Home news Manfaat Bawang Putih Tunggal

Manfaat Bawang Putih Tunggal

6
0
manfaat bawang putih tunggal

Manfaat Bawang Putih Tunggal – Bawang putih tunggal sedang dibicarakan karena dianggap enak jika dipadukan dengan saus sriracha dan cabai. Selain rasanya yang enak, manfaat Bawang Putih Tunggal untuk kesehatan tubuh tidak boleh dilewatkan.

Karena bawang putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya dapat mengobati asma dan meningkatkan kesuburan. Bawang putih tunggal adalah bawang putih bulat kecil hanya 2-5 sentimeter yang memiliki rasa dan aroma yang kuat. Kulitnya putih dan keunguan.

Satu bawang bombay hanya terdiri dari satu siung. Jumlah panen bawang putih tunggal tidak terlalu banyak, untuk itu membuatnya sering diawetkan dengan cara diasinkan. Tak heran, banyak yang menjual bawang putih tunggal sebagai asinan ketimbang dijual segar.

Tidak sedikit orang juga yang belum mengetahui tentang bawang putih tunggal, mungkin sebagian dari kita pernah melihat dan menilai bawang merah seperti bawang putih pada umumnya, padahal bawang putih tunggal adalah obat yang punya banyak manfaat bagi kesehatan.

manfaat bawang putih tunggal

1. Meningkatkan Stamina

Bawang putih tunggal mampu membuat otot dan jantung bekerja lebih efektif, sehingga olahraga akan lebih maksimal. Tak hanya itu, bawang putih tunggal juga dapat membuat kita lebih produktif dan tidak gampang capek.

2. Meningkatkan Daya Tahan

Bawang putih tunggal terkandung enzim alliinase dan alliin di dalam nya yang bisa menangkal virus. Sehingga jika kita rutin mengkonsumsinya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Mengobati Sakit Gigi

Bawang putih tunggal juga dapat menyembuhkan sakit gigi. Sifat antiseptik pada bawang putih tunggal dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi, sehingga rasa sakit dapat teratasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengunyah satu bawang putih saat sakit gigi. Senyawa allicin yang ada di bawang putih saja dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi.

4. Mengobati Diabetes

Bawang putih tunggal memiliki sifat hipoglikemik yang bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cara mengobati diabetes dengan bawang putih lanang adalah dengan menghancurkannya terlebih dahulu, lalu mengunyahnya. Selain itu, kita juga bisa mencampurnya dengan madu sebagai penambah rasa namun pastikan madu tersebut benar-benar madu rendah gula.

5. Mengobati Asma

Memiliki sifat anti inflamasi, bawang putih tunggal juga mampu mengobati asma. Asma adalah salah satu jenis penyakit inflamasi. Cara menggunakannya adalah dengan menggiling satu bawang putih kemudian campurkan dengan madu dan minum.

6. Membantu Mengobati Flu

Manfaat bawang putih tunggal lainnya adalah untuk mengatasi flu. Bumbu dapur ini kaya akan bahan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungannya adalah vitamin C, selenium dan belerang. Senyawa ini sangat berkhasiat untuk mengatasi flu. Bawang putih bisa dicincang sampai halus lalu dimasukkan ke dalam satu gelas air, diaduk rata dan diminum untuk mengobati flu.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bawang putih diketahui efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dari 500-100 miligram kolesterol. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya adalah dengan merebus bawang putih dengan air atau dihaluskan.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Zat yang terkandung dalam bawang putih membuat tubuh yang aktif berolahraga menggunakan lebih banyak lemak yang tersimpan di otot daripada biasanya. Jadi kombinasi aktivitas fisik dan kandungan bawang putih bisa menurunkan berat badan lebih optimal. Selain itu, bawang putih tunggal ini juga dapat mengurangi munculnya lemak baru.

9. Baik untuk Kesehatan Jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa bawang putih tunggal memiliki kandungan yang bermanfaat untuk jantung. Bawang putih dapat mengontrol tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, bisa mengatasi risiko aterosklerosis, yaitu gangguan yang terjadi pada jantung.

10. Mengatasi Wasir

Kandungan allicin yang tinggi pada bawang putih tunggal berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Cara pemakaian  bawang putih tunggal untuk obat ambeien adalah dengan ditumbuk terlebih dahulu kemudian dioleskan di sekitar anus atau daerah yang sakit.

11. Mencegah Kanker Bawang

putih tunggal dapat mengurangi risiko kanker, terutama kanker usus besar dan kanker perut. Bawang putih mengandung organosulfida yang dapat membantu kerja hati untuk mengeluarkan berbagai macam racun dalam tubuh, termasuk racun penyebab kanker perut dan kanker besar. Banyak penelitian mengatakan bahwa orang yang makan lebih banyak bawang putih tunggal lebih aman dari kanker usus besar dan perut daripada orang yang tidak makan bawang putih saja.

12. Meningkatkan Tingkat Estrogen pada Wanita

Bawang putih tunggal juga bisa membuat wanita lebih subur. Karena bawang putih tunggal bisa meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Selain itu, mengonsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari sebelum masa subur akan meningkatkan peluang hamil pada wanita.

Demikian adalah manfaat dari bawang putih tunggal untuk tubuh kita, untuk penggunaanya tentunya bawang putih perlu kita kupas terlebih dahulu dan untuk pengupasanya agar cepat kita bisa menggunakan mesin pengupas bawang. Selamat mencoba!

/// Baca Selengkapnya \\\