Home news Mengenal Berbagai Jenis Landing Page yang Berguna pada Bisnis

Mengenal Berbagai Jenis Landing Page yang Berguna pada Bisnis

30
0

Apakah kalian akan memulai bisnis dengan landing page? Untuk itu Anda harus memahami mengenai jenis landing page yang berguna pada bisnis Anda. Karena dimasa sekarang banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan landing page sebagai strategi mereka.

 

Jenis Landing Page yang Berguna pada Bisnis

 jenis landing page

Berikut jenis-jenis landing page bisnis yang berguna pada bisnis Anda:

1. Product Landing Page

Landing page produk atau product landing page bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu. Halaman ini biasanya berisi informasi tentang fitur, manfaat, dan harga produk, serta tindakan yang harus dilakukan pengunjung, seperti melakukan pembelian atau mendaftar untuk mencoba produk.

Landing page ini dapat digunakan untuk menarik calon pelanggan baru atau memperkenalkan produk baru kepada pelanggan yang sudah ada. Tampilan landing page produk sendiri bisa bermacam-macam. Ada yang berupa katalog, pajangan gambar, dan deskripsi produk secara lengkap. Ada juga pengumuman rilis produk baru dan penawaran khusus.

Elemen landing page produk:

  1. Judul yang menonjolkan keunggulan utama produk yang ditawarkan.
  2. Penjelasan singkat tentang produk, termasuk fitur dan manfaatnya.
  3. Gambar dan video produk yang memberikan gambaran bagus kepada pengunjung tentang produk tersebut.
  4. Ajakan Bertindak (CTA) yang menonjol dan menarik untuk mendorong pengunjung mengambil tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar.
  5. Testimonial dari pelanggan atau pengguna produk yang menunjukkan pengalaman positif mereka terhadap produk.

2. Opt-In Landing Page

Landing page keikutsertaan digunakan untuk membuat daftar email pelanggan. Halaman ini biasanya menawarkan konten gratis, seperti e-book atau video pelatihan, dengan imbalan alamat email pengunjung. Halaman ini dapat digunakan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, mengirimkan informasi atau penawaran khusus melalui email.

Jadi, di opt-in landing page selalu ada konten, tombol download, dan form untuk mengisi alamat email pengunjung. Selain untuk memastikan kekhawatiran pengunjung, Anda juga dapat menambahkan kotak centang di bagian bawah formulir yang berisi pernyataan menyetujui bahwa alamat email yang dimasukkan pelanggan akan ditambahkan ke daftar email bisnis Anda.

Melihat tujuan akhirnya, landing page keikutsertaan juga bisa disebut halaman pengambilan prospek. Sebab, halaman ini memberikan lead magnet dan mengumpulkan data serta menanyakan informasi kepada calon pengunjung yang nantinya bisa Anda gunakan untuk menjangkau mereka.

Elemen di opt-in landing page:

  1. Judul yang menjelaskan manfaat menambahkan informasi kontak pengunjung (misalnya mendapatkan e-book gratis).
  2. Deskripsi singkat yang mendukung judul menjelaskan mengapa pengunjung harus memasukkan informasi kontak mereka.
  3. Formulir keikutsertaan yang memungkinkan pengunjung memasukkan informasi kontak mereka, seperti alamat email dan nama.
  4. CTA untuk mengambil tindakan tertentu, seperti mengisi formulir atau mendapatkan uji coba produk gratis.
  5. Informasi tentang privasi dan kebijakan memastikan pengunjung bahwa informasi kontak mereka aman.

3. Event Landing Page

Landing page juga dapat digunakan untuk mempromosikan acara tertentu, seperti seminar, konferensi, atau pameran dagang. Halaman ini biasanya memuat informasi mengenai tanggal, lokasi, agenda, dan tindakan yang harus dilakukan pengunjung, seperti mendaftar atau membeli tiket.

Pada halaman ini, fitur wajib yang harus Anda tambahkan adalah form. Sedangkan selebihnya seperti gambar pendukung terkait informasi acara bersifat opsional. Dalam praktik bisnis, landing page jenis ini dapat digunakan untuk meningkatkan event awareness dan mendapatkan lebih banyak pendaftar.

