dipelajari? Dengan begitu akan didapatkan panduan untuk membangun personal branding sesuai dengan tujuan.

  1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Personal branding tentu harus dilakukan dengan strategi yang matang. Sebab, mau tidak mau harus bersaing dengan orang yang juga memangun personal branding. Untuk menemukan strategi yang cocok, coba lakukan riset dengan melihat orang-orang yang memiliki personal branding bagus.

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu mengenai kebiasaan atau etos kerja orang-orang yang memiliki personal branding yang bagus. Tapi ingat, ini hanya sebagai referensi dan inspirasi, menjiplak sangat dilarang. Tetaplah menonjolkan kepribadian dan kemampuan diri sendiri yang unik.

  1. Tentukan Karakter yang Akan Ditonjolkan

Ketika mendengarkan sebuah nama, pasti setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda. Cobalah pikirkan deskripsi diri seperti apa yang diinginkan. Tentukan karakter ini di awal sehingga persona yang terbentuk dapat konsisten dan mudah diingat oleh orang-orang.

  1. Bersikaplah Jujur

Salah satu tips mendapatkan pekerjaan adalah menjadi jujur. Jujur sangatlah penting dalam personal branding. Jadi, cobalah membangun personal diri yang memiliki orisinalitas, jujurlah pada diri sendiri dan jangan berusaha keras menjadi orang lain

  1. Jangan Ditunda

Untuk bisa dibangun dengan baik, personal branding membutuhkan waktu yang lama dan bisa dibilang seumur hidup. Sehingga, semakin cepat memulai akan semakin baik. Menunjukkan personal branding melalui media sosial juga bisa dilakukan dengan catatan tidak kehilangan jati diri yang sebenarnya.

Itulah beberapa tips mendapatkan pekerjaan dengan membangun personal branding yang dapat dicoba. Mulailah secepatnya agar semakin baik hasilnya. Selamat mencoba.