Home news Resep Bikin Sistik Renyah Dan Gampang

Resep Bikin Sistik Renyah Dan Gampang

9
0
resep bikin sistik renyah

Sistik atau yang biasa disebut stik bawang adalah camilan gurih yang nikmat. Biasanya, sistik hadir saat ada perayaan spesial, termasuk Hari Raya Idulfitri.

Rasanya yang gurih dan renyah bikin camilan ini mudah disukai banyak orang. Memang bukan hal sulit untuk menemukan sistik, karena banyak toko dan supermarket yang menjualnya. Di kesempatan kali ini saya akan membagikan tips resep bikin sistik renyah dan gampang, yuk simak ulasan di bawah ini.

Resep Bikin Sistik Renyah

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram tepung sagu
  • 100 ml santan
  • 5 siung bawang merah kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • 2 batang daun bawang
  • 500 ml minyak sayur
  • 1/2 sdtbaking powder
  • garam secukupnya

Cara Membuat sistik renyah:

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, tepung sagu, baking powder, dan garam. Aduk semua bahan tersebut dengan whiskhingga tercampur merata. Sisihkan sejenak.
  2. Setelah itu, kupas bawang merah dan putih hingga bersih. Masukkan ke dalam food processor dan haluskan hingga lembut, lalu sisihkan ke wadah.
  3. Masukkan bawang merah dan bawang putih halus ke dalam campuran tepung. Aduk dengan whisk sampai tercampur rata.
  4. Selanjutnya, masukkan telur dan tuang santan perlahan. Segera aduk adonan sampai tepungnya larut dan menjadi adonan yang sedikit padat. Uleni dengan spatula agar lebih lembut.
  5. Apabila adonan sistik sudah jadi, giling adonan dengan rolling pin hingga tipis. Kalau sudah, siapkan mesin penggiling yang biasa dibuat menggiling mi dan pasta.
  6. Setelah itu, giling kembali adonan dengan penggiling pasta. Lakukan sebanyak 2-3 kali penggilingan hingga licin. Hentikan kalau sudah mencapai ketebalan yang diinginkan.
  7. Potong-potong adonan secara memanjang, lalu sisihkan. Kemudian, panaskan cukup banyak minyak di dalam wajan dan tunggu hingga mendidih.
  8. Goreng adonan sistik hingga kuning kecokelatan dan mengapung. Segera angkat dan tiriskan sistik hingga tuntas. Sistik yang renyah siap dinikmati atau disimpan di stoples.
Baca Juga: cara membuat kue sistik renyah dan gurih 

Manfaat Bahan-Bahan Sistik

Manfaat Bahan-Bahan Sistik

1.Tepung Terigu Protein Sedang

Karena kandungan proteinnya lebih tinggi dibanding tepung sebelumnya, maka tepung protein sedang ini lebih banyak memiliki kandungan gluten di dalamnya.

jenis tepung terigu protein sedang ini sebagai bahan campurannya. Penggunaan tepung terigu jenis ini memang dimaksudkan agar mendapatkan struktur adonan kue yang lebih kokoh saat sudah jadi.

2.Tepung Sagu

1. Memberikan banyak energi

Kandungan karbohidrat dalam jumlah banyak di dalam sagu bisa menjadi alternatif yang sangat baik sebagai suplemen alami penambah energi dalam tubuh. Sebagai contoh, tubuh Anda membutuhkan banyak energi untuk relaksasi setelah melakukan olahraga yang berat.

Nah, sagu ini memiliki manfaat untuk membantu Anda mengisi kembali energi yang hilang. Bahkan, sagu dapat meningkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh yang dapat memperbaiki keseluruhan pergerakan sendi dan pemulihan di sekitarnya.

2. Mencegah penyakit jantung

Kadar kolestrol tinggi dan trigliresida merupakan dua faktor risiko dari penyakit jantung. Jika dibandingkan dengan tepung tapioka, sagu dapat membantu mempertahankan kadar kolesterol dan trigliserida dalam batas wajar dalam darah.

Oleh sebab itu, mengonsumsi sagu dapat membantu Anda mencegah penyakit jantung. Pasalnya, sagu memiliki kandungan amilose, sejenis pati dengan rantai glukosa yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Hal ini membuat rantai glukosa melepas gula ke dalam tubuh dengan jumlah yang lebih terkontrol. Dengan begitu, kadar kolesterol dan trigliserida terjaga tetap normal.

3.Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Meski kandungan mineral dalam sagu tergolong sedikit, tetapi Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari zat besi, kalsium, dan tembaga dari mengonsumsi salah satu makanan pokok ini.

Kandungan mineral dalam sagu ini memiliki manfaat dalam perbaikan tulang dan persendian. Oleh sebab itu, tak heran jika mengonsumsi sagu dapat mencegah terjadinya osteoporosis karena efeknya dalam meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang Anda.

Tak hanya itu, sagu juga memiliki khasiat untuk meningkatkan produksi glukosamin yang memengaruhi kepadatan tulang, fleksibilitas, dan gerakan sendi.

Kadar glukosamin yang meningkat ini dapat menyebabkan peningkatan produksi cairan sinovial dalam jumlah kecil antara selubung sendi dan tendon. Hal tersebut rupanya membantu meningkatkan fleksibilitas gerakan persendian.

3.Bawang Merah Dan Bawang Putih

Bawang merah merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, kalium dan folat. Sementara bawang putih kaya akan vitamin C, vitamin B6, tiamin, kalium, kalsium, fosfor, tembaga, dan mangan.

Selain itu, duo bawang merupakan bahan rendah kalori yang bisa dimasukkan ke dalam makanan dan mampu memberikan cita rasa.Bawang merah dan putih termasuk anggota keluarga allium, di mana seluruh bagiannya memiliki begitu banyak kasiat bagi kesehatan dan kerap digunakan sebagai makanan obat.

Hal ini karena keluarga allium kaya akan senyawa organosulfur yang menurut studi terdahulu terbukti dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mencegah kanker dan  penyakit kardiovaskular.

Beberapa studi menemukan, bawang putih mentah mengandung lebih banyak manfaat untuk tubuh. Sehingga, beberapa ilmuwan merekomendasikan untuk memotong atau mencacah bawang dan mendiamkannya selama 10 menit sebelum dimasak agar memungkinkan reaksi yang dikatalisis oleh enzim terjadi.

Nah itu dia artikel dari saya tentang resep bikin sistik renyah, semoga sangat bermanfaat dan membantu anda dalam membuat sendiri di rumah. Dan selamat mencobaa!.