Home pendidikan Ragam Tes dan Tips Sukses PMB Politeknik Negeri

Ragam Tes dan Tips Sukses PMB Politeknik Negeri

86
0
pmb politeknik

Tahun ajaran baru akan selalu ramai dengan proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) dari berbagai sekolah di Indonesia Informasi seputar PMB Politeknik pun mulai banyak dicari. Untuk membantu kamu yang sedang mencari informasi serupa, berikut jalur-jalur penerimaan yang ada di politeknik negeri.

Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Ke Politeknik Negeri

Jalur SNMPTN merupakan jalur masuk dengan cara undangan berdasar seleksi prestasi akademik siswa dan siswi selama menempuh pendidikan formal di SMA/SMK.

Tips buat kamu yang mau lewat jalur ini adalah ketahui seberapa besar kuota yang diberikan tiap PTN kepada sekolahmu. Dan pilihlah jurusan yang peminatannya sesuai dengan nilai yang kamu peroleh selama sekolah.

SBMPTN 

PMB Politeknik untuk jalur seleksi ini sama seperti SNMPTN tapi dilakukan dengan berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan juga beberapa kriteria lain bergantung tiap PTN yang bersangkutan. UTBK dilaksanakan serentak dari berbagai wilayah di Indonesia.

Tips sukses jalur ini adalah kamu harus rajin belajar mengerjakan soal-soal UTBK terlebih dahulu. Kamu bisa ikut les atau bimbingan UTBK.

Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN)

Jalur ini sama seperti SNMPTN yang menggunakan jalur undangan berdasarkan prestasi akademik calon mahasiswa. Bedanya adalah SNMPN ini khusus bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik negeri.

Tipsnya tidak jauh berbeda, ketahui seberapa besar kuota kampus untuk sekolahmu dan pilihlah jurusan yang peluangnya sesuai dengan nilai akademikmu selama ini.

Jalur Seleksi Masuk Mandiri (SMM)

Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi kamu yang mau masuk Politeknik Negeri dengan biaya sendiri. Akan ada beberapa tes yang harus kamu hadapi. Baiknya sebelum mengerjakan ujian tes seleksi kamu mempelajarinya terlebih dahulu dengan mencari informasi seputar ujian mandiri di kampus yang bersangkutan.

PMB Politeknik kini sudah banyak diminati oleh para calon mahasiswa di Indonesia, salah satunya Politeknik Banyuwangi https://www.poliwangi.ac.id/ yang bisa jadi pilihan terbaikmu untuk melanjutkan studi.