Home Hiburan Biodata & Profil Member Urban Zakapa, Trio R&B – Ballad

Biodata & Profil Member Urban Zakapa, Trio R&B – Ballad

51
0
Biodata & Profil Member Urban Zakapa, Trio R&B – Ballad
Biodata & Profil Member Urban Zakapa, Trio R&B – Ballad

Trio bernama Urban Zakapa dari Fluxus Entertainment adalah salah satu figur senior dalam industri musik Korea Selatan. Berdiri pada tahun 2009, grup ini awalnya beranggotakan sembilan orang. Nama Urban Zakapa adalah gabungan dan akronim dari “Urban + Zappy + Kaleidoscopic + Passionate”.

1. Kwon Soonil

Kwon Soon-il adalah leader dan vokalis Urban Zakapa. Ia lahir di Incheon, Korea Selatan, pada 17 Oktober 1988. Dia dan Yongin adalah teman sekolah semasa SMA. Penggemar penyanyi Yoon Sang ini selalu bermimpi untuk menjadi musikus, sehingga Soonil menawarkan diri untuk bergabung dengan Yongin dan Hyuna. Ketiganya adalah anggota asli sejak awal pembentukan grup dan selalu memproduksi musik mereka sendiri. Soonil pernah menjadi trainee di SM Entertainment bersama Super Junior dan TVXQ setelah menjuarai SM Youth Best Contest.

2. Jo Hyuna

Jo Hyun-a adalah vokalis dan satu-satunya perempuan dalam Urban Zakapa. Ia lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 28 Agustus 1989. Hyuna bertemu dengan Yongin di tempat bimbingan belajar (hakwon). Dia diajak untuk bernyanyi bersama dan membentuk duo. Meski awalnya ditentang oleh orangtuanya, Hyuna kemudian mendapat izin dan didukung penuh untuk menjadi penyanyi. Penggemar Yoon Jong Shin dan Ledisi ini pernah mengisi posisi vokalis dalam kru hip-hop Overclass. Ia menjadi mentor dalam program The Unit.

3. Park Yongin

Park Yong-in lahir pada 7 September 1988 dan berasal dari daerah yang sama dengan Soonil. Yongin lah yang menginisiasi pembentukan Urban Zakapa. Ia pernah tergabung dalam grup R&B/Soul bernama Bluewind Soul bersama Han Won-jong, Lee Suk-hoon SG Wannabe, dan lainnya.

Urban Zakapa debut pada 2009 dengan sembilan anggota—empat vokalis dan lima pemain musik, dan merilis lagu Café Latte. Enam anggota lainnya kemudian keluar karena perbedaan selera musik dan menyisakan tiga orang inisiator. Ketiganya seringkali mendapatkan ide untuk membuat lagu atau menulis lirik ketika sedang makan bersama atau sekadar ngobrol bersama.

Setelah 8 tahun debut, pada tahun 2017 mereka mendapatkan penghargaan bergengsi kategori Digital Bonsang dari Golden Disk Awards untuk lagu Don’t Love You. Pada tahun 2018, Urban Zakapa dianugerahi penghargaan Best R&B dari Korea Popular Music Awards untuk lagu When We Were Two.