Home news Budidaya Rumput Odot Sebagai Sumber Pakan Ternak

Budidaya Rumput Odot Sebagai Sumber Pakan Ternak

15
0

Jenis Rumput Pakan Ternak

  1. persyaratan lahan

Rumput odot tumbuh pada berbagai jenis lahan agroekosistem dengan ketinggian diatas permukaan laut berapapun, lumayan gampang bukan! untuk mencapai produksi yang bagus yaitu dengan menyiapkan tanah seperti membersihkan tanah dari gulma atau tanaman pengganggu dan semak belukar sehingga rumput odot bisa tumbuh dengan optimal.

Jika lahan yang akan dimanfaatkan dalam budidaya rumput odot adalah lahan bukaan baru atau bekas dari semak serta pepohonan lebih baik manfaatkan traktor rotari yang bertujuan untuk tanah yang diolah secara merata. Kemudian lakukan pemupukan dasar. selain itu lebih baik menyiapkan tanah dengan membuat gundukan tanah atau sering disebut guludan dengan ukuran lebar 60 sampai 80 cm serta tingginya 20 cm.

  1. pemilihan benih rumput odot yang baik dan benar.

benih rumput odot yang bagus terlihat awal batangnya yang besar serta padat, juga jumlah unggulan anakan atau ruas cukup pendek, benih type ini dihasilkan bermula tumbuhan yang terpenuhi kebutuhan airnya, karena tumbuhan yang rendah air bakal menghasilkan benih yang keras, kecil, serta jarang antar ruas kurang lebih 1 hingga 3 centimeter.

Walaupun jika sampai 5 centimeter bisa membuahkan tumbuhan yang lambat pertumbuhannya serta cebol. Kemudian bagaimanakah jika anda memperoleh batang yang mungil? jika keadaan tumbuhan terlihat sehat dan dimungkinkan buat dipacu pertumbuhannya, lantaran kalaupun batang benih besar jika kurang perawatan akhirnya tidak sebagus yang dirawat dengan tepat.

  1. pola tanam rumput odot

rumput odot bisa ditanam dengan pola mono kultur atau dalam satu tanah yang cuma ditanami rumput odot saja. Tetapi rumput odot ini bisa ditanam untuk tanaman sela yang dipadukan dengan hijauan lain sebab tanaman ini mempunyai ukuran lebih pendek, rumput odot ini bisa dimanfaatkan untuk menahan erosi lahan.

 

  1. penanaman rumput odot

budidaya rumput odot dilakukan secara monokultur (cuma menanam odot saja) dalam satu tanah, namun pada berbagai lokasi dijumpai peternak yang menanam dengan tanaman sela yang dipadukan dengan tanaman lain dalam satu lokasi tanah contohnya ditanam pada pinggir pematang sawah, atau di sela tanaman perkebunan (kelapa) dengan catatan memperoleh sinar matahari yang cukup. hal tersebut sebab rumput odot mempunyai tinggi yang terbilang lebih pendek kalau dibandingkan dengan jenis rumput hijauan pakan unggul yang lain.

penanaman rumput odot dilakukan dengan metode stek batang dengan ketentuan 2/3 panjang ditancapkan pada tengah guludan dengan kemiringan 300. jarak tanam yang dimanfaatkan minimal yaitu 50 cm x 50 cm atau lebih baik jarak tanam 75 cm dalam barisan serta 75 hingga 150 cm antar barisan. jarak tanam tersebut bertujuan supaya kalau anakan dalam satu rumpun sudah tumbuh semua mempunyai potensi sebanyak 60 anakan sehingga di selanjutnya hari tidak akan saling berdesakan (berhimpitan).

  1. pemupukan rumput odot

untuk pemupukan dasar, berikan pupuk kandang kira – kira 3 ton per hektar lahan. untuk mempercepat pertumbuhan rumput odot bisa diberi pupuk kembali sesudah berusia sekitar 15 hari sesudah tanam dengan memanfaatkan npk sebanyak 60 kg/hektar serta pupuk cair atau urin kambing fermentasi dimanfaatkan bahan pupuk cair untuk pemupukan dengan aplikasi disemprotkan ke tanaman tanah.

Baca juga: Bisnis Rumput Pakan Ternak Bisa Beromset Jutaan.

  1. perawatan tanaman

perawatan dalam budidaya rumput odot yaitu pengairan, penyiangan, serta pengendalian hama. pengairan atau penyiraman air dilakukan ketika terjadi musim kemarau tidak ada hujan serta tanah dalam keadaan kering. tanah yang basah tidak butuh dilakukan penyiraman air sebab tanaman rumput odot yang terendam air dalam jangka lama bisa membusuk.

rumput odot dalam keadaan kekurangan air akan berpengaruh pada batang yang keras, ukuran kecil, serta beruas jarang dengan jarak 1 hingga 3 cm bahkan sampai 5 cm yang menandakan kalau tanaman dengan pertumbuhan yang lambat serta kerdil. oleh sebab itu contohnya kalau terjadi kemarau sampai 2 minggu tidak ada hujan sedangkan tanah telah mulai kering disarankan dilakukan penyiraman pada tanaman rumput odot.

  1. pemanenan rumput odot

rumput odot bisa dipanen sesudah berusia sekitar 70 hari sampai 80 hari. ciri rumput odot yang siap panen yaitu ada ruas batang sudah berukuran 15 cm. Usia panen saat musim penghujan yaitu 35 hingga 45 hari, pada saat musim kemarau yaitu 40 hingga 50 hari.

cara pemanenan rumput ini adalah dengan memangkas rumput pendek sejajar dengan tanah. Tetapi direkomendasikan untuk pemanenan pertama kali dipanen sesudah 60 hari atau lebih atau tunggu sampai batangnya berukuran sekitar 30 cm sampai 40 cm.

Sebelum memberikan rumput odot untuk hewan ternak sebaiknya rumput dicacah terlebih dahulu menggunakan mesin pencacah rumput.