Home bisnis Mengenal Industri FMCG dan Contoh Perusahaannya

Mengenal Industri FMCG dan Contoh Perusahaannya

14
0
industri fmcg

Perusahaan FMCG saat ini sedang banyak diminati oleh para pelamar kerja, karena perusahaan ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu industri FMCG, keuntungan bisnis FMCG, dan contoh perusahaannya.

 

Industri FMCG

Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan perusahaan di bidang industri produk konsumen yang paling kerap mereka konsumsi, agar barang terjual cepat. Barang-barang dari industri FMCG ini juga memiliki harga yang relatif murah dengan jumlah produksi yang tinggi sebab perputaran produknya yang sangat cepat.

Barang atau produk yang termasuk di dalam kategori perusahaan ini adalah barang-barang yang kebanyakan menjadi keperluan sehari-hari konsumen. Misalnya, makanan dan minuman kemasan, perlengkapan mandi, produk pembersih, dan lain-lain.

Karena produksi barang keperluan harian masyarakat, perusahaan ini, baik di Indonesia maupun luar negeri kebanyakan mendistribusikan produk mereka ke banyak tempat. Dengan begitu, mayoritas masyarakat bisa menemukannya dengan gampang di supermarket, minimarket, apotek, dan masih banyak lagi.

 

Jenis Produk FMCG

Jenis produk yang perusahaan FMCG jual adalah produk dengan usia simpan yang cenderung pendek. Hal ini sebab tingginya permintaan pembeli ataupun karena produknya yang gampang rusak, seperti daging dan produk susu.

Berikut adalah jenis-jenis produknya yang mesti Anda ketahui.

  • Makanan olahan, seperti kornet, bakso, sarden, pasta, keju, dan sereal.
  • Produk minuman, seperti air kemasan, jus, minuman berenergi, dan lain-lain.
  • Makanan fresh dan kering, seperti kacang, sayuran, kismis, buah-buahan, dan daging.
  • Makanan siap saji, seperti kentang goreng, donat, nugget ikan, dan mi instan.
  • Produk pembersih, seperti pembersih kaca, pembersih lantai, piring, dan sebagainya.
  • Obat-obatan, seperti obat penghilang rasa sakit yang bisa anda membeli tanpa resep dokter.
  • Perlengkapan ATK, seperti pulpen, pensil, buku, dan lain-lain.
  • Kosmetik dan peralatan mandi, seperti shampo, sabun mandi, sikat dan pasta gigi, dan sebagainya.
  • Makanan beku, seperti es krim.
  • Produk yang bisa disimpan di dalam kondisi kering, seperti kopi, teh, dan gula.

 

Keuntungan Bisnis FMCG

Jika Anda tertarik untuk berkarier atau berkecimpung di dalam usaha ini, berikut beberapa keuntungan dari industri FMCG.

1. Benefit yang Menarik

Perusahaan ini kebanyakan memberi benefit yang cukup menarik bagi para karyawannya. Tingkat benefitnya pun selalu berada di atas kebanyakan industri lainnya, sehingga banyak pekerja tertarik berkarir di dalam usaha ini.

Biasanya, perusahaan FMCG tidak hanya memberi tambahan gaji, namun juga bonus tertentu berupa car ownership, asuransi kesehatan, dan lain-lain.

2. Jangkauan Bisnis Luas

Produknya yang merupakan keperluan untuk konsumsi sehari-hari ini membuat perusahaan ini cenderung memiliki jaringan usaha yang luas di dalam sebuah negara.

Bahkan, tidak sedikit juga perusahaan yang mengembangkan bisnisnya hingga ke luar negeri. Dengan begitu, para karyawannya bisa berkesempatan untuk datang atau tinggal di negara lain.

3. Kesempatan untuk Belajar

Bisnis ini butuh talenta yang bisa bekerja dengan kondisi yang selalu berubah. Oleh sebab itu, perusahaann kebanyakan memberi kesempatan untuk para karyawan agar terus belajar hal-hal baru.

4. Tenaga Kerja yang Dinamis

Selain gampang beradaptasi dengan hal baru, tenaga kerja perusahaan FMCG juga mesti memiliki semangat tinggi untuk menghadapi kondisi dan juga tantangan baru. Sehingga, Anda akan tertantang sebab persaingan industri yang ketat.

 

Tantangan Bisnis FMCG

Tantangan bisnisnya ini berasal dari produknya yang kebanyakan memiliki margin keuntungan yang kecil, dan juga produk yang tidak bisa bertahan lama. Untuk menyiasati hal tersebut, perusahaan mesti bisa menjual produknya sebanyak, secepat, dan se-efisien mungkin.

Selain itu, perusahaan FMCG juga mesti mencari solusi atas pengaruh lingkungan sebab beberapa besar kemasan produk mereka bisa mencemari lingkungan. Kemudian, perusahaan juga mesti memikirkan cara memperpanjang usia simpan produk yang gampang rusak dan produksi barang dengan biaya lebih rendah.

 

Contoh Perusahaan FMCG di Indonesia

Perusahaan yang bergerak di dalam industri FMCG kebanyakan tersebar di beberapa negara. Salah satunya adalah Indonesia. Jika Anda tertarik bekerja di perusahaan tersebut, berikut beberapa perusahaan FMCG raksasa yang telah populer di Indonesia.

1. Unilever Indonesia

Unilever adalah perusahaan FMCG raksasa multinasional yang telah populer dengan banyak variasi produknya. Contohnya seperti Rinso, Lifebuoy, Molto, hingga Royco.

2. Indofood

Perusahaan FMCG raksasa yang satu ini, Indofood, sangat populer bahkan di mancanegara sebab produk mie instan Indomie yang telah mendunia.

3. Mayora

Selanjutnya, perusahaan yang memproduksi permen Kopiko, cemilan Beng Beng, Astor, Energen, hingga Kopi Torabika ini juga masuk ke dalam perusahaan FMCG raksasa, yaitu Mayora.

4. Nestlé

Anda pasti sudah tidak asing dengan produk Milo, Dancow, Koko Krunch, dan Nescafe, beberapa produk tersebut berasal dari perusahaan FMCG raksasa multinasional asal Swiss, Nestlé.

5. Wings Indonesia

Berikutnya, ada Wings Indonesia yang populer dengan produksi sabun, makanan dan minuman kemasan, hingga produk kosmetik dan perawatan diri. Salah satu produk Wings yang terkenal adalah deterjen Daia.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu FMCG, bukan? Sehingga tentunya sudah menentukan ingin bergabung ke perusahaan mana yang sekiranya menjanjikan untuk karier Anda kedepannya.