Home Tips Cara Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Disiplin

Cara Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Disiplin

9
0

Bekerja atau menuntut ilmu di luar kota membuat kamu harus mencari tempat tinggal untuk menetap. Biasanya kita memilih untuk tinggal di kos-kosan karena biaya sewa yang tidak terlalu mahal. Fasilitas yang disediakan pun terkadang seadanya. Namun inilah yang membuat kita menjadi seorang yang mandiri.

Sebagai anak kos, salah satu cara untuk menjadi seseorang yang mandiri adalah mampu mengatur keuangan. Masalah keuangan memang kerap dialami oleh anak kos. Mereka terkadang tidak bisa mengontrol untuk tidak membeli sesuatu. Padahal apa yang mereka beli tidak terlalu mereka butuhkan.

Cara Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Disiplin

Untuk itu kami akan membagikan informasi tentang bagaimana cara mengatur keuangan anak kos. Setelah membaca dan memahami informasi ini, maka kondisi keuanganmu bisa lebih stabil. Kamu bahkan tidak akan kehabisan dana ketika akhir bulan.

1. Membuat Anggaran

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat anggaran. Kamu harus membuat anggaran pengeluaran dan juga pemasukan. Kamu bisa mengetahui kira-kira uang yang kamu miliki selama ini kamu habiskan untuk keperluan apa saja. Di dalam membuat anggaran, pastikan kamu memprioritaskan apa yang benar-benar menjadi kebutuhanmu seperti makan, membayar kos, dan lain-lain.

Apakah kita bisa mengagendakan untuk liburan? Tentu saja bisa. Namun anggaran untuk liburan ini juga harus sesuai dengan budgetmu. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah pastikan semua kebutuhan pentingmu terpenuhi. Dengan membuat anggaran setiap bulan, keuanganmu akan lebih teratur.

2. Belajar Memasak

Biasanya anak kos lebih suka makan di luar dibandingkan harus memasak. Padahal kebiasaan ini malah menghabiskan banyak uang. Apalagi jika tempat makan yang dituju menjual makanan dengan harga yang lebih mahal. Maka dari itu, kami menyarankan agar sekarang kamu bisa mulai belajar memasak.

Kamu akan lebih menghemat uangmu jika memasak sendiri. Tidak perlu memasak makanan yang berat. Kamu cukup memasak makanan sederhana yang memang kamu suka. Kamu juga bisa membawa bekal sendiri dengan masakanmu tersebut.

Dengan menerapkan cara seperti ini, kamu bisa lebih berhemat. Bahkan uang yang biasanya kamu habiskan banyak untuk makan, malah bisa kamu tabung atau simpan untuk keperluan mendesak. Kamu bisa mencobanya sendiri dan bandingkan berapa banyak uang yang kamu habiskan jika terus-terusan makan di luar dan masak sendiri.

3. Bekerja Part Time

Cara mengatur keuangan anak kos yang ketiga ini berlaku bagi kamu yang membutuhkan dana tambahan. Mungkin uang kamu terima dari orang tua atau gaji yang kamu miliki belum cukup memenuhi kebutuhanmu. Bukan karena kamu boros tapi memang kamu memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi.

Solusinya adalah kamu harus mencari pemasukan tambahan dengan cara bekerja paruh waktu. Ada banyak pekerjaan part time yang bisa kamu manfaatkan. Dengan bekerja paruh waktu, kamu bukan hanya akan mendapatkan uang tambahan melainkan juga akan mendapatkan pengalaman.

Tips ini juga berlaku bagi kamu yang memang ingin menambah pemasukan meskipun keuanganmu cukup untuk memenuhi kebutuhanmu. Kamu bisa menjadikan penghasilan dari bekerja paruh waktu ini sebagai sumber tabunganmu.

4. Beli Sesuai Kebutuhan

Tips yang terakhir adalah pastikan kamu membeli barang sesuai kebutuhan. Sebelum membeli sesuatu, kamu harus benar-benar memastikan apakah barang yang kamu beli ini memang kamu butuhkan atau tidak. Jangan membeli barang karena keinginan di mana hal ini hanya akan membuang uangmu. Ini bertentangan dengan prinsip hemat yang sedang kamu jalani.