Home Travel Bertualang di Dataran Kedu Yogyakarta, Surganya Candi di Indonesia

Bertualang di Dataran Kedu Yogyakarta, Surganya Candi di Indonesia

214
0

Di Jogja terdapat Dataran Kedu atau biasa di sebut dengan Dataran Prambanan yang merupakan dataran vulkanik subur yang membentang luas antara Gunung Merapi di utara dan daratan rendah Bantul di selatan, deretan bukit kapur di sisi timur serta Pegunungan Menoreh di sisi barat. Saat ini kawasan Dataran Kedu masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, bagian utara Kabupaten Gunung Kidul yang merupakan wilayah dari Daerah Istemewa Yogyakarta. Dan menjadi salah satu destinasi wisata jogja andalan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Debu vulkanis dari Gunung Merapi menyebabkan banyak orang membuka lahan pertanian di kawasan ini karena tanahnya yang subur. Kemudian kawasan ini menjadi cikal bakal peradapan manusia khususnya masyarakat Jawa. Dalam sejarahnya lokasi ini kemudian terkenal dengan dengan sebutan Mataram dan menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Medang atau Mataram Hindu Buddha dari abad 8 hingga abad 10 Masehi. Setelah itu di lanjutkan pada periode Kesultanan Mataram pada abad ke-16 M. Selama lebih dari seribu tahun, kawasan ini berperan penting dalam sejarah dan kebudayaan Jawa karena banyak peninggalan-peninggalan arkeologi yang teramat penting. Terdapat ratusan bangunan candi yang dibangun pada periode Kerajaan Medang pada abad ke-9 sebelum pusat pemerintahan di pindah ke Jawa Timur oleh Mpu Sendok. 

Peninggalan bersejarah ini menjadi destinasi wisata jogja yang saat ini masih bisa disaksikan oleh para generasi sekarang.  peninggalan berupa candi-candi yang berdiri kokoh di dataran ini antara lain:

  1. Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jongrang yang terkenal dengan keindahan dan kemegahannya. Terdiri dari 3 candi utama dan ratusan candi pendamping membuat candi ini menjadi salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Keindahan candi ini tidak diragukan lagi, ratusan wisatawan datang untuk melihat kemegahan dari candi Hindu terbesar di Indonesia ini.

  1. Candi Sewu

Dekat dengan Candi Prambanan berdiri sebuah candi Budha yang tidak kalah meganya yaitu Candi Sewu. Candi ini masih berada satu komplek dengan Candi Prambanan dan hanya berjarak 700 meter. Dibangun sebagai tempat ibadah umat Budha, candi ini terdiri dari satu candi utama dan rastusan candi kecil yang mengelilinginya.

  1. Istana Ratu Boko

Peninggalan selanjutnya adalah Istana Ratu Boko. Situs ini merupakan bekas istana atau keraton dari raja Medang. Lokasinya hanya 5 kilometer arah timur Candi Prambanan. Berdiri di atas sebuah bukit, membuat situs ini sangat unik dan menarik. Pengunjung yang datang bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah dari atas bukit.

Selain candi-candi tersebut masih banyak lagi candi-candi lainnya yang berdiri di Dataran Kedu. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi candi-candi tersebut bisa menggunakan jasa paket tour wisata jogja agar perjalanan anda lebih mudah.