Home news Cara Menyimpan Bayam Agar Tetap Segar Yang Praktis

Cara Menyimpan Bayam Agar Tetap Segar Yang Praktis

82
0

Cara Menyimpan Bayam Agar Tetap Segar Yang Praktis- Bayam dikenal enak, tak heran sering dijadikan hidangan utama dalam menu sehari-hari. Selain menjadi sayuran yang berwarna-warni, bayam bisa dibuat menjadi tumisan, bayam renyah, campuran telur dan kue, jus, dan lainnya.

Cara Menyimpan Bayam Agar Tetap Segar

cara menyimpan bayam agar tetap segar

1. Simpan Segera Bayam di Lemari Es

Jika Anda tidak ingin langsung menggunakan bayam untuk hidangan, sebaiknya segera simpan bayam di lemari es. Jangan terlalu lama membiarkan bayam pada suhu ruangan. Sebaiknya menyimpan bayam di dalam kulkas minimal 2 jam setelah membeli bayam. Ini membuat bayam segar dan berair di lemari es.

2. Jangan Cuci Bayam

Tentunya sebelum memasak, ibu mencuci bayam dengan air mengalir. Ini tentu saja cara yang benar untuk membersihkan bayam dan memastikannya bebas dari belatung. Ternyata bayam lebih baik tidak dicuci dulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas lho mom. Pasalnya, mencuci bayam sebelum disimpan di kulkas justru mempercepat pembusukan bayam.

3. Bungkus Bayam Dengan Kertas

Membungkus bayam saat disimpan di kulkas juga akan mempengaruhi kesegaran bayam. Berhati-hatilah untuk tidak membungkus bayam dalam kantong plastik saat disimpan di lemari es. Pasalnya, plastik dapat mempengaruhi kelembapan bayam saat membuka dan menutup kemasan. Sebagai gantinya, bungkus bayam dengan kertas, lalu masukkan ke dalam kantong plastik.

4. Simpan Bayam Dalam Wadah Kedap Udara

Jika Anda sudah mencuci bayam, Anda tidak bisa menyimpan bayam dalam bungkus kertas di lemari es. Anda harus menyimpan bayam dalam wadah kedap udara di lemari es. Lapisi wadah kedap udara dengan tisu sebelum menambahkan bayam. Selain itu, pastikan bayam sudah benar-benar kering sebelum dimasukkan ke dalam wadah.

5. Atur Suhu Lemari Es Yang Ideal

Selain cara penyimpanan, kondisi lemari es juga mempengaruhi kesegaran bayam selama penyimpanan. Bunda harus mengatur suhu kulkas agar sesuai untuk menyimpan setiap jenis sayuran. Diketahui bahwa suhu ideal untuk menyimpan bayam adalah 0-2 derajat Celcius. Oleh karena itu, sebaiknya periksa suhu lemari es di rumah jika ingin bayam memiliki umur simpan yang lama dan simpan di lemari es.

Manfaat Bayam

1. Mengurangi Peradangan

Manfaat pertama yang bisa didapatkan tubuh dari bayam adalah karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan begitu, manfaat daun bayam dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab peradangan. Pada penyakit seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan menyebabkan nyeri sendi.

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Karena kandungan C, A, asam folat dan magnesium, bayam diduga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi Anda penderita diabetes, sepertinya Anda harus memetik manfaat bayam. Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan oksidatif akibat stres pada penderita diabetes. Selain itu, asam alfa-lipoat juga bermanfaat dalam mengurangi risiko neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes.

4. Pencegahan Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau seperti bayam mengandung klorofil. Studi ini juga menunjukkan bahwa klorofil efektif dalam mencegah efek karsinogenik. Karsinogen adalah istilah yang menjelaskan jenis zat atau paparan zat yang dapat menyebabkan kanker (karsinogen). Jadi, manfaat bayam bisa membantu mencegah kanker.

5. Mencegah Anemia

Manfaat bayam dapat mencegah anemia karena bayam merupakan sumber zat besi yang baik. Bayam juga mengandung oksalat yang bila dikonsumsi dapat menghambat penyerapan zat besi. Anda dapat menghindarinya dengan mengonsumsi vitamin C, yang dapat membantu penyerapan zat besi.

6. Menyehatkan Kesehatan Mata

Selain wortel, manfaat bayam juga bisa menyehatkan mata. Karotenoid dalam bayam seperti beta-karoten, lutein dan zeaxanthin dapat melindungi Anda dari masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti rabun senja dan degenerasi makula.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat bayam yang tak terduga adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini karena bayam mengandung serat dan mineral yang tinggi, yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah. Selain itu, manfaat bayam yang bisa diterima tubuh karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Oleh karena itu, bayam dianjurkan untuk orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

8. Mencegah Asma

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang sering makan bayam memiliki risiko lebih rendah terkena asma dibandingkan anak yang jarang makan bayam. Manfaat bayam dapat mengurangi risiko asma karena kandungan betakarotennya.

9. Menyehatkan Tulang

Asupan vitamin K yang rendah dapat meningkatkan risiko patah tulang. Bayam juga mengandung vitamin K, yang membantu tulang menyerap kalsium, membuat tulang lebih kuat. Oleh karena itu, konsumsi bayam sangat penting karena berperan sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh melalui urin. Manfaat bayam untuk tulang juga dapat membantu mencegah osteoporosis, terutama pada orang tua.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Wanita pasti menyukai manfaat bayam karena mengkonsumsi bayam dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Karena kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam dapat melindungi kulit dari berbagai radikal bebas dari lingkungan.

Demikian penjelasan tentang cara menyimpan bayam agar tetap segar. Jangan lupa gunakan produk vacum terbaik yang bisa anda temukan di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat.