Home news 3  Keuntungan Power Plant Indonesia Nuklir, Lebih Ramah Lingkungan

3  Keuntungan Power Plant Indonesia Nuklir, Lebih Ramah Lingkungan

121
0
Power Plant Indonesia

Dunia sekarang sedang dalam kondisi krisis energi dan lingkungan. Terhadap masalah yang dihadapi ini power plant Indonesia bisa menjadi solusi untuk bahan bakar yang lebih bersih dan berkelanjutan untuk digunakan oleh masyarakat.

Salah satu yang bisa menjadi solusi adalah nuklir. Penggunaan nuklir ini banyak disalah pahami karena dianggap sebagai bahan yang berbahaya. Padahal jika dikelola dengan tepat dan dengan para ahli. Nuklir bisa menjadi sumber energi yang terbarukan bagi Indonesia dan dunia.

Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan adanya pembangkit listrik Nuklir. Berikut adalah pembahasannya:

Penggunaan Nuklir Jauh Lebih Murah 

Ternyata jika dibandingkan dengan pembangkit listrik yang lainnya seperti air maupun batu bara. Nuklir cenderung lebih murah dari sisi biaya operasional dan perawatan fasilitasnya. Walaupun begitu, karena di Indonesia teknologi nuklir masih merupakan hal yang sangat baru.

Maka membangun fasilitasnya harus benar-benar dari 0. Karena itu, untuk mulai mengalihkan energi ke nuklir mungkin akan dibutuhkan dana yang lebih besar.

Emisi Karbon yang Dihasilkan Cukup Rendah 

Jika dibandingkan dengan pembangkit listrik yang bertenaga panas atau uap. Ternyata emisi karbon yang dihasilkan oleh power plant Indonesia Nuklir ini jauh lebih rendah daripada dugaan. Malah bisa dikatakan jika pembangkit listrik yang menggunakan tenaga nuklir ini tidak berkontribusi sama sekali dalam penambahan emisi karbon.

Hal ini karena proses penghasilan listrik dari PLTU tidak menghasilkan emisi C02 sama sekali. Hal ini otomatis menjadikan energi nuklir jauh lebih bersih dan lebih ramah lingkungan daripada model pembangkit listrik dari energi yang lain.

Tidak Memerlukan Lahan yang Sangat Luas

Jika dibandingkan dengan tenaga pembangkit lain seperti angin atau air. Tenaga nuklir ternyata tidak membutuhkan tempat yang luas. Tidak seperti pembangkit listrik tenaga angin yang memerlukan lahan yang luas untuk menangkap angin.

Tidak juga seperti pembangkit listrik tenaga air yang memerlukan bendungan yang besar. Namun, untuk membangun pembangkit tenaga listrik ini memiliki kriteria tertentu. Yaitu harus berada di sisi pantai karena untuk membantu proses pendinginannya dibutuhkan banyak air.

Itulah keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan power plant Indonesia nuklir. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan, utamanya adalah pengurangan terhadap emisi karbon dan pencemaran karbon. Nuklir mungkin saja bisa menjadi solusi baru energi terbarukan di masa depan.

Karena itu PJB selalu berusaha untuk mengembang teknologi power plant terbaru yang bisa menjadi solusi di masa depan. Salah satunya adalah dengan teknologi nuklir informasi lebih lanjut bisa diakses di https://www.ptpjb.com/.