Home news Cara Memilih Bibit Jagung Yang Baik Dan Sangat Berkualitas

Cara Memilih Bibit Jagung Yang Baik Dan Sangat Berkualitas

14
0
Cara Memilih Bibit Jagung Yang Baik Dan Sangat Berkualitas

Cara memilih bibit jagung yang baik memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan budidaya tanaman jagung. Sebab, dengan penggunaan bibit jagung terbaik dalam varietasnya, maka hasil panen yang diperolehkan dapat capai maksimal.

Cara Memilih Bibit Jagung Yang Baik

Cara Memilih Bibit Jagung Yang Baik

Tahukah Anda cara memilih bibit jagung yang terbaik? berikut ini caranya.

1. Pertumbuhan Kuat Dan Seragam

Tips pertama yang dipilih bibit jagung yang baik ialah petumbuhan bibit jagung itu kuat dan juga seragam. Jadi, jika ditanam pada saat yang sama, maka pertumbuhan pada seluruh bibit itu juga akan serempak.

Tak ada kasus dimana yang sebagian bibit tumbuh dengan baik, dan yang sebagian bibit jagung lainnya bermasalah pada dalam pertumbuhannya, atau bahkan sampai mati. Bibit jagung unggul juga tahan ketika di pindah tanam, tahan dengan perbedaan iklim, serta toleran terhadap kondisi tanah.

2. Toleran Terhadap Serangan Hama Dan Penyakit

Bibit jagung terbaik tak rentan akan serangan hama dan juga penyakit. Bibit seperti ini akan hemat biaya perawatan juga, karena tak lagi membutuhkan perlakuan khusus untuk hindari beberapa hama serta penyakit tertentu.

Beli bibit jagung yang tahan dari berbagai macam serangan hama dan yang sesuai terhadap kondisi endemis setempat, supaya petani jagung juga bisa peroleh hasil panen yang lebih baik.

3. Produktivitas Tinggi

Syarat mutlak bibit unggul ialah hasil produksi yang diperolehkannya tinggi. Baik dari segi kualitas, atau pun kuantitas hasil produksinya. Petani tentu akan lebih di untungkan jika tanam varietas jagung yang mempunyai produktivitas tinggi.

Walaupun umumnya nilai ekonomis yang di tawarkan bibit unggul akan setara dengan tingkat produktivitasnya. Seperti harga bibit jagung manis talenta yang mempunyai ukuran dan juga bobot tongkol yang besar akan lebih mahal berbanding dengan bibit jagung biasa yang hanya hasilkan tongkol dengan ukuran serta bobot pada umumnya.

Baca Juga :Cara Membuat Popcorn Caramel Ala Bioskop Enak,Gurih,Dan Praktis

4. Jenis Yang Diminati Pasar

Karakter pasar adalah faktor yang penting diperhatikan oleh petani jagung sebelum memilih bibit jagung yang akan ditanamnya. Sebab, selera konsumenlah yang atur permintaan pasar.

Walaupun tidak dipungkiri bahwa kerap kali trend penggunaan varietas baru diawali oleh pengenalan yang dilakukan perusahaan benih tersebut melalui petani ataupun pedagang pada konsumen. Tetapi tetap saja, konsumen jadi penentu akhir karakter pasar.

Oleh karena itu, sesuaikan varietas bibit jagung yang dibudidayakan dengan permintaan pasar. Contohnya beli dan jual bibit jagung manis yang tingkat permintaan pasarnya tinggi.

5. Tampilan Fisik Baik Dan Tidak Terdapat Cacat

Tips terakhir pada dalam artikel ini terkait dalam pilih bibit jagung yang baik ialah dengan perhatikan tampilan fisik bibit jagung pilihan tersebut.

Bibit jagung yang unggul mempunyai tampilan fisik yang baik. Pertumbuhan awal atau vigornya kokoh dan tak bercacat.

Bibit itu juga tanggap terhadap pemupukan serta mempunyai perakaran yang kuat, sehingga tak mudah untuk rebah. Selain itu, bibit yang baik juga harus bebas dari cacat, termasuk cacat akibat serangan hama atau penyakit.

Nah, itulah cara memilih bibit jagung yang baik perlu Anda perhatikan sebelum membeli bibit. Kalian jika sudah panen bisa dipipil dengan mesin pemipil jagung dan diolah jadi emping dengan bantuan mesin pembuat emping jagung agar mempermudah kalian bisa dapatkan mesinnya dirumah mesin.

Semoga bisa membantu dan bermanfaat sekian terima kasih.