Home bisnis Mudahnya Mencetak di Percetakan Buku Braille

Mudahnya Mencetak di Percetakan Buku Braille

635
0
Mudahnya Mencetak di Percetakan Buku Braille

Mudahnya Mencetak di Percetakan Buku Braille

Bagi kaum tunanetra, mendapatkan informasi selain secara verbal memang cukup menyulitkan tanpa adanya huruf braille. Karena itulah, beberapa tempat percetakan buku braille menyediakan mesin cetak khusus untuk huruf yang diciptakan oleh Louis Braille, seorang pria berkebangsaan Perancis.

Selain untuk membuat buku berhuruf spesial menjadi lebih cepat, dengan mesin maka kualitas huruf braille juga menjadi lebih baik.Tidak hanya bisa digunakan untuk cetak buku, namun media lain semacam kalender, brosur, atau laporan juga bisa dicetak menggunakan huruf ini.

Ada banyak manfaat mencetak huruf braille ke dalam berbagai media, yang tentunya akan berguna bagi para sahabat tunanetra.

Tentang Huruf Braille

1.     Sejarah

Louis Braille, menciptakan huruf khusus ini ketika usianya baru 15 tahun. Louis yang sejak berumur 3 tahun mengalami kebutaan karena kecelakaan, memang memiliki keinginan untuk bisa memahami bacaan sebagaimana orang normal biasanya.

Tanggal 4 Januari 1809 dianggap sebagai hari terciptanya huruf Braille, walau sebenarnya tanggal tersebut adalah tanggal kelahiran Louis Braille. Tanggal tersebut juga akhirnya ditahbiskan sebagai Hari Braille Internasional, sebagai bentuk penghormatan.

2.     Cara Membaca Huruf Braille

Huruf braille adalah gabungan sel braille, yang merupakan penyederhanaan dari kode sandi yang biasanya digunakan untuk angkatan bersenjata. Dari yang semula berjumlah 12 titik menjadi hanya 6 titik saja. Bentuk dari huruf ini adalah titik timbul. Bukan hanya alphabet, huruf ini juga bisa merepresentasikan tanda baca, notasi, dan sandi lainnya.

Titik timbul tersebut kemudian dikolaborasikan, sehingga menghasilkan lebih dari 63 kombinasi. Untuk bisa membaca buku yang menggunakan huruf ini, Anda tinggal meraba titik timbul tersebut dan memahami pola tertentu untuk kata atau tanda tertentu.

Cara Mencetak Huruf Khusus di Percetakan Buku Braille

  • Tanyakan pada percetakan tentang ketersediaan mesin pencetak huruf braille
  • Siapkan naskah maupun desain buku atau produk percetakan lain
  • Tentukan jenis kertas, jumlah cetakan dan lain sebagainya sebelum proses cetak
  • Kalkulasi biaya dan pembayaran
  • Proses pencetakan buku
  • Buku maupun produk lainnya siap untuk digunakan

Percetakan Buku Braille Terbaik

Memang sedikit sulit untuk mencari percetakan braille, namun Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Pasalnya, kini telah hadir percetakan profesional yang bisa mengatasi persoalan tentang cetak mencetak buku braille. Percetakan tersebut adalah Only Print, dengan pelayanan offline maupun online.

Jika, pada umumnya percetakan selalu mewajibkan pelanggan untuk datang langsung ke lokasi, Only Print sama sekali tidak. Pasalnya, Anda bisa melakukan transaksi secara online dengan menggunakan aplikasi chat yang telah ditentukan. Jadi, tidak perlu ribet lagi untuk datang ke sana ke mari lagi.

Lalu, naskah yang ingin dicetak, bagaimana? Pengiriman naskah atau bahan yang akan dicetak bisa dikirim melalui email. Seluruh proses konsultasi juga bisa dilakukan secara online, sehingga Anda tidak perlu ribet lagi. Apalagi di masa pandemic seperti ini, cukup berisiko untuk keluar, bukan?

Jika Anda kesulitan mendapatkannya percetakan braille, maka segera hubungi Only Print. Di sini Anda akan mendapatkan kemudahan mencetak buku dan produk lainnya menggunakan huruf braille. Di samping itu, masih banyak kelebihan lain yang ditawarkan. Segera saja hubungi nomor kontak yang tersedia dan cetak buku yang Anda inginkan.