Home bisnis Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang

12
0

Haloo kawan kawan, pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang manfaat buah pisang, dan berbagai macam fakta menarik tentang pisang. Tanpa basa basi berikut informasi selengkapnya.

 

Manfaat Pisang

manfaat buah pisang

1. Manfaat pisang terhadap kadar gula darah

Serat larut yang ada pada pisang dapat membentuk gel saat bercampur dengan cairan tubuh. Pisang mentah, di sisi lain, mengandung pati resisten yang tidak dicerna oleh tubuh. Kedua jenis serat ini nantinya akan memoderasi kadar gula darah setelah makan.

Serat yang dimiliki pisang dapat membantu mengatur nafsu makan dan dapat menunda atau memperlambat proses pengosongan lambung. Artinya, meski kandungan karbohidratnya lebih tinggi, pisang tidak menyebabkan gula darah naik pada orang sehat.

Namun, tidak disarankan bagi penderita diabetes untuk makan pisang dalam porsi besar sekaligus.

2. Manfaat pisang untuk pencernaan

Manfaat kesehatan pencernaan pisang baik untuk usus. Manfaat pisang yang mengandung pati resisten adalah prebiotik yang menjadi makanan bagi bakteri baik di usus atau saluran pencernaan.

Pektin yang ada pada pisang dikatakan bahwa dapat membantu tubuh mencegah sembeli dan melunakan tinja yang keras. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa pektin dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar, meskipun penelitian pada manusia masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

3. Manfaat pisang untuk menurunkan berat badan

Faktanya, belum ada penelitian yang secara langsung menguji efek atau efektivitas pisang dalam menurunkan berat badan. Kandungan yang ada pada pisang dapat membantu kita saat sedang melakukan diet, karena kandungannya membuat pisang menjadi makanan yang sehat saat sedang diet.

4. Manfaat pisang untuk kesehatan jantung

Kalium merupakan mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama dalam mengatur tekanan darah. Walaupun sangat penting kalium jarang didapatkan orang orang pada makanan sehari hari mereka. Jadi pisang adalah sumber potasium yang baik, dengan pisang berukuran sedang menyediakan 10 persen kebutuhan potasium harian tubuh.

Orang yang sering memakan potasium memiliki resiko yang rendah untuk terkena serangan jantung. Demikian juga, orang yang kekurangan zat ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Pisang kaya akan antioksidan

Buah dan Sayur merupakan pemberi antioksidan yang paling baik bagi tubuh. Pisang juga memiliki antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan amina. Antioksidan ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

6. Pisang membantu Anda mengisi dengan cepat

Serat larut dalam pisang dapat membantu Anda tetap kenyang. Serat ini memperlambat pencernaan. Pisang rendah kalori dan tinggi serat, yang menjadikannya camilan sehat yang lebih mengenyangkan daripada makanan lain, seperti camilan olahan atau camilan manis.

7. Manfaat pisang untuk memulihkan energi setelah berolahraga

Pisang terkadang disebut-sebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlet. Karbohidrat yang dimiliki pisang sangat mudah dicerna oleh tubuh, dan juga mineral, kalium, dan magnesium digunakan sebagai elektrolit yang baik pada tubuh.

Saat berolahraga, Anda kehilangan banyak elektrolit melalui keringat. Untuk mensuplainya kembali, tubuh membutuhkan potasium dan magnesium setelah berkeringat. Kebutuhan kedua mineral ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi pisang, bahkan mengonsumsinya juga dapat mengurangi kram dan nyeri otot yang berhubungan dengan olahraga.

Baiklah sekian dari saya dan artikel tentang manfaat buah pisang, pisang dapat diolah menjadi banyak olahan makanan dan jajanan, sehingga kita bisa melihat banyak makanan dan jajanan yang memiliki pisang pada bahan dasarnya, seperti pisang goreng dan kripik pisang yang digoreng dengan minyak.

Ada banyak mesin pengolah yang dapat membantu kalian untuk mengolah buah pisang dengan mudah, seperti mesin pemotong pisang dan peniris minyak.