Home bisnis Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal agar Cepat Besar dan Sehat

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal agar Cepat Besar dan Sehat

18
0

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal tidak begitu berbeda pada penggunaan kolam lainnya dan dapat diterapkan siapapun. Karena, apapun jenis dan metodenya segala unsur tentang pembudidayaan ikan sidat tak boleh terlewatkan sedikitpun jika ingin berhasil.

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal

Budidaya ikan sidat di kolam Terpal menjadi pilihan bagi banyak pembudidaya karena penerapannya lebih sederhana dan gampang. Hal tersebut disebabkan, bahan utama dalam pembuatannya yaitu terpal dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran serta harganya pun relatif terjangkau.

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal

1. Persiapan Kolam Terpal

Langkah pertama dalam budidaya ikan sidat ialah menyiapkan kolam terpal untuk dimulainya pembudidayaannya. Proses utamanya adalah menyiapkan terpal dengan ukuran yang disesuaikan dengan ketersedian lahan serta keinginan Anda saja.

Untuk ukuran idealnya, biasanya berdimensi 2x2x0,7 meter dan kedalaman sekitar 40 cm. Anda bisa memanfaatkan pompa 12 lubang agar membuat air terus mengalir. Namun, sangat disarankan menggunakan air bersumber dari sungai karena memiliki kesamaan seperti habitat aslinya.

2. Proses Pengelolaan Kolam

Supaya ikan sidat dapat tumbuh dengan cepat dan sehat, maka sangat dibutuhkan pengelolaan kolam yang baik dan sesuai ketentuan. Usahakan suhu di kolam ikan berada di 28 – 32 derajat celcius supaya pertumbuhan dapat berlangsung secara optimal.

Hal berikutnya yang harus Anda mengerti adalah memahami jenis ikan sidat yang akan nantinya dibudidayakan. Karena, setiap jenisnya mempunyai kebutuhan suhu berbeda. Seperti pembudidayaan elver kolam mesti bersuhu sekitar 29-33 derajat celcius agar mengoptimalkan pertumbuhannya.

3. Memastikan Tingkat Ph Air

Cara budidaya ikan sidat di kolam Terpal berikutnya adalah pastikan keasaman atau tingkat Ph air harus yaitu berkisar 7 sampai 8. Hal tersebut dikarenakan, jenis ikan ini suka akan habitat dengan keasaman normal dan tak kurang dari angka 7 sebab bisa menimbulkan rasa stres hingga kematian.

Apabila Anda mau meningkatkan keasaman pada kolam, maka dibutuhkan proses lainnya yaitu oksidasi untuk mengurangi kadar oksigen dalam air. Untuk jenisnya, oksigen terlarut lebih baik guna pertumbuhan ikan. Oleh karena itu, pengoptimalan kondisi pada air kolam perlu diperhatikan.

4. Pemeliharaan Ikan Sidat Di Kolam Terpal

Pemeliharaan ikan sidat dapat dimulai dengan memilih jenis bibit yang digunakan untuk budidaya. Pada dasarnya proses ini bisa dikatakan sulit karena dibutuhkan pengetahuan dan memahami akan jenis bibit berkualitas supaya pembudidayaan bisa berjalan sesuai ketentuan serta keinginan.

Selain itu, yang tidak boleh dilupakan prosesnya ialah penebaran benih. Untuk jenis ikan ini terdapat dua cara yaitu glass eel dilakukan pada kolam fiber berkapasitas 500 liter serta yang kedua ialah elver. Jangan lupa kolam dilengkapi sinar UV, aerasi, hingga bak filter.

5. Masa Panen

Semua proses tersebut pada akhirnya akan berpengaruh langsung ke tahap yang satu ini yaitu panen. Mulai dari manajemen hingga kontrol pemberian pakan, dampaknya bisa Anda rasakan saat pemanenan ikan berlangsung. Buruk atau baiknya bergantung pada proses budidayanya.

Ikan sidat umumnya untuk mencapai masa panen mempunyai bobot berkisar 180-230 gram per ekornya. Dalam prosesnya, bisa menggunakan metode dipancing memakai pakan pelet. Selain itu, bisa juga menggunakan cara menguras kolam apabila panen ingin dilakukan secara sekaligus.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa cara budidaya ikan sidat di kolam terpal yang bisa diterapkan bahkan untuk pemula. Pastikan semua prosesnya berjalan sesuai ketentuan, mulai dari pembuatan kolam hingga masuk ke masa panen.