Home lifestyle Sejarah Ultras Dan Perkembangannya

Sejarah Ultras Dan Perkembangannya

4
0
Sejarah Ultras Yang Harus Diketahui

Sejarah ultras – Ultras diambil dari bahasa latin yang memiliki arti “di luar kebiasaan”. Jadi dari pergertian dan maknanya saja bisa untuk kita simpulkan, apa itu ultras ? ultras ini bukan pendukung atau suporter yang memberikan dukungan pada tim favoritnya secara biasa atau sekedar menyaksikan sepakbola di stadion saja.

Sejarah Ultras Yang Harus Diketahui

Karakter mereka coba di sampaikan dengan cara yang berbeda dari gaya suporter di era sebelumnya dengan memiliki beberapa ciri khusus. Seorang ultras akan senantiasa memberikan dukungan pada tim favoritnya dengan berdiri hingga pertandingan selesai. Mereka biasanya akan berkelompok dan memberikan yel-yel atau chart dan juga nyanyian tertentu untuk membakar semangat bertading para pemain yang didukungnya. mereka tidak mengenakan jersey.

Selain itu, mereka juga biasa memiliki kebiasan untuk memancing perhatian dengan menyalakan kembang api atau flare dan membentangkan syal serta atribut-atribut tim yang berukuran besar. Bahkan mereka kadang juga membentangkan spanduk yang berisikan pesan tententu dengan ukuran yang sangat besar.

Sejarah Ultras

Menurut catatan sejarah, munculnya ultras sebenarnya di ilhami dari aksi demontrasi yang dilakukan anak-anak muda saat ketidakpastian politik yang melanda di Italuia pada era tahun 1960an. Nah, jadi sebenanya ultras ini merupakan bagian simpati politik dan represetasi ideologi yang kemudian menular pada saat mereka memberikan dukungan pada tim sepakbola favoritnya.

Sejauh ini negara-negara yang masih terkenal dengan ultrasnya seperti Italia dan Argentina. Hal ini bisa kita buktikan dengan menyaksikan pertandingan sepakbola dari liga kedua negara tersebut. Di mana para suporternya masih menjaga prinsip-prinsip dan perilaku ultras saat hadir di stadion baik laga kandang maupun tandang. Tak aneh jika ketegangan-ketegangan dan suasana panas masih sering mewarnai di liga kedua negara tersebut.

Dari uraian secara singkat diatas. Bisa kita tarik kesimpulan jika ultras merupakan bagian dari suporter sepakbola yang memiliki ciri khas tersendiri dalam memberikan dukungan untuk tim sepakbola favorintnya. Bahkan seiringnya waktu berjalan, terkadang ultras juga di labeli sebagai supoter garis keras atau yang terdepan.

Sepakbola tanpa suporter bagai sayur tanpa garam.. vivere ultras