Home bisnis Manfaat Tanaman Porang Untuk Kesehatan maupun Bahan Industri

Manfaat Tanaman Porang Untuk Kesehatan maupun Bahan Industri

34
0

Porang saat ini menjadi komoditas yang paling dicari oleh negara-negara besar di Asia. Porang memiliki banyak manfaat khususnya sebagai bahan baku dalam bidang industri maupun dalam bidang pangan. Tahukah Anda apa saja manfaat tanaman porang? mari kita simak manfaat tanaman porang berikut ini.

Manfaat Tanaman Porang dalam Industri dan Kehidupan Sehari-hari

Umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa umbi-umbian hanya digunakan sebagai bahan makanan saja. Namun, tahukah Anda? umbi porang ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri loh. Berikut ini manfaat tanaman porang dalam bidang industri:

  • Bahan baku tepung
  • Untuk Mengentalkan es krim
  • Bahan baku kosmetik
  • Untuk membuat komponen pesawat terbang
  • Untuk membuat Isolator Listrik
  • Bahan baku pembuatan lem
  • Bahan baku penjernih air
  • dan masih banyak lagi.

Indonesia saat ini dikenal sebagai penghasil umbi porang terbesar di dunia. Umbi porang dari Indonesia dikenal memiliki kualitas yang baik. Maka tak heran banyak negara di benua Asia dan Australia yang telah mengimpor umbi porang dari Indonesia. Di antaranya yaitu China, Taiwan, Vietnam, Jepang, Australia, dan lainnya.

Umbi porang biasanya digunakan sebagai bahan baku Industri. Hal ini yang menyebabkan harga porang melambung tinggi di pasar ekspor.

Per satu kilogram umbi porang basah biasanya dihargai di antara Rp 9.000 – Rp 10.000. Sementara itu, harganya kan naik bila porang telah diolah dan dikeringkan. Harga porang kering di pasar ekspor bahkan mencapai angka Rp 200.000 – Rp 300.000 per kilogramnya.

Dalam 1 hektar lahan, petani dapat memanen umbi porang kurang lebih 24 ton. Jika Anda memiliki lahan yang luas, maka Anda dapat meraih untung yang besar pula dengan membudidayakan porang.

Baca Juga:

Apa Saja Kandungan Pada Umbi Porang?

Mengenal Tanaman Porang: Manfaat, Harga, Budidaya, & Nilai Bisnis - Tirto.ID

Porang memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya, maka tak heran jika jenis umbi yang satu ini dimanfaatkan juga untuk kesehatan. Kandungan utama dari umbi porang yaitu glucomannan. Pada 100 gram umbi porang terkandung zat-zat sebagai berikut:

  • Karbohidrat meliputi glukosa, fruktosa, sukrosa
  • 50 gram Glucomannan
  • 0,0004 gram lemak
  • 1,64 gram protein
  • 57 mg fosfor
  • 4,06 mg magnesium
  • 0,2 mg mangan
  • 0,08 mg tembaga

Manfaat Tanaman Porang Bagi Kesehatan

Setelah kita mengetahui kandungan yang dimiliki umbi porang, selanjutnya kita akan mempelajari apa saja manfaat porang bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat umbi porang dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

1. Mengontrol Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, umbi porang bisa Anda jadikan menu andalan Anda. Porang memiliki kandungan serat yang banyak. Selain baik untuk pencernaan, kandungan serat ini juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian pada tahun 2005 silam membuktikan bahwa mengonsumsi porang dapat membakar kalori hingga 1.200.

2. Mengatasi Peradangan

Umbi porang juga dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh atau disebut juga sebagai inflamasi. Manfaat ini berasal dari senyawa glucomannan yang terkandung di dalamnya.

3. Mengatasi Sembelit

Seperti yang kita tahu, kandungan serat sangat bermanfaat khususnya untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan serat ini cukup efektif untuk mempermudah feses keluar dari dalam tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi umbi porang, Anda dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

4. Membantu Menyembuhkan Luka

Tak sampai disitu, ternyata porang juga dapat kita manfaatkan untuk menyembuhkan luka. Kandungan glucomannan di dalamnya cukup efektif untuk menyembuhkan luka karena zat ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengatasi dan Mencegah Penyakit Diabetes

Porang dipercaya dapat mengatasi dan mencegah penyakit diabetes. Umbi porang memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula dalam darah, terutama bagi penderita diabetes melitus. Namun sebaiknya Anda mengonsumsinya bersama dengan ginseng amerika.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda penderita hipertensi (tekanan darah tinggi), umbi porang bisa menjadi menu andalan Anda saat ini. Umbi porang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Sayangnya belum ada penelitian lebih lanjut untuk membuktikan anggapan tersebut.

7. Mengendalikan Kadar Kolesterol | Manfaat Tanaman Porang

Menurut Journal of American Clinical Nutrition 2008 mengatakan bahwa kandungan glucomannan yang ada pada umbi porang ternyata sangat efektif untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Jadi bagi Anda yang suka makan makanan dengan kalori yang tinggi, jangan lupa untuk membatasi jumlahnya. Selain itu, Anda juga menambahkan porang sebagai menu pokok yang berfungsi untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

8. Detoksifikasi

Ternyata tepung porang pun sudah lama digunakan oleh masyarakat Tiongkok sebagai obat alternatif yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat ini didasari karena sifat umbi porang yang dapat mendetoksifikasi atau menetralkan racun. Tentu sistem kekebalan tubuh Anda menjadi meningkat dan berbagai penyakit tidak mudah menyerang tubuh.

9. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Porang mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, manfaat porang yang satu ini belum pernah dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut.

10. Merawat Kulit | Manfaat Tanaman Porang

Menurut American Journal of Dermatology and Venereology tahun 2013, mengonsumsi umbi porang dapat membantu merawat kesehatan kulit terutama untuk menghilangkan jerawat.

Wah ternyata banyak sekali manfaat dari tanaman porang baik untuk bahan baku industri maupun kesehatan. Yuk mulai budidaya dan konsumsi porang!

Untuk informasi menarik lannya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di F1 Country.