Home Kesehatan Manfaat Porang untuk Kesehatan Tubuh dan Menjaga Tubuh

Manfaat Porang untuk Kesehatan Tubuh dan Menjaga Tubuh

114
0
Manfaat Porang untuk Kesehatan

Manfaat Porang untuk Kesehatan – Untuk memenuhi asupan karbohidrat harian, masyarakat Indonesia kerap mengandalkan nasi. Nasi tersebut kemudian dibuat menjadi nasi dan dimakan dengan berbagai sayuran dan lauk pauk.

Selain nasi pada umumnya, kini banyak bahan makanan yang semakin populer, salah satunya tepung porang. Tepung porang berasal dari jenis umbi-umbian.

Porang sebenarnya merupakan tumbuhan dengan nama ilmiah Amorphophallus oncophyllus. Nasi porang dikenal rendah kalori, tinggi serat dan banyak nutrisi lainnya.

Selain bermanfaat untuk menyediakan karbohidrat dan serat dalam jumlah yang cukup, nasi porang ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat menjaga kecantikan kulit.

Diambil dari berbagai sumber, merdeka.com berikut akan mengulas 7 manfaat porang bagi kesehatan tubuh dan cara mengolahnya menjadi sajian lezat dan sehat yang bisa Anda nikmati.

Apa itu tanaman porang?

Manfaat Porang untuk Kesehatan

Porang atau (Amorphophallus muelleri) merupakan jenis tumbuhan endemik atau unik yang hanya terdapat di Indonesia. Porang terdapat di Pulau Jawa, namun distribusinya tidak merata.

Selain buah, bagian tanaman porang yang dimanfaatkan untuk makanan adalah umbinya. Umbi poran biasanya dibuat menjadi tepung, mie atau sereal dalam bentuk nasi.

Selain untuk pengganti beras, porang juga digunakan untuk membuat kosmetik, perekat, serta bahan baku laboratorium kimia dan farmasi. Tanaman ini harus diolah menjadi bubuk karena umbi mentah mengandung kalsium oksalat yang tidak sehat.

Biasanya Anda bisa menemukannya di semak atau bambu. Namun, kini banyak orang yang menanamnya .

Manfaat Porang Bagi Kesehatan Tubuh

1. Bantu Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat porang yang pertama adalah dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Bagi tubuh, saluran pencernaan merupakan pintu masuk pertama makanan dan nutrisi.

Jika ada gangguan, seluruh tubuh akan merasakan akibatnya yang bukan tidak mungkin. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan saluran cerna.

Porang diduga memiliki sifat prebiotik sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus. Ini juga dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) dan penyakit Crohn.

2. Menurunkan Kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi, tanaman porang bisa menjadi salah satu solusinya. Karena manfaat porang juga jelas bisa menurunkan kadar kolesterol darah.

Memang porang mengandung glucoman yang berperan sebagai sumber serat larut. Akibatnya, penyerapan kolesterol dapat diperlambat.

3. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Selain kolesterol, porang ternyata juga bisa digunakan sebagai pengatur gula darah. Konon konsumsi porang secara rutin dapat membantu tubuh menjaga kestabilan kadar gula darah.

Hal ini disebabkan peran glukomanan pada tanaman porang dalam memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Semakin lambat gula diserap, semakin sedikit lonjakan gula darah dalam tubuh yang bisa dihindari.

4. Bantu Menjaga Berat Badan

Bagi Anda yang sedang mengikuti program diet untuk mencapai tubuh ideal dan sehat, tidak sayang untuk melewatkan jumlah tersebut. Anda bisa menggunakan manfaatnya untuk terus memberi makan diri sendiri saat sedang diet.

Porang membuat Anda kenyang lebih lama. Memang, porang mengandung glukomanan yang memperlambat penyerapan kolesterol dan gula darah.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain itu, manfaat porang selanjutnya adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan oligosakarida pada tanaman porang dipercaya memiliki efek meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Oligosakarida ini juga berperan langsung dalam pencegahan berbagai infeksi dan alergi.

Sifat prebiotik dari oligosakarida ini mendorong pertumbuhan bakteri baik untuk melawan infeksi yang mungkin timbul di dalam tubuh.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat porang selanjutnya adalah pencegahan kanker. Seperti yang Anda tahu, kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya. Meski demikian, penyakit mematikan ini masih bisa dicegah, terutama dengan mengonsumsi porang.

Hal ini disebabkan adanya senyawa glukomanan pada tanaman tersebut. Selain itu, bagi penderita kanker usus besar, makan porang akan sangat baik. Karena usus akan terjaga dengan baik dari serangan sel kanker ganas. Hal inipun akan memberikan perlindungan bagi sistem pencernaan.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Terakhir, manfaat porang adalah dapat digunakan sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit. Ini dimungkinkan oleh pencarian di American Journal of Dermatology and Venereology pada 2013.

Studi ini membuktikan bahwa ramuan porang sangat efektif untuk merawat kulit dan menghilangkan jerawat. Cocok banget buat kamu yang punya masalah jerawat dan sampai sekarang masih belum teratasi.

 

Porang merupakan tumbuhan endemik Indonesia yang kaya akan serat bernama glukomanan.rcf Manfaat tanaman porang yang diperoleh dari glukomanan sangat bagus untuk mengurangi resiko penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.