Home Kesehatan Bahaya Air Kelapa untuk Ibu Hamil & Cara Aman Mengonsumsinya

Bahaya Air Kelapa untuk Ibu Hamil & Cara Aman Mengonsumsinya

49
0
Bahaya Air Kelapa untuk Ibu Hamil & Cara Aman Mengonsumsinya

Bahaya Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Bahaya Air Kelapa untuk Ibu Hamil – Kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan wanita. Pada masa ini calon ibu biasanya akan memerhatikan segala hal yang dilakukan atau dikonsumsi agar tidak berdampak negatif pada calon bayi yang ada di dalam kandungannya.

Kebutuhan nurtrisi menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan saat hamil. Nutrisi memiliki peranan yang sangat besar dalam proses kehamilan terutama untuk pertumbuhan janin yang dikandungnya.

Berbicara tentang kebutuhan nutrisi, air kelapa muda sering direkomendasikan untuk ibu hamil. Meskipun begitu, banyak mitos dan fakta mengenai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan, khususnya bagi ibu hamil.

Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi air kelapa muda pada masa kehamilan dapat membuat bayi bersih saat lahir, rambut bayi tumbuh tebal,dan masih banyak lagi.

Sementara itu, beberapa orang juga beranggapan bahwa mengonsumsi air kelapa muda justru memberikan efek yang buruk bagi kehamilan. Lalu, mana yang benar? Mari kita simak informasi-informasi berikut ini!

Kandungan Nutrisi Air Kelapa Muda

Air kelapa dikenal sebagai minuman yang dapat menghidrasi tubuh dan bisa membantu dalam mengatasi kelelahan selama kehamilan. Namun, tahukah Anda apa saja kandungan yang terdapat di dalam air kelapa muda?

Air kelapa muda menjadi sumber alami vitamin, elektrolit dan mineral. Di dalam satu gelas air kelapa muda atau sekitar 250 ml, terkandung 45,6 Kalori, 0,4 gram Lemak, 0 Kolesterol, 252 mg Natrium, 600 mg Kalium, 8,8 gram Karbohidrat, 2,6 gram Serat, 6,3 gram Gula, 1,8 gram Protein, Vitamin C, Kalsium, dan Zat Besi.

Meskipun air kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya, hal ini tidak berarti Anda tidak lagi membutuhkan nutrisi lain dari makanan. Pada masa kehamilan, Anda harus selalu menjaga keseimbangan antara nutrisi dari minuman maupun makanan. Hal ini bertujuan agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam air kelapa muda, selanjutnya kita akan membahas apa saja manfaat air kelapa muda pada saat kehamilan.

Air kelapa muda biasanya dikonsumsi oleh ibu hamil saat usia kandungan menginjak 4 bulan. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi air kelapa muda untuk ibu hamil:

  • Membantu memperkuat daya tahan tubuh ibu dan janin, karena air kelapa muda kaya akan vitamin dan antioksidan.
  • Kandungan serat yang tinggi pada air kelapa muda mampu meringankan masalah sembelit atau susah buang air besar.
  • Dengan sifat diuretik alami yang dimilikinya, air kelapa muda turut membantu menyeimbangkan kadar asam urat dalam tubuh, mengeluarkan racun (detoksifikasi) serta membersihkan saluran kemih.
  • Kandungan magnesium, potasium dan mineral yang ada di dalam air kelapa muda mampu melancarkan eksresi (pengeluaran) urine sehingga bisa mengurangi risiko pembentukan batu pada ginjal maupun saluran kemih.
  • Air kelapa muda juga bermanfaat sebagai sumber elektrolit alami yang dapat mencegah dehidrasi, terutama saat ibu hamil mengalami diare maupun muntah pada awal kehamilan (morning sickness).
  • Kandungan kalium dan fosfor yang ada di dalam air kelapa muda juga meningkatkan energi pada tubuh sehingga mampu mengatasi kelelahan saat hamil.

Amankah Minum Air Kelapa Muda saat Hamil?

