Home Kesehatan Mengenal Alat Rekam Jantung EKG (Elektrokardiograf)

Mengenal Alat Rekam Jantung EKG (Elektrokardiograf)

35
0
alat rekam jantung EKG

EKG dalam dunia medis disebut dengan Elektrokardiografi. Prosedur ini digunakan untuk memeriksa dan mendiagnosa kondisi kesehatan jantung. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai metode diagnosis kelainan jantung secara dini dengan melihat irama jantung. EKG dalam bahasa orang awab biasa dikenal dengan Rekam Jantung. Apa sebenarnya yang dilakukan dalam tindakan atau prosedur EKG ? Dan apa alat yang digunakan ? Kita simak selengkapnya di artikel singkat ini.

Jantung manusia secara alamiah memiliki sinyal – sinyal listrik. Sinyal inilah yang membuat jantung berdenyut secara terus menerus dengan irama yang khas. Alat EKG berfungsi untuk menggambarkan aktifitas sinyal listrik pada denyutan jantung. Alat ini dilengkapi dengan sejumlah elektroda yang ditempelkan di sekitar jantung. Yakni di bagian dada dengan pola tertentu. Elektroda – elektroda ini dapat menangkap atau merekam sinyal listrik yang dihasilkan dari denyutan jantung.

Sinyal Listrik tersebut diterjemahkan atau digambarkan dalam layar berupa grafik sinus kuat arus dalam satuan waktu tertentu. Kharakteristik yang khas, muncul pada jantung dengan kondisi normal. Dari grafik tersebut dokter dapat dengan mudah menemukan apabila terjadi kejanggalan di beberapa titik yang terjadi pada denyutan jantung. Dari titik eletroda tersebut dapat disimpulkan sementara adanya gangguan pada jantung.

Alat EKG sama sekali tidak berbahaya dan tidak mengandung Radiasi. Dalam dunia medis alat ini tergolong alat Elektromedik Non Radiasi yang cukup aman digunakan. Pasien yang akan melakukan pemeriksaan ini juga tidak diharuskan melakukan prosedur tertentu. Cukup praktis dan mudah. Namun demikian, pemeriksaan EKG merupakan tindakan awal untuk menentukan kondisi gangguan secara detail. Setelah itu dibutuhkan tindak lanjut tertentu guna menunjang diagnosis dokter.

Apakah pemeriksaan EKG membuatuhkan biaya mahal ? Kalau kita berbicara soal biaya, tentunya kita harus merujuk pada pertanyaan berapa harga alat EKG tersebut ? Karena harga satu alat akan berbanding lurus dengan biaya pemeriksaan atau penggunaanya. Kabar baiknya, alat ini tergolong cukup murah dan terjangkau untuk klinik dan rumah sakit, dan memang benar, biaya pemeriksaan EKG juga tidak terlalu mahal. Namun itu juga tergantung dari kebijakan Rumah Sakit dan Klinik dimana anda melakukan pemeriksaan.

Nah, demikianlah sedikit ulasan singkat terkait dengan alat EKG. Mudah – mudahan dapat memberikan sedikit tambahan informasi di ruang baca anda terkait dengan teknologi dalam dunia kesehatan yakni EKG atau Rekam Jantung. Sekian dan selamat beraktifitas kembali.