Home news Apa Pengertian Bisnis? Berikut Penjelasannya, Tujuan, dan Fungsi

Apa Pengertian Bisnis? Berikut Penjelasannya, Tujuan, dan Fungsi

9
0
apa pengertian bisnis
Apa pengertian bisnis? pasti sering kita mendengar kata “bisnis”. Secara historis, kata “bisnis” berasal dari kata bahasa Inggris busy yang berarti “sibuk” dalam kaitannya dengan individu, komunitas atau masyarakat. Sederhananya, bisnis adalah kegiatan di mana kegiatan atau pekerjaan yang bermanfaat dilakukan.

Pada saat yang sama, bisnis dalam konteks entitas mengacu pada organisasi atau entitas lain yang terlibat dalam kegiatan komersial, profesional, atau industri untuk mendapatkan keuntungan.

Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih lengkap tentang kesepakatan tersebut dengan mendengarkan percakapan di bawah ini!

Apa itu bisnis?

Bisnis merupakan kegiatan atau kegiatan individu atau organisasi yang melibatkan pembuatan, pembelian, penjualan atau bahkan pertukaran barang/jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau keuntungan.

Dengan kata lain, bisnis adalah kegiatan waktu memulai bisnis yang dilakukan oleh individu atau organisasi yang melibatkan proses pembuatan, pembelian, penjualan atau pertukaran barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Apa itu Yandex

Apa Pengertian Binis Menurut Para Ahli?

Hughes dan Kapoor

Definisi bisnis adalah kegiatan individu yang terorganisir yang bertujuan untuk memproduksi dan menjual barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Brown dan Pretello

Pengertian korporasi adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat dan segala sesuatu yang meliputi berbagai korporasi yang dikuasai oleh pemerintah dan swasta, baik yang mencari keuntungan maupun tidak.

Jeff Madura

Pengertian bisnis adalah bisnis yang menghasilkan produk atau jasa yang diinginkan pelanggan.

L R Dicksee

Definisi bisnis adalah suatu bentuk kegiatan yang tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan keuntungan bagi mereka yang terlibat atau berkepentingan dalam kegiatan itu.

Konsep dan Tujuan Bisnis

apa pengertian bisnis

Konsep dalam Bisnis

Secara umum, sebuah konsep bisnis memiliki beberapa komponen utama, yaitu:

  • Strategi inti yaitu visi dan misi perusahaan yang merangkum hal-hal ideal yang diharapkan dari perusahaan.
  • Sumber daya strategis (strategic resources), yaitu semua yang terkait dengan kompetensi kunci, proses inti dan sumber daya strategis.
  • Agen pelanggan (antarmuka pelanggan), semuanya terkait dengan komunikasi, dukungan dan implementasi, dinamika hubungan, dan struktur harga.
  • Jaringan nilai tambah, mis. semua jaringan bernilai tambah yang dapat memperkuat dan melengkapi sumber daya perusahaan.

Tujuan Binis

  • Beberapa tujuan bisnis adalah sebagai berikut:
  • Untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis.
  • Pembelian barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  • Mencapai kesejahteraan produsen dan pemilik masyarakat.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
  • Menunjukkan eksistensi perusahaan dalam jangka panjang. Meningkatkan kemajuan sosial dan pertumbuhan ekonomi secara umum.
  • Tunjukkan gengsi dan prestasi.

fungsi bisnis

Setiap usaha atau kegiatan mempunyai tugas untuk mengubah sesuatu yang tadinya kecil nilainya menjadi sesuatu yang bernilai yang setelah diolah dapat melayani kebutuhan masyarakat.

Di bawah ini adalah beberapa fitur bisnis di antaranya sebagai berikut:

  1. Form Utility, ini adalah fungsi produksi dimana suatu bisnis menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya, perusahaan furnitur dan perusahaan jasa keuangan.
  2. Place Utility, merupakan fungsi distribusi dimana suatu bisnis mendistribusikan barang atau jasa ke lokasi terdekat yang dapat diakses oleh konsumen.
  3. Utilitas Kepemilikan, ini merupakan fungsi penjualan dalam suatu perusahaan.
  4. Time Utility, ini adalah fungsi penyimpanan sekaligus pemasaran dalam bisnis dimana barang yang kurang berguna pada saat yang sama, untuk ditransfer kemudian ketika barang tersebut lebih berguna.

Menurut Steinhoff dalam bukunya The World Of Business (1979), perusahaan memiliki tiga fungsi utama, antara lain:

  1. Mendapatkan bahan baku berarti menemukan bahan baku.
  2. Mengolah bahan baku menjadi produk artinya bahan mentah dapat diolah menjadi produk jadi.
  3. Distribusi produk ke konsumen berarti bahwa produk yang dihasilkan dapat didistribusikan ke konsumen.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Bisnis, Tujuan, Fungsi semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Dan apabila anda perlu berbagai informasi atau usaha anda dapat mengunjungi situs tarijame.com