Home news Resep Asam Padeh Padang, Kuliner Khas Suku Minang yang Melegenda

Resep Asam Padeh Padang, Kuliner Khas Suku Minang yang Melegenda

15
0

Inilah resep asam padeh padang, masakan dengan perpaduan rasa asam dan pedas yang didukung dengan berbagai rempah-rempah pilihan

Resep Asam Padeh padang

Bahan Utama :

  • 2 ekor Ikan Tongkol
  • 1 sendok makan Air Jeruk Nipis
  • 1000 ml Air

Bumbu Ikan :

  • Serai 2 batang
  • 4 lembar Daun Jeruk
  • Asam Kandis 2 buah
  • Bawang Merah 100 gram
  • 1 lembar Daun Kunyit
  • 8 siungĀ  Bawang Putih
  • 2 ruas Lengkuas
  • Kemiri 3 butir
  • Kunyit 2 ruas
  • 100 gram cabe merah besar
  • Garam 2 sdm

Langkah Membuat Resep Asam Padeh padang

Cara Menyiapkan Ikan Tongkol :

  1. Pertama, kita akan melakukannya dengan mencuci bersih ikan tongkol segar terlebih dahulu yang telah dipersiapkan. Hal ini sangat penting, terlebih lagi ada beberapa bagian pada ikan tongkol yang harus kita buang dan bersihkan karena bagian ini tidak akan kita pakai. Bagian tersebut diantaranya adalah insang dan bagian dalam dari perut ikan. untuk membersihkan bagian tersebut kita akan buang bagain isi perut ikan dengan cara membelah perut ikan menggunakan pisau yang tajam. Setelah kalian berhasil melakukannya, gunakan tangan kalian untuk mengeluarkan bagian dalam dari perut ikan. Pastikan semua bagian jeroan ikan dapat dibersihkan secara menyeluruh.
  2. Kedua, yaitu membersihkan Ikan pada bagian kepala, yakni membuang bagian insang. Caranya dengan membuka bagian kepala ikan menggunakan jari tangan dan ambil bagian insang, lalu keluarkan insang ini dan bersihkan memakai air mengalir.
  3. Selanjutnya potong-potong ikan berbentuk bulat dengan ketebalan kurang lebih 2 cm atau sesuaikan dengan selera kalian.
  4. Terakhir lumuri ikan dengan perasan air jeruk dan juga taburan garam secara merata dan diamkan kira-kira 10 menit supaya bumbu meresap ke dalam ikan dengan baik.

Ingin tau lebih jelas tentang suku minang dengan asam padeh? Cek artikelnya disini

Cara Membuat Asam Padeh Padang :

  1. Pertama haluskan bumbu-bumbu yakni bawang merah, kemiri, kemiri, kunyit, cabe besar dan bawang putih sampai halus secara merata dengan memakai ulekan.
  2. Kemudian siapkan wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga tercium aroma harum dan sedap.
  3. Setelah itu tambahkan batang serai yang dimemarkan, lalu aduk-aduk dan tuang air kedalamnya beserta daun jeruk dan kunyit.
  4. Selanjutnya rebus bumbu tersbut hingga mendidih dan sesekali diaduk agar wajan tidak gosong.
  5. Lalu masukkan ikan kedalamnya dan aduk kembali hingga merata hingag semua bumbu meresap ke dalam daging ikan. Masak kuah hingga berkurang dan meresap dengan ukuran api sedang.
  6. Terakahir tambahkan asam kandis dan garam secukupnya, lalu aduk sebentar
  7. Asam padeh padang siap dinikmati

Manfaat Ikan Tongkol

1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama adalah memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan jantung jika rutin mengonsumsinya. Hal ini karena kandungan protein dan omega-3 dalam ikan termasuk DHA dan EPA yang tinggi.

Kandungan ini dapat berperan dalam mencegah meningkatnya kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Dengan begitu, fungsi dan kesehatan jantung dapat terjaga.

Selain itu, mwnurut jurnal Nutrients, suplemen minyak ikan laut juga terbukti dapat menurunkan trigliserida tanpa meningkatkan jenis kolesterol lainnya. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa konsumsi ikan tongkol atau suplemen minyak ikan, akan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Mampu Menurunkan Berat Badan

Ikan tongkol adalah salahsatu ikan yang rendah kalori, karena hanya terkandung 179 kalori setiap 150 gram daging tongkol. Kandungan protein yang tinggi dari ikan ini pun dapat dijadikan menu diet sehari-hari. Memakan makanan tinggi protein diyakini juga dapat menurunkan kadar ghrelin.

Menurut Obesity Action Coalition, ghrelin merupakan hormon yang berfungsi untuk merangsang rasa lapar sehingga yang dirasakan adalah selalu ingin makan makanan tinggi karbohidrat.

Baca juga : 8 Tips Membuka Bisnis Katering Yang Sukses Dan Langgeng

Dengan menurunkan kadar ghrelin, maka akan mengurangi nafsu makan dan mencegah keinginan memakan makanan berlebih. Protein juga mampu memperlambat pengosongan lambung sehingga memberikan efek kepada tubuh yakni merasa lebih kenyang lebih lama

3. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Untuk Bayi

Bayi yang sudah bisa memakan makanan padat akan mendapat manfaat dari ikan yang satu ini dengan mengolahnya menjadi MPASI. Tongkol merupaka jenis ikan yang sangat mudah ditemui di pasaran, namun kandungan gizinya tidak bisa dianggap remeh.

Ikan tongkol mengandung banyak protein, kalsium, zat besi serta vitamin A, dan vitamin C. Layaknya ikan salmon, ikan tongkol juga kaya akan omega 3 yang tentunya sangat cocok bagi perkembangan otak bayi.

Para peneliti yakin alasan meningkatnya kognitif dari makan ikan ini didapat dari dari asam lemak omega-3 docosahexaenoic acid (DHA). Serangkaian percobaan lebih lanjut menunjukkan bahwa konsumsi ikan berminyak seperti ikan tongkol, ikan tuna, atau ikan makarel berkhasiat untuk kecerdasan otak tak hanya bayi tetapi sepanjang umur

Demikian artikel tentang resep asam padeh padang dan manfaatnya bagi tubuh. Semoga dapat bermanfaat, sampai berjumpa di artikel lainnya