Home news Hidangan Spesial Tepung Beras Resep Kue Klepon yang Lezat

Hidangan Spesial Tepung Beras Resep Kue Klepon yang Lezat

95
0
Hidangan Spesial Tepung Beras

Hidangan spesial tepung beras kue klepon adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat disukai karena rasa manis dari gula merah di dalamnya yang meleleh begitu masuk ke mulut.

Berbahan dasar tepung ketan atau tepung beras, kue klepon memiliki tekstur kenyal dan lembut yang membuatnya begitu nikmat. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kue klepon yang lezat dengan menggunakan tepung beras.

Bahan-Bahan

1. 200 gram tepung ketan atau tepung beras ketan
2. 2 sendok makan tepung terigu
3. 150 ml air matang hangat
4. 150 gram gula merah, serut halus
5. 100 gram kelapa parut, kukus dan beri sedikit garam
6. Sejumput garam
7. Daun pandan secukupnya (opsional)
8. Air daun pandan secukupnya (opsional)

Langkah-langkah

1. Persiapan Bahan

Siapkan semua bahan dengan teliti. Pastikan tepung ketan yang digunakan adalah jenis yang cocok untuk kue klepon agar teksturnya benar-benar kenyal.

2. Campurkan Tepung Ketan Dan Tepung Terigu

Campurkan tepung ketan dan tepung terigu dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata untuk memastikan kedua jenis tepung tercampur dengan baik.

3. Tambahkan Air Hangat

Tuangkan air matang hangat sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung. Aduk perlahan sambil terus menuangkan air hingga adonan menjadi lembut dan mudah dibentuk.

4. Bentuk Adonan Menjadi Bulatan

Ambil sejumput adonan, bulatkan dan pipihkan di telapak tangan Anda. Letakkan sejumput gula merah serut di tengah adonan dan rapatkan tepiannya hingga membentuk bola kecil.

5. Rebus Klepon

Didihkan air dalam panci. Setelah air mendidih, masukkan klepon yang sudah dibentuk ke dalam air. Tunggu hingga klepon mengapung, tandanya klepon sudah matang.

6. Angkat Dan Tiriskan

Gunakan sendok berlubang untuk mengangkat klepon dari air rebusan. Tiriskan klepon dengan baik untuk menghindari kelembaban berlebih.

7. Gulingkan Klepon Dalam Kelapa Parut

Gulingkan klepon dalam kelapa parut yang telah dikukus dan diberi sedikit garam. Pastikan klepon terbalut dengan kelapa parut secara merata.

8. Hias Dengan Daun Pandan (Opsional)

Hidangan Spesial Tepung Beras

Jika Anda ingin memberikan sentuhan tambahan pada klepon, Anda dapat menggunakan daun pandan untuk membungkusnya sebelum direbus. Hal ini akan memberikan aroma alami yang segar.

Nikmati kelezatan olahan tepung beras sederhana kami yang siap memanjakan lidah Anda. Produk kami adalah hasil dari kombinasi resep tradisional yang lezat dengan kualitas terbaik. Tepung beras berkualitas tinggi kami diproses dengan teliti untuk menghasilkan berbagai hidangan lezat seperti nasi tim, lemper, dan makanan ringan seperti kue klepon yang kenyal.

Keunggulan kami adalah kesederhanaan yang menghadirkan cita rasa autentik dalam setiap sajian. Tidak perlu repot-repot memasak, cukup siapkan dan sajikan. Jadikan waktu makan Anda lebih spesial dengan olahan tepung beras sederhana yang kami tawarkan. Rasakan kenikmatannya sekarang!

9. Sajikan dengan Cantik

Letakkan klepon dalam piring saji dan hidangkan sebagai makanan penutup atau camilan istimewa untuk keluarga dan teman-teman Anda.

Dengan mengikuti resep sederhana ini, Anda dapat menciptakan kue klepon yang lezat dengan mudah. Selamat mencoba dan nikmati kelezatannya!