Home news Jenis-Jenis Kambing Di Indonesia Yang Bisa Anda Ketahui

Jenis-Jenis Kambing Di Indonesia Yang Bisa Anda Ketahui

10
0
jenis jenis kambing

Jenis-Jenis Kambing-Selain sapi serta ayam, kambing termasuk binatang yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Daging kambing kerap diolah menjadi berbagai hidangan yg lezat. Kambing ialah salah  satu jenis ruminansia binatang ternak yg banyak dibudidayakan oleh peternak tradisional. Produksi dan konsumsi daging kambing pada Indonesia memang tidak sebanyak daging sapi apalagi Jika dibandingkan dengan daging ayam. Kambing diperkirakan asal dari Asia barat.

Selain diambil dagingnya kambing pula diambil susunya. Susu kambing juga dikatakan memiliki beberapa keunggulan dibanding susu sapi. Susu kambing pun lebih cocok untuk daerah Asia khususnya yang beriklim tropis sebab mempunyai butiran lemak yang lebih besar dibanding susu sapi. Selain itu, susu kambing lebih tinggi dari susu sapi.

Jenis-Jenis Kambing Pada Indonesia

Setidaknya ada 12 jenis kambing yang diternakkan sang warga  pada Indonesia. Jenis-jenis kambing ini ada banyak ragamnya, ada yang memang mempunyai jenis genotipe orisinil Indonesia, namun ada juga yang merupakan yang akan terjadi impor dari luar negeri.

Beberapa kambing adalah persilangan bibit unggul yang persilangan tersebut bertujuan buat menerima bobot lebih yang tinggi serta kemampuan adaptasi yang kokoh. Apa saja jenis kambing tersebut? Mari, simak artikel ini dia!

Kambing Kacang     

Kambing kacang ialah jenis kambing lokal yang paling poly dibudidayakan di Indonesia. Tubuh kambing kacang relatif kecil dibandingkan dengan kambing lainnya. Tetapi mempunyai ketahanan yang sangat baik terhadap alam dan penyakit daerah tropis. Karena sifatnya yang tahan banting serta tak memerlukan perawatan yang ribet, kambing kacang banyak dibudidayakan secara subsisten atau sampingan.

Kepala kambing kacang ukuran kecil tanduknya pendek. Kedua telinga berdiri tegak dengan janggut  panjang. Ukuran kambing jantan dewasa bisa mencapai 30 KG sedangkan betinanya 25 Kilo Gram.

Bulu kambing kacang tipis, warnanya putih, hitam, coklat, dan kombinasi tiga warna. Karakteristik spesial lainnya pada kambing kacang jantan terdapat bulu yang tumbuh membujur mulai berasal leher, pundak, punggung hingga ke ujung ekornya

Kambing Jawarandu

Jenis kambing yang berikutnya dikenal menggunakan nama kambing jawarandu atau yang pula terkenal dengan nama lainnya, yaitu Bligon, Gumbolo, Kopolo, dan  Kacukan. Kambing Jawarandu merupakan kambing hasil persilangan kambing PE dengan kambing kacang. Peternak memilih kambing jenis ini, sebab memiliki ukuran tubuh yang lebih besar  daripada kambing kacang, perilakunya mudah buat digembalakan, serta mampu mengonsumsi aneka tumbuhan, baik dedaunan, pelet, juga rumput.

Ciri dari kambing jawarandu ialah memiiliki bobot yang lebih asal 40 kilogram, kambing jantan juga kambing betina mempunyai tanduk, bentuk telinga lebar yang terbuka, panjang, dan  terkulai.

Kambing Peranakan Etawa

Kambing peranakan etawa artinya jenis kambing yang berasal berasal yang akan terjadi persilangan antara kambing etawa (berasal India) dengan kambing kacang. Kambing peranakan etawa ini merupakan kambing yang diternakkan sebagai Produsen daging dan susu. Berat kambing Etawa dewasa sekitar 40 kilogram, dan betina dewasa – 35 kilogram. Ciri dari kambing peranakan, yaitu mempunyai telinga panjang serta terkulai, rona rambut bervariasi berasal coklat belia sampai hitam, ada rambut di bagian leher, dan  pundak lebih tebal dan agak panjang.

Kambing Boer

Sebagaimana namanya kambing boer dari berasal Afrika Selatan. Kambing ini ialah jenis kambing pedaging unggul. Pertumbuhannya sangat cepat buat berukuran kambing. Menginjak usia tiga bulan telah bisa mencapai bobot 35-45 Kilo Gram. Kambing jantan dewasa yang berumur dua-tiga tahun bisa mencapai bobot hingga 150 Kilo Gram, sedangkan betinanya 90 kg.

Ciri kambing boer mudah dikenali. Badannya lebar serta panjang dengan kaki yang pendek. Bulunya dominan putih, di bagian kepala berwarna coklat belia hingga coklat. Hidungnya konveks dengan indera pendengaran yang panjang menggantung ke bawah.

Kambing Gembrong

Kambing gembrong mempunyai bulu yang panjang serta lebat, bahkan hampir menutupi semua badan sampai kepalanya. Panjang bulu kambing jantannya mampu mencapai sekitar 25-30 centimeter.

Kambing gembrong merupakan hasil persilangan antara kambing Kashmir dengan kambing Turki yang dulu dijadikan hadiah buat bangsawan Bali. Bentuk serta berukuran tubuh kambing asal Bali ini seperti menggunakan kambing kacang.

Kambing Muara

Sinkron menggunakan namanya, jenis kambing muara ini mampu dijumpai pada Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Kaming muara mempunyai bentuk fisik yang kokoh dengan corak bulu antara cokelat kemerahan, serta putih menggunakan beberapa garis hitam memanjang berasal ketua hingga ke ekor.

Kambing muara mempunyai sifat prolifik serta produktif secara reproduksi. Kambing jenis ini mampu melahirkan berasal dua sampai empat anak pada satu kali persalinan. Lebih lanjut, induk kambing ini memiliki produksi susu yang berkualitas sebagai akibatnya semua anaknya bisa tumbuh sehat, meskipun tanpa donasi berasal susu tambahan.

Jika anda memiliki ternak kambing sendiri anda bisa menggunakan mesin pecacah rumput. Dengan menggunakan mesin itu akan mempermudah anda untuk memberikan pakan kambing.