Home news Algoritma Google dan SEO

Algoritma Google dan SEO

89
0
Algoritma Google dan SEO

Algoritma Google dan SEO bekerja untuk memberikan hasil pencarian yang paling relevan. Setiap waktu tertentu, algoritma Google memang terus berubah. Hal tersebut dilakukan agar Google dapat memberikan hasil pencarian terbaik dan relevan untuk penggunanya. Alhasil, pengalaman pengguna juga akan semakin baik.

Sebagai bagian dari proses digital marketing, tentunya orang orang yang terlibat dalam bidang tersebut perlu memahami algortima Google. Baik itu SEO Specialist, Social Media Manager, Content Writer, Blogger, hingga Influencer.

Mengetahui cara kerja algoritma tersebut dapat membantumu dalam menentukan strategi SEO atau digital marketing yang tepat.

Karena, peringkat website cukup dipengaruhi oleh traffic pengguna yaitu bagian dari algoritma Google.

Maka dari itu, pembahasan tentang cara kerja algoritma terbaru Google sangat penting untuk selalu andaperhatikan.

Algoritma Google

Algoritma pencarian Google terdapatlah sistem kompleks yang memungkinkan Google untuk menemukan, memberi peringkat, dan mengembalikan halaman yang paling relevan untuk kata kunci pencarian tertentu.

Lebih akuratnya, sistem pemeringkatan keseluruhan terdiri dari beberapa algoritma yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Sepeeti, kualitas pencarian, relevansi, dan kegunaan halaman situs.

Selanjutnya selain itu, dikatakan juga bahwa algoritma terdapatlah sistem ranking yang dibuat oleh Google untuk menampilkan hasil pencarian yang palung relevan dengan kata kunci yang dicari.

Artinya, jika ingin blogmu berterdapat di urutan teratas hasil pencarian, maka anda Perlu mematuhi algoritma Google. Jika tidak sesuai dengan kriteria Google, maka visibilitas blogmu dapat jadi semakin menurun.

Itulah mengapa Google terus memperbarui algoritmanya. Tujuannya terdapatlah agar Google dapat meningkatkan kualitas hasil pencarian. Bahkan, Google pernah melakukan update lebih dari 3000 kali dalam setahun.

Pembaruan algoritma tersebut bukan berarti mengganti total algortima lama. Sebagian update dilakukan untuk menyempurnakan atau menguatkan algoritma yang telah berjalan.

 Cara Kerja Algoritma Google

1. Arti Kueri

Untuk memberikan hasil pencarian yang relevan, Google Perlu memahami apa sebenarnya yang sedang dicari oleh pengguna. Google Perlu memahami hal hal berikut:

Apa sebenarnya arti atau makna dari kata kata yang dicari?
Apakah kata-kata yang dicari rentan terhadap perubahan seiring berjalannya waktu dan memerlukan informasi yang terkini?

Sebagai contoh, kueri “sepatu lokal murah” cukup jelas dipahami, baik dari segi makna inginpun tujuan pengguna.

Tetapi, terkterdapatng terdapat kueri yang sulit dipahami. Sebagai cContoh, kueri “sepatu” mempunyai makna yang sangat umum.

2. Relevansi Halaman

Kedua, mesin pencari Google Perlu menemukan halaman web yang relevan dengan kata kunci yang dicari. Dengan kata lain, Google Perlu menampilkan halaman web yang dapat menjawab pertanyaan pengguna.

Makin spesifik kata kunci yang digunakan, semakin relevan halaman yang muncul. Sebagai contoh, jika andamencari “sepatu lokal terbaik”, tentu akan langsung muncul kumpulan artikel rekomendasi brand sepatu lokal.

Lebih lengkapnya baca juga jasa penulisan artikel seo

Tetapi, jika hanya mencari kata “sepatu”, maka hasil pencarian juga tidak akan spesifik.

3. Kualitas Konten

Sangat mungkin terdapat jutaan halaman untuk setiap kata kunci yang dicari. Maka dari itu, Google Perlu mengutamakan halaman yang menyajikan konten berkualitas dan menunjukkan kredibilitas.

Salah satu elemen kuncinya terdapatlah algoritma PageRank yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas tautan yang mengarah ke sebuah halaman web.

Algoritma PageRank terdapatlah salah satu dari banyak algoritma yang merupakan bagian dari sistem peringkat Google.

PageRank terdapatlah nilai numerik yang ditetapkan ke setiap halaman untuk membantu memprioritaskan hasil pencarian.

Terdapat 3 faktor utama yang mempengaruhi PageRank, yaitu:

  • jumlah backlink.
  • kualitas (PageRank) dari halaman yang ditautkan.
  • jumlah link pterdapat halaman yang ditautkan.

Sederhananya, semakin banyak backlink dari halaman berkualitas yang andatautkan, semakin tinggi kemungkinan Google akan menganggap halaman webmu sebagai halaman berkualitas tinggi.

4. Kegunaan Halaman

Setelah membahas relevansi dan kualitas konten, anda Perlu memastikan bahwa situs webmu mempunyai kegunaan dan user friendly. Sepeeti, halaman webmu Perlu cukup responsif, mempunyai UI yang bagus, mudah dimuat, dan cukup aman.

Sepeeti, Google memasukkan Core Web Vitals yang merupakan satu set metrik yang terkait dengan kecepatan, responsivitas, dan stabilitas visual. Metrik tersebut dimasukkan ke dalam algoritma sebagai faktor penentu peringkat Google pterdapat tahun 2021.

5. Konteks dan Pengaturan

Terakhir, hasil pencarian sangat dipengaruhi oleh preferensi pengguna. Di antaranya mencakup lokasi pengguna, sejarah pencarian, dan preferensi pencarian. Seperti, hasil pencarian untuk kata kunci “sepak bola” di dua negara yang berbeda tentu juga akan berbeda.

Pembaruan Algoritma Google

Pembaruan algoritma Google dibedakan menjadi minor updates dan core updates.Google sering melakukan perubahan pada algoritmanya, bahkan beberapa kali dalam sehari.

Minor updates pada umumya dilakukan setiap hari dan sangat sering, Tetapi tidak akan disterdapatri oleh penggunanya. Sebaliknya, pembaruan besar dilakukan setiap tahun dan umumnya dirasakan oleh individu yang memiliki pemahaman tentang SEO.

Terdapat tanggal 25 Mei 2022, Google mengumumkan perilisan The May 2022 Core Update yang memakan waktu selama 1 sampai 2 minggu. Tersebiut adalah beberapa aspek yang mengalami perubahan dalam pembaruan algoritma Google Mei 2022:

Peningkatan sistem Google secara keseluruhan. Google menargetkan bahwa core updates tersebut akan memberikan efek yang lebih luas, seperti peningkatan atau penurunan SERP (Search Engine Result Pages). Pembaruan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kinerja pencarian Google.

Pengaruh performa website. Proses update tersebut pada umumya akan mempengaruhi performa situs web. Sepeeti, mengalami penurunan atau peningkatan traffic. Selama periode pembaruan, peringkat situs dapat mengalami perubahan yang fluktuatif.
Sediakan konten berkualitas. Pembaruan algortima Google dapat menganggu kinerja situs web. Maka dari itu, sangat penting menghasilkan konten yang berkualitas agar dapat mempertahankan peringkat web pasca update.

Untuk mengoptimasi halaman situs web agar sesuai dengan update algoritma Google, terdapat beberapa hal yang perlu andaperhatika.

Anda perlu menggunakan berbagai fitur yang dapat meningkatkan SERP. Sepeeti, menggunakan Google Search Console, HTTPS, inginpun peningkatan kualitas SEO.