Home Kesehatan Inilah Jenis-Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

Inilah Jenis-Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

12
0

Ada banyak plastik menumpuk dirumah? Jangan dibuang dulu, selain akan mencemari tanah karena sulit terurai. Ternyata ada loh plastik yang bisa didaur ulang dan dipakai kembali. Penasaran apa saja jenisnya? Nah, artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis plastik yang bisa didaur ulang.

Jenis-Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

jenis jenis plastik yang bisa didaur ulang

Penggunaan plastik yang begitu membludak membuat penumpukan sampah yang membludak juga tentunya. Tidak usah jauh-jauh, lihat saja di sekeliling kita. Sampah yang paling mendominasi adalah sampah plastik.  Hal ini tentu saja membuat miris bagi siapa saja yang melihat dan menyadari betapa sangat mengerikannya penumpukan masif sampah plastik.

Bagaimanapun, jenis-jenis bahan plastik juga menjadi faktor penting mengenai cepat dan lambatnya sampah plastik terurai. Bahkan, ada beberapa jenis plastik yang memang bisa didaur ulang kembali. Lalu, apa sajakah jenis-jenisnya? Mari kita simak bersama.

1. PET/PETE (Polyethylene terephthalate)

Plastik yang satu ini bisa didaur ulang. Plastik jenis ini juga sangat sering kita jumpai, di antaranya adalah botol mineral, minyak goreng, botol soda, toples makanan, dan lain-lain.

2. HDPE (High density polyethylene)

Berada di urutan kedua, plastik jenis ini juga cukup mudah untuk didaur ulang, sehingga masih tergolong aman bagi lingkungan. Plastin ini biasa digunakan sebagai pembungkus sabut dan bahan-bahan detergent lainnya.

4. PP (Polypropylene)

Untuk plastik di urutan ketiga ini merupakan jenis plastik yang masih bisa didaur ulang, namun tergolong sulit. Biasanya, plastik ini adalah bahan dasar sebagai pembuatan sedotan, bungkus margarin, karet, dan lain sebagainya. Untuk mengurangi penggunaan plastik yang sulit didaur ulang ini, ada baiknya untuk kita menggunakan sedotan stailess agar tidak terlalu banyak menggunakan sedotan sekali pakai.

5. PVC (Polyvinyl chloride)

PVC juga merupakan jenis plastik yang sulit didaur ulang sebagaimana PP, di antara produk yang pembuatannya menggunakan bahan jenis tersebut adalah perkakas rumah tangga hingga mainan anak.

6. LDPE (Low density polyethylene)

Jenis plastik yang sulit didaur ulang namun masih bisa didaur adalah LDPE. Prodik dari bahan ini biasanya berupa plastik kantong belanja. Padahal kantong belanja ini sangat banyak digunakan dimana-mana ya.

7. PS (Polystyrene)

Berada di urutan keenam, plastik yang satu ini masih juga bisa didaur ulang, namun tergolong jenis yang sangat sulit didaur ulang. Biasanya produk ini digunakan untuk pembuatan sterofoam. Pembungkus ini sangat dan marak digunakan di mana-mana, dari makanan jalanan seperti seblak, kwetiaw, siomay, atau pun sebagai gelas kopi dan minuman lainnya.

Baca Juga : Manfaat Mie Shirataki

Keenam bahan di atas merupakan bahan pembuatan plastic yang masih bisa didaur ulang, meskipun ada beberapa yang sulit atau bahkan sangat sulit untuk didaur ulang. Untuk mendaur ulang plastik, bukan rahasia umum lagi jika hal itu memerlukan waktu yang tidak singkat bahkan sangat lama.

Untuk membantu proses daur ulang plastik tersebut bisa menggunakan mesin pencacah plastik yang tersedia dan dapat dipesan di Rumah Mesin. Dengan bantuan mesin tersebut tentu akan lebih mengefisiensi waktu daur ulang menjadi lebih cepat.

Selain dengan tindakan nyata seperti daur ulang, tidak ada salahnya bagi kita untuk menggunakan plastik seperlunya saja, dan tidak perlu menggunakan plastik jika tidak terlalu dibutuhkan. Kita bisa menggunakan sedotan stainless sebagai pengganti sedotan sekali pakai, menggunakan kotak makan sebagai pengganti wadah makanan take away, menggunakan kantong saat berbelanja, dan hal kecil lainnya.

Nah, itulah pembahasan mengenai jenis–jenis plastik yang bisa didaur ulang. Ingat untuk selalu menggunakan plastik seperlunya. Karena langkah kecil yang kita lakukan adalah hal penting untuk sebuah perubahan yang besar. Semoga bermanfaat.