Home news Cara Membuat Pakan Ayam dari Bekatul

Cara Membuat Pakan Ayam dari Bekatul

85
0

Cara Membuat Pakan Ayam dari Bekatul – Ayam membutuhkan makanan bergizi untuk menambah berat badan dengan cepat dan mendapatkan banyak daging. Peternakan broiler cenderung tumbuh dan memilih bibit unggul. Untuk menambah berat badan dengan cepat, ayam pedaging membutuhkan nutrisi untuk kualitas daging yang baik.

Ayam pedaging adalah ayam yang biasa dijual di pasar. Peternak harus memperhatikan pakan yang dimakan ayam. Agar ayam pedaging tetap sehat dan kuat, peternak membutuhkan pelet dan vitamin. Pelet pabrik dijual dengan harga murah. Secara umum, pelet merupakan bahan penting dalam budidaya ayam pedaging.

Cara Membuat Pakan Ayam Organik Untuk mendapatkan ayam yang berkualitas, peternak membutuhkan bahan organik. Pakan ayam terbuat dari bahan organik seperti jagung, pakan, sorgum, tepung ikan dan bekatul. Selain menghemat biaya produksi, makanan organik dapat meningkatkan kualitas daging ayam.

Bahan Pakan Ayam Jagung Tepung Singkong Tepung Ikan Tepung Darah Dedak Kedelai Tepung Kelapa Tepung Daun Pepaya Biji Kapuk Tepung Unggas Tepung Bulu Aditif Organik Persiapan Pakan Ayam

BACA JUGA : Manfaat Sekam Padi

Cara Membuat Pakan Ayam dari Bekatul

Cara Membuat Pakan Ayam dari Bekatul

Bekatul

merupakan bahan yang dibuat dengan cara menggiling atau menggiling biji-bijian menjadi beras. Ketika beras digiling, menghasilkan bubuk yang biasa dikenal dengan dedak. Bekatul ini sebenarnya adalah limbah dari nasi putih, bekatul sendiri sering digunakan sebagai bahan pakan ayam.

Kandungan gizi bekatul cukup tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan ayam. Saat memberi makan ayam gratis, gunakan bekatul kualitas halus hingga sedang, sedangkan dedak yang tidak terlalu halus atau kasar adalah ukuran tepung yang tepat. jika anda membutuhkan mesin giling sekam menjadi bekatul untuk pakan ternak kunjungi web tersebut

1. Pakan ayam dari tepung

Menyiapkan pakan ayam berupa tepung cukup sederhana. Anda bisa menggiling bahan pakan ayam di atas menjadi tepung. Setelah berubah bentuk, aduk bahan hingga rata. Kemudian pakan siap diberikan kepada ayam.

2. Pakan ayam berupa pelet

Campur bahan pakan ayam jadi satu hingga menjadi santapan. Kemudian kukus atau kukus makanan dengan suhu 80-90 derajat. Setelah proses penguapan, masukkan bahan ke dalam penggiling daging. Tunggu hingga bentuknya berubah di sepanjang jalan. Kemudian potong-potong dan jemur di bawah sinar matahari.

3. Pecahkan pelet makanan

Untuk membuat nutrisi butiran pecah, adonan digiling hingga menjadi tepung. Lalu campur semua bahan hingga tercampur rata. Bahan-bahannya dikukus dengan suhu 80-90 derajat. Umpan kemudian dicampur dengan saringan berlubang. Tekan bahan makanan hingga butirannya rontok. Lalu keringkan butirannya.

Jenis pakan ayam

Cara membuat pakan ayam dari bahan organik agar cepat tumbuh. Selain itu, Anda bisa membeli makanan dari pabrik untuk kebutuhan gizi. Agar ayam pedaging cepat gemuk, gunakan bahan pakan lokal. Berikut rekomendasi pakan ayam bernutrisi:

1. Dedak

Dedak terbuat dari beras atau gandum, dari mana tepung dibuat. Dedak adalah pakan ayam nutrisi yang banyak digunakan. Mengutip Gdm.id, 19 gram bekatul mengandung protein (22,8%), minyak dan lemak (83%), kalsium (0,02%) dan fosfor (0,27%).

2. Bekatul

Bekatul berasal dari butiran beras atau bekatul. Dedak setelah menggiling beras menjadi serpihan. Pakan ayam ini mengandung nutrisi penting yang membantu ayam menambah berat badan dengan cepat. Bekatul mengandung protein, air, serat kasar, lemak dan vitamin E.

Cara pertama membuat pakan ayam

Membuat pakan ayam kampung membutuhkan beberapa bahan yang harus dicampur menjadi satu agar tercipta pakan ayam yang sehat dan bergizi. Bahan-bahan di atas dibuat. Langkah-langkah pembuatan pakan untuk ayam kampung adalah :

  1. Mulailah dengan memotong atau menggiling umbi dan daun talas menjadi potongan-potongan kecil.
  2. Jika sudah, campur semua bahan yang sudah disiapkan yaitu nasi, tepung tulang dan bekatul lalu masukkan ke dalam blender.
  3. Jika sudah seperti ini, tambahkan air seperlunya lalu masak semua bahan tersebut hingga bahan tercampur rata dan hancur.
  4. Saat memberi makan ayam secara bebas, Anda perlu mengetahui takaran yang tepat agar hasil pemberian pakan memuaskan. Jika membuat 2 kg pakan ayam, sebaiknya menggunakan 1 kg akar talas, ½ kg bekatul dan ½ kg beras. Dengan campuran yang tepat ini, nutrisi dalam pakan lebih baik dan lebih efisien diserap oleh ternak.
  5. Jika ingin menambahkan tepung tulang sebagai pelengkap makanan, cukup tambahkan 1 sendok makan atau tambahkan tepung tulang secukupnya.
  6. Setelah semua bahan tersebut tercampur rata, angkat campuran pakan ayam yang sudah disiapkan dan dinginkan. Saat sudah dingin, pakan ini bisa langsung diberikan ke ayam kampung.

Dalam membuat pakan ayam kampung ini cukup mudah dan simple untuk memberikan pakan ini pada ayam kampung maka tidak perlu memberikan pakan dalam jumlah banyak setiap harinya. Pakan ayam ini hanyalah pakan alternatif jadi berikan pakan utama pada ayam supaya daya serap makanan lebih terjaga. kunjungi juga web rumah mesin

Apabila hanya memberikan akan buatan ini bisa saja ayam kampung akan mengalami gangguan pencernaan. Jika memberikan pakan alternatif dengan daya serat sedikit tentu gangguan pencernaan tidak akan terjadi.