Minum air kelapa muda secara rutin dipercaya dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman pada masa kehamilan. Rasa ketidaknyamanan ini biasanya dialami oleh para ibu hamil pada trimester pertama hingga trimester ketiga kehamilan, termasuk ibu hamil yang usia kehamilannya sudah empat bulan.

Dengan mengonsumsi air kelapa muda, Anda bisa menjaga kebugaran tubuh serta mencegah terjadinya dehidrasi pada saat kehamilan. Air kelapa muda juga bisa dijadikan sebagai pengganti air putih karena sifatnya yang sama dengan cairan yang ada di dalam tubuh kita.

Anda bisa mengonsumsi air kelapa muda rutin jika merasa tubuh lemas atau kelelahan selama kehamilan. Kandungan mineral-mineral penting yang ada di dalam air kelapa muda dipercaya dapat membantu menyegarkan tubuh Anda.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi air kelapa muda pada masa kehamilan yaitu pagi hari sebelum makan karena nutrisi dan elektrolit yang terkandung didalamnya  mudah dicerna saat perut kosong.

Kandungan serat yang tinggi pada air kelapa muda juga membuatnya baik dikonsumsi untuk membantu meringankan masalah sembelit (kesulitan buang air besar).

Meskipun air kelapa muda aman untuk dikonsumsi, namun Anda tetap harus memperhatikan dosis atau jumlah yang dikonsumsi per harinya.

Jangan mengonsumsi air kelapa muda secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Selain itu, air kelapa muda juga tinggi kalori, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan justru bisa menambah berat badan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengonsumsi Air Kelapa

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi air kelapa muda selama kehamilan:

  • Jangan mengonsumsi air kelapa muda secara berlebihan. Cukup satu gelas perharinya.
  • Pastikan memilih buah kelapa muda yang segar, bersih, dan berwarna hijau.
  • Minum air kelapa muda segera setelah kelapa dibuka agar kualitas, rasa, serta nutrisinya masih tetap terjaga.
  • Konsumsi air kelapa muda secara alami lebih baik jika dibandingkan dengan air kelapa muda yang ditambahkan gula ataupun sirup.
  • Konsultasikan dengan dokter.
  • Bagi Anda yang sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi, Anda perlu membatasi konsumsi air kelapa muda.

Baca Juga : 

Efek Samping & Bahaya Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Pada umumnya, mengonsumsi air kelapa muda pada masa kehamilan tidak menimbulkan efek samping yang buruk. Namun anda tetap harus memperhatikan dosisnya. Semua hal baik tidak akan bermanfaat jika dikonsumsi berlebihan.

Konsumsi air kelapa muda yang segar dan tidak diberi tambahan gula ataupun sirup tambahan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memaksimalkan manfaat yang didberikan air kelapa muda.

Salah satu khasiat air kelapa muda yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, bila Anda mengalami masalah tekanan darah tinggi pada masa kehamilan, maka Anda perlu mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa muda.

Batasi asupan air kelapa muda maksimal satu gelas per harinya agar asupan natrium atau kalium dalam tubuh tidak berlebih.

Beberapa gejala yang bisa Anda rasakan ketika kadar kalium di dalam tubuh terlalu tinggi, yaitu: keringat dingin, napas terengah-engah, irama jantung tidak beraturan, sakit perut, mual, lemas, kesemutan, pusing, serta nyeri pada dada dan lengan.

Selain itu air kelapa muda juga memiliki efek diuretik, jadi mengonsumsi air kelapa muda bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil serta menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi ibu hamil.

Bagi ibu yang berencana melakukan operasi bedah caecar maka sebaiknya Anda berhenti mengonsumsi air kelapa muda sekitar dua minggu sebelum operasi. Pasalnya, konsumsi air kelapa muda yang berlebihan pada saat tersebut bis amengganngu kontrl tekanan darah sebelum dan sesudah operasi dilakukan.

Demikian tadi informasi mengenai kandungan, manfaat air kelapa muda, bahaya air kelapa muda bagi ibu hamil, serta cara aman untuk mengonsumsi air kelapa muda. Jangan lupa untuk mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya.