Home Kesehatan Cara Mengolah Porang Menjadi Makanan yang Sehat

Cara Mengolah Porang Menjadi Makanan yang Sehat

128
0
Cara Mengolah Porang Menjadi Makanan

Cara Mengolah Porang Menjadi Makanan – Ada beberapa cara untuk mengubah porang menjadi item menu yang berbeda. Porang merupakan pengganti makanan utama karena kandungan seratnya yang kaya, baik untuk pencernaan dan dapat menimbulkan rasa kenyang.

Tekstur umbi porang yang kenyal dan lembut setelah diolah cocok sebagai bahan utama pembuatan jajanan khas Indonesia hingga masakan ala Jepang.

Tetapi Anda benar-benar perlu memastikan bahwa porang disiapkan dengan benar. Umbi jika ditangani dengan tidak tepat akan menimbulkan rasa gatal.

Beberapa Makanan dari Olahan Umbi Porang

Sebagian orang masih asing dengan umbi-umbian atau masakan yang terbuat dari umbi-umbian. Namun ternyata umbi porang sudah terkenal di Jepang, mulai dari Taiwan hingga Korea. Di negara ini, umbi porang menjadi bahan baku utama pembuatan makanan khas yang biasa dikonsumsi penduduk setempat. Tak kalah dengan negara lain, di Indonesia porang juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Berikut adalah daftar masakan yang terbuat dari umbi-umbian.

1. Tepung Porang

Cara Mengolah Porang Menjadi Makanan

Seperti singkong, beras, beras ketan, jagung bisa dibuat menjadi tepung. Umbi poran juga bisa diproses menjadi bubuk porang.

Bubuk porang sendiri memiliki keunggulan sebagai suplemen makanan yang sangat sehat karena kandungan gulanya yang rendah. Berbeda dengan makanan tinggi gula lainnya seperti nasi. Tepung memang memiliki kemampuan mengontrol gula darah dan aman bagi penderita diabetes.

2. Konyaku dan Mie Shirataki

Konyaku adalah masakan khas Jepang yang sering disajikan dengan shirataki. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar umbi porang. Cara pertama adalah mengolah umbi porang menjadi bubuk dengan mesin perajang porang.

Kemudian adonan dimasak dengan cara tertentu hingga menjadi konnyaku. Menurut cara lain, konyaku juga bisa dibuat dari umbi porang rebus. Umbi porang rebus juga bisa dibuat menjadi shirataki.

3. Bahan Pembuatan Jelly

Membuat jelly juga merupakan cara mengolah porang. Hal ini dikarenakan tekstur porang yang sudah matang kemudian didiamkan akan menjadi kental dan kenyal. Oleh karena itu sangat cocok sebagai bahan baku alternatif dalam produksi jelly. Hasilnya akan lebih sehat dan juga bisa menimbulkan rasa kenyang.

Manfaat Mengolah Porang

Dengan mengolah umbi porang, Anda akan mendapatkan manfaat sebagai berikut :

1. Meningkatkan Nilai Ekonomi

Porang telah terbukti sebagai makanan bergizi dan sangat menguntungkan. Dengan pengelolaan yang tepat, hal ini akan menambah nilai ekonomi jangka panjang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peluang bisnis yang muncul dengan maraknya budidaya umbi porang yang sudah banyak diekspor.

2. Meningkatkan Kesehatan dan Menghambat Gula Darah

Gula rendah akan membuat Anda selalu menikmati makan makanan olahan tanpa harus khawatir dengan kadar gula darah yang tinggi. Kandungan umbi porang dapat diserap dengan baik oleh tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

3. Memaksimalkan Hasil Bumi

Keunggulan lainnya adalah sebagai langkah untuk memaksimalkan hasil pertanian yang diolah dan terus dinikmati serta dibudidayakan agar hasil produksi rakyat selalu memberikan hasil yang saling menguntungkan.

4. Kaya Serat dan Cocok Untuk Diet

Serutan Porang yang digiling dengan mesin dapat digunakan sebagai alternatif bubuk karena Porang kaya akan glukomanan. Glukomanan adalah polisakarida yang dicampur dengan air dan dianggap sebagai serat makanan.

Glukomanan bisa menjadi pengental alami jika Anda membutuhkan pengental saat menyiapkan makanan. Oleh karena itu, glukomanan sangat penting dalam bahan baku industri, dapat menggantikan gelatin sebagai pengental, mempercepat rasa kenyang, dan memperlambat pengosongan lambung. Glukomanan merupakan bahan yang sangat cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

 

Cara Mengolah Porang Menjadi Makanan merupakan bahan baku utama pembuatan makanan khas yang biasa dikonsumsi penduduk dari berbagai negara.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.