Home news Tujuan Membuat Landing Page Website pada Bisnis

Tujuan Membuat Landing Page Website pada Bisnis

36
0
tujuan membuat landing page

Saat Anda memasuki sebuah website, Anda pasti akan menemukan halaman yang mengajak Anda untuk mengambil tindakan. Tujuan membuat landing page untuk mendaftar suatu acara atau daftar keanggotaan, membeli produk, memasukkan email, dan lain sebagainya.

Nah, halaman inilah yang disebut dengan landing page. Cari tahu pengertian landing page selengkapnya dan tujuannya di artikel ini, yuk.

 

Memahami Landing Page

Landing page adalah halaman pada website yang dirancang untuk mengajak, membujuk, atau mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu.

Beberapa tindakan yang diharapkan antara lain mengumpulkan informasi kontak, mendaftarkan akun, RSVP ke suatu acara, melakukan pembelian, dan lain sebagainya.

Lantas, apa tujuan pemilik website membuat landing page? Lanjutkan membaca artikel ini sampai akhir.

 

Tujuan Landing Page untuk Situs Web Bisnis

Tujuan Landing Page untuk Situs Web Bisnis

 

1. Kumpulkan Informasi Kontak

Salah satu tujuan utama landing page adalah untuk mengumpulkan informasi kontak pelanggan potensial.

Pengunjung biasanya diminta mengisi formulir berisi nama, alamat email, nomor telepon, atau informasi lain yang berguna bagi bisnis untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan mereka.

2. Sarana Mempromosikan Produk & Jasa

Anda sebagai pemilik website dapat membuat landing page dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa tertentu.

Di halaman ini, Anda tinggal memasukkan berbagai produk dan layanan bisnis yang ingin Anda promosikan, lengkap dengan informasi yang relevan. Misalnya spesifikasi produk dan kelebihannya, manfaatnya, dan lain sebagainya.

Prinsipnya, semua informasi yang Anda sertakan harus mampu menarik perhatian audiens Anda dan mendorong mereka untuk mencari tahu lebih jauh atau bahkan melakukan pembelian.

3. Mengarahkan Tindakan Tertentu

Tujuan landing page pada sebuah website juga bisa berupa arahan atau saran kepada audiens untuk melakukan tindakan tertentu yang diinginkan.

Misalnya saja untuk mendownload e-book yang mungkin dibutuhkan oleh audiens, anjuran untuk segera mendaftar webinar, atau mencoba layanan yang sudah Anda sediakan secara khusus.

4. Dapat Meningkatkan Konversi dan Keuntungan BisnisTujuan landing page

Menguntungkan pemilik bisnis berikutnya adalah meningkatkan peluang konversi, baik dalam bentuk pemesanan produk maupun pembelian langsung.

Tentukan bahwa ketika banyak audiens mengklik dan akhirnya membeli produk yang Anda tawarkan, maka keuntungan bisnis Anda akan meningkat.

5. Meningkatkan Brand Image dan Kepercayaan Pelanggan

Website bisnis dengan landing page yang bagus akan terlihat lebih profesional. Penyampaian informasi lebih jelas, spesifik dan dapat menjangkau target audiens dengan lebih baik. Hal ini tentu akan meningkatkan citra merek.

Sekaligus, website bisnis yang memiliki tampilan profesional, informasi jelas, dan memiliki UI/UX yang baik, dapat membuat pelanggan semakin yakin bahwa bisnis Anda kredibel dan dikelola dengan baik.

6. Personalisasikan Pesan dan Kurangi Distorsi

Menggunakan landing page memungkinkan Anda mempersonalisasi pesan dan informasi hanya untuk audiens target yang lebih spesifik. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan untuk terhubung dengan bisnis Anda.

Kemudian, ketika informasi hanya terfokus pada satu topik yang secara khusus Anda tuju untuk menjangkau audiens tertentu, hal ini dapat mengurangi distorsi atau distraksi yang dapat mengalihkan perhatian audiens ke hal lain.

7. Memudahkan pengukuran kampanye

Saat menjalankan kampanye atau menjalankan iklan berbayar, penggunaan landing page akan membantu mempermudah pelacakan jumlah pengunjung, jumlah klik, tingkat konversi, bahkan mengukur Return of Investment (ROI).

Nah, Anda sudah tahu pengertian landing page dan tujuannya. Sekarang pertanyaannya, apakah Anda siap membuat landing page? Untuk itu Anda dapat menggunakan jasa pembuatan landing page, tetapi Anda tidak perlu khawatir jika ingin membuat landing page. Anda bisa mencari referensi seperti contoh landing page kosmetik untuk bisnis kecantikan.