Home news Rumput Terbaik Untuk Kambing

Rumput Terbaik Untuk Kambing

38
0

Rumput Terbaik Untuk Kambing – Rumput merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi ternak. Tanpa pengelolaan pakan yang baik tentunya kambing yang kita pelihara akan mengalami dehidrasi karena tidak bisa rutin mendapatkan pakan untuk ternaknya. Oleh karena itu, pengaturan yang tepat diperlukan agar pasokan ternak dengan nutrisi yang dibutuhkan tidak terganggu.

Ada beberapa jenis hijauan yang cocok dan dapat diterima untuk kambing dan domba, antara lain:

Rumput Terbaik Untuk Kambing

Rumput Terbaik Untuk Kambing - Rumput merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi ternak.

 

1. rumput gajah

Rumput gajah banyak ditemukan di persawahan. Tingginya bisa mencapai 5 m, batangnya tebal dan keras, daunnya panjang dan berbunga seperti es krim. Ada beberapa jenis rumput gajah, antara lain varietas Afrika yang dicirikan oleh batang dan daun kecil yang tumbuh tegak, berbunga, dan berproduksi lebih sedikit dibandingkan varietas rumput Hawaii. Dan varietas Hawaii, ditandai dengan batang dan daun yang lebar, pertumbuhan massa yang sedikit menyebar, produksi dan pembungaan yang cukup tinggi.

baca juga : Jenis Rumput Hias Untuk Halaman Rumah

Panen berikutnya terjadi setiap 40 hari pada musim hujan dan setiap 60 hari pada musim kemarau. Tinggi pemotongan dari tanah 10-15 cm. Produksi rumput gajah adalah 100-200 ton rumput segar/hektar/tahun. Sebaiknya jerami gajah dipupuk setelah panen, dimana pupuknya dapat berupa pupuk kimia (urea, npk, sdt/kcl) atau pupuk alami (kotoran kambing). Sehingga rumput akan tumbuh lebih baik di masa depan.

 2. Rumput Raja 

tumbuh bergerombol vertikal, tingginya bisa sekitar 4 m, batangnya tebal dan keras, daunnya lebar agak vertikal dan serat daunnya berbulu cukup panjang di dekat liguna. Permukaan daunnya lebar dan mekar hanya jika ditanam di tempat yang sejuk. Rumput pembatas dapat tumbuh di daerah subur dari dataran rendah hingga dataran tinggi yang curah hujan tahunannya lebih dari 1000 mm.

Produksi pakan royal grass ini dua kali lipat dari rumput gajah yang sekali panen bisa mencapai 40 ton rumput segar/ha atau setara 200-250 ton rumput segar/hektar/tahun. Kualitas hijauan rumput raja lebih baik dibandingkan dengan rumput gajah hawaii atau rumput afrika. jika anda membutuhkan mesin pencacah rumput kunjungi web berikut ini

3. Rumput Setaria

juga sering disebut sebagai rumput Lampung Setaria. Rumput Setaria tumbuh tegak, membentuk tandan yang rapat, tingginya dapat mencapai 2 m, memiliki daun yang halus dan lebar berwarna hijau tua, batang berwarna ungu lembut, pangkal batang rata, dan pelepah daun pada pangkal batang tersusun membentuk kipas.

Rumput Setaria sangat cocok ditanam pada tanah dengan ketinggian 1200 m dpl dan dengan curah hujan tahunan minimal 750 mm, dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah dan tahan air. Budidaya dapat dilakukan dengan membagi tandan dan menanamnya pada jarak 60 x 60 cm. Pemupukan dilakukan pada tanaman berumur sekitar dua minggu dengan 100 kg urea/hektar yang ditambahkan 100 kg urea/hektar sebulan sekali. Produksi pakan ternak Setaria bisa mencapai 100 ton rumput segar/hektar/tahun.

 4. Turi

Kekhasan tanaman turi adalah pertumbuhannya yang cepat, tinggi tanaman bisa mencapai 10 meter dan bunganya berwarna merah muda atau putih dan berbentuk kupu-kupu. Turi dapat beradaptasi dengan gurun, tanah asam, terkadang tumbuh subur di tanah yang lembab. Daun kunyit merupakan pakan ternak yang potensial.

 5. Kaliandra

Tinggi tanaman kaliandra bisa mencapai 8 meter. Tanaman kaliandra dapat tumbuh di dataran rendah hingga 1500 mdpl, toleran terhadap tanah yang tidak subur, dapat tumbuh dengan cepat dan memiliki umbi sehingga tahan terhadap erosi tanah dan air.

Keunggulan Kalliandra dalam nutrisi hewani adalah sebagai bank protein. Penanaman kaliandra pada tanah yang kurang produktif dapat menghambat pertumbuhan rumput. Selain itu tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman anti erosi dan penyubur tanah. Daun kaliandra mudah kering dan dapat digunakan untuk membuat tepung kambing.

Ada baiknya jika Anda memberikan pakan ternak yang majemuk. Hal ini untuk memastikan kandungan dari masing-masing tumbuhan tersebut dapat saling melengkapi sehingga kambing merasa tercukupi dari segi kandungan gizi dan proteinnya. Ini juga mengurangi kebosanan kambing jika hanya disajikan satu jenis tanaman dalam satu waktu.

Kambing terlebih dahulu memilih daun-daun yang paling disukainya, ketika daun-daun yang disimpannya habis, barulah kambing itu memakan rumput jenis lain.  kunjungi juga web rumah mesin