Home Kesehatan Ketahui Beberapa Penyebab Penyakit Diare

Ketahui Beberapa Penyebab Penyakit Diare

38
0
Penyebab DIare

Penyakit diare bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika Anda harus beraktivitas di luar rumah. Hal ini dikarenakan penderita biasanya harus bolak-balik ke toilet. Tidak hanya harus sering ke kamar mandi, diare juga dapat membuat perut mulas, mual, kembung, bahkan muntah.

Penyakit diare seringkali dikaitkan dengan kebersihan seseorang. Oleh karena itu, menjaga kebersihan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari beberapa penyebab diare.

Penyebab Penyakit Diare yang Perlu Anda Ketahui

Diare bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut merupakan beberapa penyebab penyakit diare yang perlu diketahui:

Infeksi virus

Perlu diketahui bahwa diare juga bisa disebabkan oleh virus. Virus yang dapat menyebabkan diare adalah norovirus dan rotavirus. Seseorang yang terkena virus penyebab diare bisa menularkan diare bahkan saat sebelum merasakan gejalanya. 

Beberapa contoh aktivitas yang dapat menularkan diare, yaitu bersalaman, memencet tombol lampu, membuka gagang pintu, dan lainnya. Infeksi rotavirus pada orang dewasa tidak selalu mengakibatkan diare. 

Bahkan, beberapa kejadian juga tidak menimbulkan gejala. Diare pada anak yang disebabkan rotavirus dapat berlangsung sampai 8 hari.

Infeksi bakteri

Umumnya, bakteri yang menyebabkan diare masuk ke tubuh dari makanan atau minuman yang tidak higienis. Tidak hanya itu saja, bakteri juga bisa masuk ke dalam tubuh apabila Anda mengonsumsi makanan yang kurang matang, misalnya daging, sayuran, atau ikan. 

Beberapa bakteri yang bisa menyebabkan diare adalah Salmonella, E. coli, Campylobacter, Shigella, Vibrio cholerae.

Infeksi jamur atau parasit

Selain virus dan bakteri, diare juga bisa disebabkan dari konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi jamur. Parasit yang menyebabkan diare pada manusia adalah Giardia duodenalis. 

Biasanya, diare karena infeksi parasit terjadi di tempat dengan sanitasi air yang buruk, lingkungan tidak steril, dan orang-orang yang tidak bisa menjaga kebersihan. 

Air atau bahan makanan juga bisa terkontaminasi parasit ketika masa produksi, pengolahan, persiapan, penyimpanan, dan pengiriman. Tidak hanya diare, infeksi parasit juga bisa membuat penderita mual, kram perut, dan mual. 

Dalam satu sampai dua minggu setelah terpapar parasit, feses penderita juga akan berbau busuk.

Selain ketiga penyebab tersebut, diare juga bisa disebabkan oleh efek samping obat, intoleransi makanan, dan lainnya. Banyaknya penyebab diare membuat Anda perlu selalu waspada. Biasakan diri untuk selalu hidup bersih supaya bisa terhindar dari beberapa penyebab diare.