Home news Cara Pembuatan Gula Aren Secara Tradisional Dan Sederhana

Cara Pembuatan Gula Aren Secara Tradisional Dan Sederhana

24
0
cara pembuatan gula aren secara tradisional

Hai-hai kembali lagi dengan mimin,kali ini mimin bakal kasih tau cara pembuatan gula aren secara tradisional.Simak sampai akhir ya…

cara pembuatan gula aren secara tradisional

Siapa sih yang gak tau gula yang satu ini,pasti semuanya udah tau dan pastinya pernah merasakan gula berbentuk padat dan cair ini.Gula aren memang gula yang baik untuk tubuh,karena itu semua kalangan menyukai gula ini.Apalagi orang yang sudah lanjut usia,mereka menyukai gula ini untuk meningkatkan imun tubuh di tubuh mereka.

Gula aren di era sekarang dibuat tidak dengan cara tradisional,para produsen lebih menyukai menggunakan alat modern karena lebih efisien waktu.Tapi juga masih ada produsen gula jawa yang menggunakan cara tradisional,karena jika memakai cara tradisional rasanya lebih nikmat .

Di artikel ini ,mimin bakal kasih tau cara pembuatan gula aren secara tradisional ,dijamin cara pembuatannya sederhana dan mudah .Simak sampai akhir ya…

Cara Pembuatan Gula Aren Secara Tradisional

Proses membuat gula aren itu mudah dan juga sama seperti membuat gula aren cair. Yakni nira segar dimasukan ke dalam kuali dengan panas tertentu sampai bahan menjadi kental dan setelah itu cairan kental dituangkan ke dalam cetakan yang berupa batok kelapa atau bambu atau cetakan lain dan ditunggu sampai dingin.

Bahan-Bahan yang Digunakan

Begitu keluar dari tandan bunga, nira aren langsung mengalami fermentasi.Agar  menjaga nira tetap segar maka perlu menambahkan zat pengawet ke dalam tabung penampung. Petani Indonesia biasanya menggunakan pengawat alami seperti kulit manggis, cacahan kulit nangka,dan masih banyak lagi pengawet alami lainnya.

Jadi bahan yang akan digunakan adalah:

  1. Nira aren
  2.  Pengawet alami seperti disebutkan di atas.

PERALATAN

Cara membuat gula aren juga menggunakan alat sederhana,jadi kalian yang ingin membuat gula aren di rumah gak usah mikir-mikir ya…

Berikut ini peralatan yang diperlukan:

  1. Wajan atau kuali. Di gunakan untuk memanaskan  nira aren .
  2. Pengaduk terbuat dari kayu atau bambu. Digunakan untuk mengaduk-aduk  nira aren agar tidak hangus dan rata panasnya selama proses pembuatan.
    3. Saringan. Alat  yang terbuat dari kain saring halus (kasa). Berfungsi untuk menyaring nira aren agar terbebas dari kotoran.
    4.Cetakan. Berupa tempurung kelapa atau bambu yang digunakan untuk mencetak gula aren.

CARA MEMBUAT :

  1. Penyaringan. Nira harus  disaring dengan kain saring
  2. Pemasakan.Nira yang telah disaring kemudian dididihkan di dalam wajan dengan api sedang sambil diaduk-aduk. Busa dan kotoran yang mengapung selama pendidihan harus dibuang.
  3. Nira terus dipanaskan sampai  volumenya tinggal 8% dari  volume semula.
  4.  Angkat kuali ke tempat dingin, diamkan gula kental selama 5 menit baru kemudian dicetak oleh cetakan yang sudah di siapkan.

Pencetakan

Kini tiba saatnya untuk  mencetak gula aren. Sirup kental yang telah didiamkan selama 5 menit tadi ,dituangkan ke dalam cetakan. Jika menggunakan batok kelapa, harus dilubangi diujungnya agar lebih mudah mengeluarkan gula. Isi sampai terisi 1/3 bagian. Setelah agak dingin, sirup dituangkan lagi sampai penuh, dan gula ditunggu sampai mengeras dan dingin.

Baca Juga :cara membuat kacang coklat untuk lebaran

Manfaat Gula Aren

  • Meningkatkan daya ingat

Tidak hanya lansia, tetapi remaja dan orang dewasa juga seringkali lupa akan sesuatu atau sering disebut pikun. Gula aren juga  dapat membantu meningkatkan daya ingat kalian yang menkonsumsi gula aren.

  • Mengatasi sakit tenggorokan

Cuaca yang berubah-ubah tentunya mengganggu kesehatan, salah satunya yaitu sakit tenggorokan. Tetapikalian tenang aja,mimin punya solusinya.Gula aren dapat membantu kalian yang sakit tenggorokan dengan mencampurnya dengan minuman kesukaan kalian sakit tenggorokan kalian pun terobati.

  • Melancarkan pencernaan

Serat inulin ternyata terkandung di dalam gula aren , serat ini dapat membantu memperlancar pencernaanmu dan mengendalikan bakteri pada usus.

  • Meningkatkan imun tubuh

Manfaat gula aren berikutnya yaitu mampu meningkatkan imun dan stamina tubuh sehingga badan kalian yang mengkonsumsinya akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

  • Menangkal radikal bebas

Antioksidan yang ada dalam gula aren mampu menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh kalian. Radikal bebas menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker. Jadi, cobalah kalian  mengonsumsi gula aren dalam batasan yang sesuai untuk membantumu terhindar dari berbagai penyakit ya.

  • Menjaga sistem saraf

Gula aren mengandung kalium yang cukup tinggi dan sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengatur aktivitas sistem saraf-nya, seperti mengatur detak jantung dan juga kontraksi otot.

Mudah kan cara membuatnya ,semoga informasi ini bisa membantu para reader untuk membuat gula aren

Selamat Mencoba….Assalamualaikum dan sampai jumpa di artikel selanjutnya