Home news Jenis-Jenis Video Dokumenter yang Perlu Dipelajari

Jenis-Jenis Video Dokumenter yang Perlu Dipelajari

91
0
jenis video dokumenter

Sebelum memhami tentang jenis video dokumenter mungkin anda perlu mempelajari tentang video dokumenter atau film dokumenter. Film dokumenter adalah karya yang mengarah pada sesuatu yang nyata, faktual, menangkap realitas suatu peristiwa.Oleh sebab itulah banyak sekali yang menawarkan jasa mereka salah satunya ialah jasa dokumentasi video jogja.

Film dokumenter dibuat dengan mengapresiasi adegan-adegan yang diciptakan oleh indra penglihatan, perspektif tata bahasa visual dan suara sutradara. Lalu apa saja jenis-jenisnya? Nah untuk itu, mari kita simak penjelasan selanjutanya tentang jenis video dokumenter dibawah ini!

Jenis-Jenis Video Dokumenter

jenis video dokumenter

Seiring waktu ke waktu, dokumenter mengalami perkembangan. Perkembangan ini membagi beberapa jenis-jenis video dokumenter yaitu sebagai berikut:

1. Perlengkapan Perjalanan

Film dokumenter jenis ini memiliki nama lain seperti travelogue, film perjalanan, film dokumenter perjalanan, dan film petualangan. Jenis dokumen ini dapat disebut dokumentasi antropologis oleh etnolog dan etnografer. Seiring berjalannya waktu, film dokumenter ini akan disajikan dengan gaya yang diinginkan masyarakat sehingga pesan yang disampaikan mudah diasimilasi. Contoh film dokumenter perjalanan ini adalah acara TV Jejak Petualang, Si Bolang dan My Trip My Adventure.

2. Sejarah

Dokumen sejarah adalah salah satu dokumen yang paling sulit. Kesulitan ini karena sejarah selalu mengandalkan referensi peristiwa untuk referensi serta kebenaran informasi. Oleh karena itu, administrator harus meminimalisir kesalahan semaksimal mungkin agar tidak terjadi kesalahan sama sekali dalam penyajian informasi. disampaikan melalui dokumennya. Contoh film dokumenter sejarah adalah acara televisi Metro Files dari Metro TV.

3. Biografi

Film dokumenter jenis ini biasanya menonjolkan tokoh yang sudah dikenal masyarakat luas. Tokoh-tokoh tersebut memiliki keunikan, kehebatan dan hal-hal lain yang menarik untuk diceritakan dan dapat dijadikan panutan di masyarakat.

Dokumenter biografi dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu

  1. Potret: Potret tersebut mengangkat karakter dari sudut pandang kemanusiaan (human interest).
  2. Profil: Profil tersebut melihat aspek positif dari karakter yang disuguhkan dalam film dokumenter tersebut.

4. Nostalgia

Tak jauh berbeda dengan film dokumenter sejarah, nostalgia juga bercerita tentang masa lalu. Namun, nostalgia menekankan pada jejak peristiwa seseorang atau kelompok.

5. Rekonstruksi

Seperti namanya, rekonstruksi mirip video dokumenter menggambarkan jalannya peristiwa secara keseluruhan. Sama seperti film dokumenter sejarah yang sulit dilakukan, film dokumenter ini memiliki kesulitan tersendiri dalam menghadirkan peristiwa tersebut kepada publik melalui rekonstruksi yang mendetail. Rekonstruksi jalannya acara disajikan dengan bantuan rekaman langsung dan animasi serta didukung oleh pencahayaan, tata rias, kostum, lokasi, dan pemain.

6. Penelitian

Film dokumenter investigatif terkait erat dengan penelitian jurnalistik. Penelitian merupakan salah satu cara untuk mengetahui suatu peristiwa yang lebih mendalam. Peristiwa yang dapat digunakan untuk penyidikan antara lain jaringan peredaran narkoba, pencucian uang, penanggulangan bencana, korupsi, dll.

Dokumentasi investigasi dapat diperkuat dengan rekonstruksi yang menjelaskan bagaimana kejadian tersebut terjadi.

7. Perbandingan dan kontras

Perbandingan dan Kontras adalah film dokumenter yang berfokus pada perbandingan. Pendokumentasian ini memakan waktu cukup lama karena biasanya penulis meneliti, mengamati dan mengikuti secara langsung dalam waktu yang cukup lama.

8. Sains

Tujuan dari film dokumenter sains adalah menyajikan informasi dengan cara yang lebih menarik sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat khususnya anak-anak. Dokumen ilmiah dapat dibagi lagi menjadi dua jenis:

  • Dokumen ilmiah
  • Materi pendidikan

9. Buku harian

Video dokumenter ini menggunakan rekaman perjalanan hidup sang tokoh sebagai referensi untuk membuatnya. Video diary dokumenter menggunakan sudut pandang subyektif karena berkaitan dengan apa yang dirasakan tokoh di sekitarnya, peristiwa yang dialaminya, interaksinya dengan orang-orang di sekitarnya. Cerita mengikuti kronologi karakter dan menggunakan banyak narasi daripada dialog.

10. Musik

Film dokumenter musik pertama dibuat oleh Donn Alan Pannebaker yang mendokumentasikan sebuah pertunjukan musik hingga kemudian sejak tahun 1980 pertunjukan musik sudah sering didokumentasikan.

11. Cerita foto klub

Video dokumenter ini berisi gambar-gambar yang berbeda-beda yang disatukan melalui proses editing untuk menciptakan makna baru yang melekat di benak penonton. Film dokumenter dipengaruhi oleh film-film yang  eksperimental.

12. Drama dokumenter (dokudrama)

Dokudrama adalah penafsiran ulang dari apa yang terjadi pada aslinya dan biasanya dilakukan melalui rekonstruksi, misalnya: pemasangan tempat dan tanda yang mirip dengan aslinya.

Dan jika anda memiliki bisnis, Yuk onlinekan bisnismu berasami kami di puncak.id . Dapat melayani pembuatan website, pembuatan artikel, pembuatan logo, manajemen sosial media, videografi, iklan, dll.