Elemen laman landas acara:

  1. Judul tentang manfaat utama dari acara atau kegiatan yang diadakan.
  2. Uraian singkat mengenai acara atau kegiatan, meliputi tanggal, waktu, lokasi, dan kegiatan yang diselenggarakan.
  3. CTA yang mendorong pengunjung untuk membeli tiket atau mendaftar.
  4. Deskripsi jenis tiket yang tersedia, termasuk harga dan keuntungan masing-masing tiket.
  5. Informasi tentang proses pendaftaran dan pembayaran tiket.

4. Social Landing Page

Landing page sosial digunakan untuk membangun kehadiran bisnis di media sosial. Halaman ini biasanya memuat tautan ke profil media sosial, tindakan yang harus dilakukan pengunjung, seperti mengikuti atau berbagi, dan konten menarik untuk dibagikan di media sosial. Halaman-halaman ini dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah pengikut di media sosial dan mendapatkan lebih banyak keterlibatan.

Elemen social landing page:

  1. Judul tentang manfaat utama mengikuti atau terhubung dengan media sosial atau profil bisnis.
  2. Deskripsi singkat tentang konten atau layanan yang ditawarkan di media sosial atau profil bisnis.
  3. Tautan media sosial atau profil bisnis, seperti Twitter, Instagram, atau Facebook.
  4. CTA untuk mengikuti atau terhubung dengan media sosial atau profil bisnis.
  5. Tautan kembali ke situs web yang terkait dengan media sosial atau profil bisnis tersebut.

5. Sales Landing Page

Landing page penjualan adalah jenis landing page yang dirancang khusus untuk menghasilkan penjualan. Halaman-halaman ini biasanya menampilkan penawaran produk atau layanan tertentu, dengan fokus pada manfaat dan manfaat yang akan diterima pelanggan jika mereka melakukan pembelian. Landing page penjualan juga dapat menampilkan bukti sosial, seperti testimoni dari pelanggan atau jumlah produk yang terjual, untuk membangun kepercayaan dan meyakinkan pengunjung agar melakukan pembelian.

Elemen sales landing page:

  • Judul penjualan produk atau layanan.
  • Deskripsi produk singkat, jelas, dan menarik tentang produk atau layanan bisnis.
  • Gambar produk atau layanan bisnis yang menarik dan menampilkan fitur-fitur penting.
  • CTA untuk memicu tindakan pengunjung, seperti “Beli Sekarang” atau “Daftar Gratis.”
  • Penawaran khusus seperti diskon, promo, hadiah gratis, dll.
  • Informasi mengenai jaminan atau jaminan atas produk atau layanan suatu bisnis.
  • Selain itu ada video promosi yang menarik.

6. Testimonial Landing Page

Landing page testimonial digunakan untuk menampilkan pengalaman positif pelanggan yang telah menggunakan produk atau layanan bisnis. Halaman ini biasanya memuat kutipan atau video dari pelanggan yang memberikan testimoni. Halaman ini dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meyakinkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian.

Testimoni yang ditampilkan tidak selalu berupa pernyataan langsung dari pengunjung dalam bentuk video atau teks. Anda dapat mendesainnya sebagai studi kasus dalam bentuk e-book atau slide presentasi.

Elemen testimonial landing page:

  • Testimoni atau review dari pelanggan yang pernah menggunakan produk atau jasa bisnis
  • Gambar produk atau layanan bisnis ditampilkan pada testimoni landing page
  • Bukti sosial seperti jumlah pengikut, suka, dan testimoni dari pelanggan atau pengguna produk atau layanan suatu bisnis.

Itulah tadi bebera jenis landing page yang berguna untuk bisnis Anda. Anda juga bisa mendapatkan landing page tanpa harus membuatnya sendiri. Dengan bantuan jasa pembuatan landing page maka Anda bisa merasakan berbagai manfaat yang didapatkan. Kunjungi lebih lanjut mengenai jasa pembuatan landing page.