Home Travel Fasilitas Masjid Istiqlal Yang Perlu Kamu Tahu

Fasilitas Masjid Istiqlal Yang Perlu Kamu Tahu

9
0
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal

Keistimewaan Masjid Istiqlal yang dapat dilihat adalah dari segi fasilitas yang ditawarkan oleh masjid, karena fasilitas masjid akan menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi para peziarah untuk kunjungan dan ibadah. Sehingga menjadi hak istimewa Masjid Istiqlal dalam memberikan pelayanan kepada semua pengunjung masjid.

Fasilitas olahraga

Karena sangat luasnya kompleks masjid Istiqlal, kemudian dibangun sebuah fasilitas yang berguna untuk kelas nasional dan internasional. Salah satu fasilitas tersebut adalah fasilitas olahraga. Fasilitas olahraga di sudut kiri bagian timur masjid, sebagai pengadilan Futsal, lapangan bulu tangkis, lapangan voli dan lapangan olahraga lapanagan bola keranjang.Luas 420 meter persegi sebelum digunakan diresmikan oleh Menteri Urusan agama pada 17 Januari 2009 m / 20 Muharram 1430 H atlet menjadi hak istimewa dari masjid Istiqlal sehingga jamaah dan umat Islam memiliki kekuatan fisik.

Ruang wudhu, kamar mandi, toilet

Ruang wudhu, kamar mandi, toilet merupakan bagian dari hak istimewa Masjid Istiqlal dalam pelayanan jamaah, karena air sangat penting untuk pemurnian sebelum melakukan sholat saat jam masjid digital running text telah menunjukkan waktu sholat. Dengan demikian, air sangat penting untuk pembangunan masjid. Untuk tujuan wudhu awalnya disediakan oleh Perusahaan air minum (WFP). Jadi untuk cadangan dibuat 6 sumur dengan kedalaman 100 meter menggunakan mesin bertenaga 3 PK dan tiga fase memiliki kapasitas 600 liter per menit untuk distribusi ke keran wudhu. Sebuah ruang toilet terpisah untuk tujuan wudhu wudhu tetap bersih. Toilet di lantai dasar dari barat, selatan dan teras timur dari raksasa. Ada 52 kamar mandi dan toilet, 12 di teras barat, 12 di bawah teras selatan, dan 28 berada di teras.

Lift bagi penyandang cacat dan orang tua

Pembangunan lift menggunakan dana pemerintah kota untuk membantu penyandang cacat dan orang tua. Lift terletak di bagian selatan memiliki kapasitas 6 orang. Pengoperasian lift hanya pada saat situasi tertentu seperti yang diperlukan. Lift ini dapat diakses oleh pintu Ar-Rahman

Perpustakaan Islam

Meskipun koleksi literatur Islam belum lengkap, tetapi masjid ini memiliki Perpustakaan juga bisa digunakan sebagai pusat keilmuan Islam. Keistimewaan Masjid Istiqlal itu bisa menjadi cara untuk mendorong budaya melek huruf bagi pengunjung dan peziarah Islam Masjid Istiqlal. Istiqlal Masjid Perpustakaan Islam juga meluncurkan masjid lainnya untuk menyediakan fasilitas perpustakaan Islam Muslim sebagai ilmu mampu membawa kembali peradaban Islam.

Poliklinik

Istiqlal Masjid sistem poliklinik yang sudah berjalan sangat lama. Awalnya sebagai pelayanan kesehatan bagi semua pekerja dan karyawan pembangunan Masjid Istiqlal. Sumarno kemudian sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 1968 meminta rumah sakit. Gatot Subroto untuk membantu dalam kesehatan masjid dan mantri rumah sakit Gatot Subroto mengirim empat orang untuk mengobati sektor kesehatan di Masjid Istiqlal pada gilirannya. Siapa paramedis? Mereka terdiri H.Abd.Hamid saya Pang, H.M.Sukiran, adik dan adik Yuyun Rahayu Rosda.

Sejauh Masjid Istiqlal menyediakan perawatan kesehatan untuk karyawan dan peziarah dengan klinik mereka di lantai dasar masjid Istiqlal Jl. Taman Wijaya Kusuma 1, Jakarta. Keistimewaan dari masjid Istiqlal dapat digunakan oleh karyawan dan jemaat Masjid Istiqlal untuk pelayanan kesehatan tanpa konsultasi GP bagi mereka yang sudah memiliki kartu medis. Selain itu, karyawan dan jemaat masjid juga mendapatkan obat generik. dokter dan paramedis medis yang diberikan oleh poliklinik sejak tahun 2003. Masjid Istiqlal Pasien juga bisa mendapatkan rujukan ke rumah sakit. Gatot Subroto atau RSCM. Klinik Masjid Istiqlal juga dilengkapi dengan ambulans.

Madrasah

Masjid Istiqlal menjadi pelopor dan acuan semua masjid di Indonesia, karena Masjid Istiqlal adalah masjid nasional. Layanan masjid dan praktek manajemen masjid sering menjadi banyak masjid referensi di seluruh negeri. konsep yang luas masjid servis tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi masjid menjadi sumber pelayanan sosial, taman hiburan, pusat ilmu pengetahuan, dan pendidikan rakyat. Orang-orang pembinaan melalui pendidikan formal dilakukan dari tingkat kelompok bermain, Raudhatul RA Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan MTs (MTS). Konsep masjid pada zaman Nabi, adalah inspirasi dalam pengelolaan masjid Istiqlal Masjid Istiqlal fitur ini menjadi lebih istimewa.

Koperasi Karyawan dan Jamaah Masjid Istiqlal

Untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dan jemaat Masjid Istiqlal, kemudian membuat KOSTIQ (Koperasi karyawan dan Jamaah Masjid Istiqlal). KOSTIQ memiliki badan hukum dan telah disetujui oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Pengembangan Usaha 19 Mei 1997 nomor 171 / BHKWK.9 / V / 1997, dan peraturan yang diadopsi pada pertemuan tahunan anggota ( RAT) The 31 Maret 2004.

Kepentingan KOSTIQ salah satu dari mereka baik mengambil bagian dalam meningkatkan citra Masjid Istiqlal melalui kegiatan sosial. KOSTIQ saat ini menjual bahan makanan, alat-alat elektronik pembelian kredit jangka pendek adalah maksimal 12 bulan.
Pada mensepakati debutnya KOSTIQ dioperasikan bisnis adalah akuisisi kebutuhan sehari-hari properti, bisnis